MECKEL’S DIVERTICULUM

disebabkan oleh penyerapan yang tidak lengkap dari duktus vitelline (duktus omphalomesentericus). .Definisi Divertikulum Meckel adalah kelainan congenital yang paling umum dari usus kecil.

6) 2 years is the most common age at clinical presentation. 5) 2 types of common ectopic tissue (gastric and pancreatic). 7) 2 times more boys are affected. 2) 2 feet (from the ileocaecal valve).Rule of 2s 1) 2% (of the population). 4) 2% are symptomatic. 3) 2 inches (in length). .

Patofisiologi Pada Awal kehidupan. terdapat jaringan sisa di dalam salurandivertikulum berkembang. Karena saluran vitaline gagal diserap/ menghilang. Proses normalDuktus (saluran) vitelline mengalami penyempitan progresif dan biasanya akan menghilang dengan usia kehamilan 7 minggu. . embrio/janin menerima nutrisi dari kantung kuning telur melalui duktus vitelline.

volvulus dan intususepsi. biasanya muncul sebelum usia dua tahun.Gejala Klinis Sebagian besar orang yang menderita divertikulum Meckel tidak menunjukkan gejala.  pendarahan dari anus yang tidak sakit menyakitkan seperti melena  diikuti oleh obstruksi usus. . Jika gejala memang terjadi.

 Sebagian besar perdarahan terjadi tanpa gejala awal dan berhenti secara spontan. . Gejala dapat sangat menyakitkan sehingga sering keliru sebagai sakit perut akibat gastritis atau sembelit.Gejala Klinis  divertikulitis Meckel dapat hadir dengan gejala mirip appendicitis akutasakit di daerah epigastrium bersama dengan kembung di daerah epigastrium.

Scan ini mendeteksi mukosa lambung. karena sekitar 50% dari divertikula Meckel memiliki sel lambung ektopik atau sel pankreas ditampilkan sebagai tempat yang jauh dari lambung.Pemeriksaan  Tes spesifik Sodium Tc-Pertechnetate. Sensitivitas pada anak 85% dan spesifitas 95%. pada dewasa kurang akurat  · Bila scan pada orang dewasa negatif kontras usus halus (Barium enema)  Indikasi arteriografi—>perdarahan akut rectum .

diverticulectomy Meckel atau reseksi harus dilakukan untuk menghindari komplikasi sekunder yang timbul darinya . pada pasien tanpa ada komplikasi reseksi bedah diverticulum Meckel sajadiverticulectomy sederhana. Mencari divertikulum Meckel dalam setiap kasus usus buntu / laparotomi harus dilakukan. perforasi usus. dan jika ditemukan. strangulasi usus.Penatalaksanaan Pengobatan dengan pembedahanreseksi laparoskopiPada pasien dengan perdarahan. atau obstruksi usus pengobatan melibatkan reseksi bedah diverticulum Meckel sendiri bersama dengan segmen usus yang berdekatan.

cysts. sinus. dan fibroma. Komplikasi bermanifestasi sebagai berikut:  Ulkus  Perdarahan20-30%  Obstruksi usus20-25%  Diverticulitis10-20%  Perforasi  Umbilical anomalies10% fistula.Komplikasi Risiko komplikasi berkisar 4-25% dalam berbagai penelitian. and fibrous bands antara diverticulum dan umbilicus. . carcinoid tumor.kemudian leiomyosarcoma.  Neoplasma 4-5% leiomyoma paling sering.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful