sehingga memungkinkan O2 berdifusi masuk dan CO2 berdifusi keluar. kolam. alat pertukaran ion. Tiap lembaran insang terdiri dari sepasang filamen dan tiap filamen mengandung banyak lapisan tipis (lamela). tetapi juga berfungsi sebagai alat ekskresi garam-garam. danau. penyaring makanan. Insang tidak hanya berfungsi sebagai alat pernapasan. dan osmoregulator. Ikan bernafas dengan insang.Ikan hidup di air rawa. laut. sungai. Pada filamen terdapat pembuluh darah yang memiliki banyak kapiler. Pernafasan ikan berlangsung 2 tahap : • Tahap Pemasukan/Inspirasi • Tahap Pengeluaran/Ekspirasi .

selain itu darah juga melepaskan karbondioksida dan uap air. kemudian menuju lembaran insang.• Tahap Pemasukan/Inspirasi Pada tahap ini mulut ikan membuka dan tutup insang menutup sehingga air masuk rongga mulut. Air yang dikeluarkan ini telah bercampur dengan karbondioksida dan uap air yang dilepaskan darah. disinilah oksigen yang larut dalam air diambil oleh darah. . • Tahap Pengeluaran/ekspirasi Mulut menutup dan tutup insang membuka sehingga air dari rongga mulut mengalir keluar melalui insang.

.

Insang ikan bertulang rawan tidak mempunyai tutup insang (operkulum) misalnya pada ikan hiu. disebabkan oleh perubahan tekanan pada rongga mulut yang ditimbulkan oleh perubahan volume rongga mulut akibat gerakan naik turun rongga mulut. Masuk dan keluarnya udara dari rongga mulut. .

Pulmosis banyak dikelilingi pembuluh darah dan dihubungkan dengan kerongkongan oleh duktus pneumatikus. yaitu pulmosis. ikan paru paru (dipnoi) mempunyai satu atau sepasang gelembung udara seperti paru-paru yang dapat digunakan untuk membantu pernapasan.Selain mempunyai insang. . sekaligus memungkinkan terjadinya difusi udara ke kapiler darah. Saluran ini merupakan jalan masuk dan keluarnya udara dari mulut ke gelembung dan sebaliknya.

. Labirin merupakan perluasan ke atas dalam rongga insang. pada insangnya terdapat banyak lipatan yang disebut LABIRIN. sehingga ikan-ikan tersebut dapat bertahan hidup pada perairan yang kandungan oksigennya rendah. gabus. udara (O2) juga disimpan di gelembung renang yang terletak di dekat punggung. Selain dengan labirin. betok.Untuk ikan yang hidup di lumpur seperti ikan lele. Rongga labirin berfungsi menyimpan udara (O2). dan membentuk lipatan-lipatan sehingga merupakan rongga-rongga tidak teratur.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful