sosial dll.  Caranya terapi tersebut diantaranya : edukasi. Berbagai terapi non farmakologi dapat dilakukan oleh dokter untuk mengobati pasien dengan anxietas. kognitif. . psikoterapi. perilaku.

 Disini dokter harus menyarankan pasien agar menjauhi diri dari stress. .1. Pada awala pengobatan dokter harus menerangkan kelainan pasien untuk mendapat cara yang tepat untuk mengontrol gejalanya. PENDEKATAN EDUKASI  Pendekatan edukasi sangat penting untuk pasien dengan anxietas.

olahraga yang teratur.  Merokok juga dapat membuat gangguan anxietas menjadi hebat karena pengaruh nikotin Jadi pasien harus hidup sehat. istirahat yang cukup dan menjauhkan diri dari stress . kopi dan minuman ringan lainnya biasanya memperburuk anxietas bahkan dapat mempresipitasi serangan panik. Alkohol.

PSIKOTERAPI Psikoterapi adalah suatu cara pengobatan terhadap masalah emosional pasien yang dilakukan oleh seseorang yang terlatih untuk menghilangkan. .2. mengoreksi perilaku yang terganggu dan mengembangkan pertumbuhan kepribadian secara positif. mengubah/menghambat gejala-gejala yang ada.

PSIKOTERAPI SUPORTIF Tujuan psikoterapi jenis ini adalah:  Menguatkan daya tahan mental yang ada  Mangambangkan mekanisme yang baru dan yang lebih baik untuk mempertahankan kontrol diri  Mengembalikan keseimbangan adaptif ( dapat menyesuaikan diri) .

Cara Psikoterapi Suportif  Ventilasi / katarsis  Persuasi / bujukan  Sugesti  Penjaminan kembali (reassurance)  Bimbingan dan penyuluhan  Terapi kerja  Hipnoterapi dan narkoterapi  Psikoterapi kelompok  Terapi perilaku .

3. TERAPI KOGNITIF  Terapi kognitif adalah pendekatan psikologi yang bertujuan untuk membantu pasien melihat kembali suatu hal dengan sudut pandang yang lebih positif. .

Apabila latihan ini dilakukan secara konsisiten. . TEKNIK RELAKSASI Teknik ini dilakukan untuk mengurangi kecemasan. pasien akan dapat mengontrol kecemasan dalam dirinya. pasien mengulangi satu kata sederhana yang mempunyai arti bermakna bagi pasien. setiap kali pasien menarik nafas.4. CARA :  Pasien duduk tenang dan santai dengan mata tertutup selama 15-20 menit 2X sehari  Selama berkonsentrasi.

Dengan melakukan teknik ini. pasien mencoba untuk menegangkan dan kemudian secara perlahan-lahan merelaxasi otot-otot di seluruh tubuh. banyak pasien yang anxietasnya menurun. Teknik ini harus dilatih 5-10 menit 5x sehari. TEKNIK PMR ( PROGRESSIVE MUSCULAR RELAXATION )  Pada PMR. .5.

PENCEGAHAN ANXIETAS         Percaya diri Selalu berfikiran positif Berani mencoba hal-hal baru Mampu menerima kenyataan Membina hubungan yang baik dengan semua orang Berusaha untuk menyelesaikan masalah dengan baik Tidak terlalu memikirkan hal buruk yang telah terjadi Mampu beradaptasi dengan lingkungan/peran yang baru  Mampu menhadapi stress yang muncul .