KELAS PELECYPODA (BIVALVIA

)

Kerang, remis dan kijing. Umumnya benthos laut litoral, beberapa di daerah pasang surut dan laut dalam, sebagian di air tawar. Habitatnya dasar yang berlumpur atau berpasir, beberapa pada substrat yang lebih keras seperti lempung, batu atau kayu.

Ensis

Mya

Ensis

Teredo

Nucula

Venus

Pholas Pecten Tagelus Ostrea .

sol kaki menghilang. Gerak kaki dipengaruhi oleh kombinasi tekanan darah dan otot. Ada yang berjalan dengan melompat (Cardium). Mytilidae menempel pada batu dan benda lain dengan bantuan benang byssal (mengeras jika di dalam air laut) yang dihasilkan oleh kelenjar kaki. berenang sambil menyemprotkan air (Lima & Pecten). Jenis primitif dapat menghilang ke dalam lumpur dengan cepat (Nacula & Solemnya). Kaki diadaptasikan untuk membuat liang.Umumnya meliang. sebagian menempel sebagai epifauna. Pecten Ostrea Mytilus Air Laut Pholas Mya Ensis Yodia Nucula Venus Kayu Batu Tagelus Pasir atau Lumpur Gambar Posisi berbagai jenis Pelecypoda dalam habitatnya . pengebor. bebas dan berenang. Pada beberapa jenis.

C.a. kerang hijau.m Sifon Umbo Air Lumpur Kaki Anterior a. bentuk luar dengan kaki dijulurkan Mytilus Anodonta Tagelus.a.m Kaki dijulurkan Liang Mytilus Kaki Tali bisus Anodonta Tagelus. . B. terdapat di daerah pasang surut berpasir.Tagelus Hinge Inh Sifon Exh sifon p.Anodonta. Mytilus.

Perbedaan Kelas Pelecypoda dengan Filum Brachiopoda .

Tubuh pipih secara lateral. b. Sendi engsel luar Sendi engsel dalam cangkang a Otot aduktor a. Schizodonta . c. Taxodonta b c Gambar Tipe Gigi Engsel. tertutup mantel dan 2 keping cangkang yang dihubungkan dengan sendi engsel (hinge ligamen). a.Tidak mempunyai kepala dan radula.Isodonta. Taxodonta.

Anatomi Tubuh Pelecypoda .

Puncak cangkang disebut umbo dan merupakan bagian yang paling tua. . ukuran dan hiasan cangkang bervariasi. Garis-garis melingkar sekitar umbo menunjukkan pertumbuhan cangkang. terkecil 2mm (FAMILI SPHAERIIDAE) dan terbesar 120 cm (Tridacna). Bentuk.

Cangkang terdiri atas 3 lapisan. Periostracum Lipatan Mantel Luar Lipatan Mantel Tengah Periostracum Nacre Epitel Mantel Sel Lendir Prismatic Layer Palial Muscle Nacre Layer Nacre Secroting Cells Lipatan Mantel Dalam Gambar Cangkang dan Mantel Pelecypoda Gambar Potongan Melintang Cangkang dan Mantel Kerang Air Tawar . Pada dasarnya semua pelecypoda dapat menghasilkan mutiara karena seluruh epitel mantel menghasilkan nacre.

Proses pembentukan cangkang dalam tubuh Moluska Mantel Media eksternal Cairan ekstrapalial Cangkang metab Protein Mucopolysoc Protein Mucopolysoc .

C. Gambar Pembentukan Mutiara. C. B. B.Cangkang Parasite Epitel Mantel Mantel Mutiara A. 1948) . Suatu parasit tersangkut di antara cangkang dan epitel mantel. A. Parasit hampir seluruhnya terbungkus kantung yang terbentuk dari epitel mantel penghasil lapisan melingkar zat mutiara. Lapisan mutiara yang cukup tebal menyelimuti parasit sehingga tidak membahayakan kerang (Buchsbaum.

Lamellibranchia C. Pericardial Coelom Rectem Bladder Ventricle Auricle Glandular part of nephridium Shell Exhalant Chamber Foot Gill Foot Septum Foot Intestine Auricle A. yaitu bagian ventral yang luas dan bagian dorsal yang lebih kecil. Insang membagi rongga mantel menjadi 2 bagian. berfungsi sebagai alat pernafasan dan penyaring makanan. Jika ada yang 2 pasang maka itu adalah pelipatan insang asli. Protobranchia Gill Gonad B.Pelecypoda memiliki insang sepasang yang sangat lebar. Pembagian sub kelas didasarkan pada tipe insang. Septibranchia Gambar Potongan Melintang Bivalva .

. Pada jenis yang lain. tempat-tempat yang tidak berguna tertutup oleh mantel atau mantel mengelilinginya hingga membentuk sifon. yang pendekpanjang dan kontraktil. air masuk melalui lubang (sifon) air masuk di posterior dan keluar melalui lubang (sifon) air keluar juga di posterior.Sistem sirkulasi air pada jenis primitif: air masuk dari anterior keluar dari posterior. Untuk efisiensi keluar masuknya air.

lambung .Sistem Pencernaan Makanan masuk bersama aliran air masuk.menuju anterior .mulut . . Butir-butir makanan diseleksi oleh cilia dan disaring oleh pori-pori pada filamen insang.anus.diseleksi oleh palp .rektum .usus . Oleh cilia dialirkan ke alur ventral .

Otot adductor anterior Otot adductor posterior Lubang air keluar Mulut Posterior Anterior Palp Lubang air masuk Gambar Pelecypoda sebagai ciliary feeder . terutama fitoplankton. carnivor dan scavenger memakan crustacea kecil dan cacing.Pelecypoda merupakan filter feeder memakan plankton.

Sistem syaraf –. Anterior aorta Posterior aorta Bilik cavity Pericardial Serambi Usus Ginjal Rektum Head ganglion Perut Kaki Vein Mantel Mantle Artery Insang Visceral ganglion Foot ganglion .berupa statocyst yang terletak pada kaki dekat ganglion kaki.darah dari jantung ke sinus organ. insang dan kembali ke jantung.Sistem peredaran darah terbuka -. Terdapat ocelli untuk mendeteksi perubahan intensitas cahaya. ginjal.

Pelecypoda laut dengan pembuahan di luar. beberapa mengerami telur (Ostrea dan Anodonta). pembuahan di luar atau di dalam. umumya dioecious. Glochidium dari Anodonta Female Clam Young clams on Bottom A. telur menetas menjadi trochophore dan veliger yang berenang bebas. Diagram Daur Hidup Kerang Air Tawar Lasidium Anodonites B.Reproduksi seksual. Glochidia dalam Filamen Insang Ikan . kopulasi tidak ada. Penutupan Glochidia oleh Epitel Insang Ikan Haustoria dari Mutela C.

Daur Hidup Pelecypoda .

Larva Pelecypoda yang hidup pada insang ikan .

kerang tahu) 5) Mytilus/Perna edulis. Anadara indica (kerang bulu) 4) Anadara inflata (kerang putih. Mytilus viridis (kerang hijau) 6) Musculista senhausia (kupang rantai) 7) Corbula faba (kupang beras) 8) Pecten (simping) 9) Ostrea edulis (oyster Eropa) 10) Ostrea lurida (tiram Pasifik) 11) Crassostrea virginica (USA) 12) Crassostrea gigas (Jepang) 13) Corbicula javanica (remis) 14) Corbicula pulcea. Corbicula fluminea 15) Tridacna Tiram mutiara 1) Pinctada (Meleagrina) margaritifera 2) Pinctada martensi. Pinctada maxima (butir mutiara Ø 10 .20 mm) 3) Pteria colymbus (Avicularia atlantica) .Nilai ekonomis Pelecypoda Kerang konsumsi 1) Anadara granosa (kerang darah) 2) Anadara pilula (kerang gelatik) 3) Anadara antiquata.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful