ETIKA KEMAHASISWAAN DAN MEKANISME PEMBAYARAN UANG KULIAH

Disampaikan pada Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOMB) Universitas Katolik St.Thomas SU 28-29 September 2012

Oleh. Ir.Patricius Sipayung, MSi

KETENTUAN UMUM
1. UNIVERSITAS ADALAH UNIVERSITAS KATOLIK SANTO THOMAS SUMATERA UTARA 2. Fakultas adalah unsur pelaksana akademik yang mengkoordinasikan dan/atau melaksanakan pendidikan akademik dan/atau profesional, dan/atau vokasi dalam satu atau seperangkat cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian tertentu. 3. Dosen adalah pegawai Universitas dengan tugas utama mendidik, serta melakukan penelitian dan pelayanan kepada masyarakat. 4. Mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar secara sah pada salah satu program akademik, profesi, dan vokasi UNIVERSITAS. 5. Ujian adalah bentuk pernilaian hasil belajar yang dapat diselenggarakan melalui ujian tengah semester, ujian akhir semester, ujian akhir program studi, atau ujian skripsi/tesis/disertasi. 6. Perkuliahan adalah kegiatan tatap muka antara Dosen dan Mahasiswa melalui proses yang terjadi dalam perencanaan dan penyajian materi belajar mengajar di Universitas serta evaluasi atas proses-proses itu berserta produk dan unsur yang terlibat. 7. Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dirancang dan dilaksanakan di luar kegiatan kurikuler yang bertujuan untuk melengkapi kegiatan kurikuler. 8. Etika Mahasiswa adalah nilai-nilai, azas-azas akhlak yang harus dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari oleh mahasiswa Universitas berdasarkan normanorma dalam kehidupan bermasyarakat.

Pendahuluan
Dasar pemikiran

Perguruan tinggi (Unika Santo Thomas SU) sebagai suatu masyarakat ilmiah harus mempunyai etika dalam menjalankan kegiatan proses belajar mengajar.

Peraturan perundangan
1. Undang-undang RI no. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2. PP N0. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi. 3. Surat Keputusan Rektor Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara Nomor: 0787/UKS/A.52/01 tentang Keamanan dan Ketertiban Kampus. 4. Ketepan Majelis Perwakilan Mahasiswa Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara Nomor: V/MPM/2001 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Pemerintahan Mahasiswa Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara.

MAJELIS PERWAKILAN MAHASISWA 2. BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS (BEMU) 3. BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA TINGKAT FAKULTAS 2. UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) 4. KOMISARIAT ANGKATAN DAN UNIT KEGIATAN . HIMPUNAN MAHASISWA DEPARTEMEN (HMD) 3. I. BADAN PENGAWAS KEUANGAN KELEMBAGAAN MAHASISWA (BPK2M) II.ORGANISASI KEMAHASISWAAN : PEMERINTAHAN MAHASISWA ADALAH organisasi kemahasiswaan intra Perguruan Tinggi sebagai prasarana dan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendekiawanan serta integritas kepribadian untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi. TINGKAT UNIVERSITAS 1. TINGKAT FAKULTAS 1.

beretika. Memelihara fasilitas atau sarana prasarana di lingkungan kampus. Memberi kenyamanan dalam pergaulan antar mahasiswa. dan patuh pada norma kehidupan kampus. Memberi koreksi diri untuk mahasiswa berperilaku dengan baik.MAKSUD : Pedoman bagi seluruh mahasiswa Unika Santo Thomas SU untuk berperilaku yang baik dalam melaksanakan aktivitas di lingkungan Universitas dan di tengah masyarakat pada umumnya. Menciptakan proses pendidikan yang tertib. 3. Membentuk mahasiswa yang berdisiplin. . 2. teratur dengan iklim akademik yang kondusif 2. antara mahasiswa dengan sivitas akademika Universitas. MANFAAT 1. TUJUAN : 1. antara mahasiswa dengan Pimpinan Universitas di dalam lingkungan kampus.

bersih dan sopan dalam arti tidak menyimpang dari asas-asas kepatutan. tidak menandatangani absensi kehadiran mahasiswa lain yang diketahuinya tidak hadir dalam perkuliahan. d) Santun dalam mengeluarkan pendapat. Etika Mahasiswa Universitas di ruang kuliah dan/atau laboratorium yaitu: a) Hadir tepat waktu.Etika dalam Proses Pembelajaran 1. c) Menghormati mahasiswa lain dengan tidak melakukan perbuatan yang dapat mengganggu perkuliahan. e) Jujur. atau sebelum dosen memasuki ruangan perkuliahan/laboratorium. f) Menjaga kebersihan dan inventaris Universitas seperti ruang kuliah/ laboratorium beserta perbuatan yang ada di dalamnya. g) Senantiasa mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja selama beraktivitas di laboratorium/bengkel. . b) Berpakaian rapi.

ETIKA DALAM PENGERJAAN TUGAS Etika Mahasiswa Universitas tugas/laporan akhir/ skripsi yaitu: dalam pengerjaan a) Jujur dan mematuhi etika ilmiah dalam penulisan dan menyajikan laporan akhir/skripsi. d) Tidak menjanjikan atau memberikan sejumlah uang atau fasilitas lainnya kepada dosen atau pihak lainnya dengan tujuan untuk mempengaruhi proses bimbingan tugas/laporan akhir/skripsi. . c) Menyerahkan tugas/laporan tepat waktu. b) Menjunjung tinggi kejujuran dan menghindari hal-hal yang bersifat gratifikasi kepada dosen maupun pegawai.

beritikad baik dan tidak melakukan kecurangan. c) Percaya pada kemampuan sendiri dan tidak berupaya mempengaruhi orang lain untuk tujuan memperoleh kelulusan. . b) Jujur.Etika Mahasiswa Universitas dalam mengikuti ujian a) Mematuhi tata tertib ujian yang ditetapkan Universitas/Fakultas.

c) Menjaga nama baik dosen dan keluarganya.Etika Mahasiswa dalam hubungan antara mahasiswa dengan dosen Pasal 8 a) Menghormati setiap dosen tanpa membedakan suku. . agama. g) Mematuhi perintah dan petunjuk dosen sepanjang perintah dan petunjuk tersebut tidak bertentangan dengan norma hukum dan norma lainnya yang hidup di tengah masyarakat. ras. b) Bersikap sopan santun terhadap setiap dosen dalam interaksi baik di dalam lingkungan maupun di luar lingkungan Universitas. e) Jujur dan bertanggung jawab terhadap dosen dalam segala aspek dan menjauhi tindakan-tindakan mempengaruhi penilaian dosen. dan tidak didasari atas perasaan suka atau tidak suka. d) Santun dalam mengemukakan pendapat atau mengungkapkan ketidak-sepahaman pendapat tentang keilmuan yang disertai dengan argumentasi yang rasional. termasuk menyiapkan diri sebelum berinteraksi dengan dosen di ruang perkuliahan/laboratorium. f) Bekerjasama dengan dosen dalam mencapai tujuan pembelajaran.

agama. Menjaga dan menjunjung citra Universitas. status sosial dan tidak didasari atas perasaansuka atau tidak suka. ras.Etika dalam Hubungan Sesama Mahasiswa         Menghormati setiap mahasiswa tanpa membedakan suku. Suka membantu mahasiswa lain yang kurang mampudalam pelajaran maupun kurang mampu secara ekonomi. dan sopan dan berlaku adil terhadapsetiap mahasiswa dalam interaksi baik di dalamlingkungan maupun di luar lingkungan Universitas. Bersikap ramah. Bekerjasama dengan mahasiswa dalam menuntut ilmupengetahuan dan saling nasehat-menasehati dalam kebenaran. Menghormati perbedaan pendapat atau pandangan dengan mahasiswa lain. Memiliki solidaritas yang kuat dan saling membantuuntuk tujuan yang baik dan tidak bertentangan dengannorma hukum atau norma lainnya yang hidup di dalammasyarakat. .

.agama. status sosial dan tidak didasari atas perasaan suka atau tidak suka. Bersikap ramah dan sopan santun terhadap setiap pegawai dalam interaksi baik di dalam lingkungan maupun di luar lingkungan kampus. ras.Etika dalam Hubungan Mahasiswa dan Pegawai   Menghormati setiap pegawai tanpa membedakan suku.

norma adat-istiadat. baik norma hukum. Memberi contoh dan mengajak masyarakat berbuat yang baik dan terpuji. norma kesopanan. dan norma kepatutan. Menghindari perbuatan yang melanggar norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat. Berperan aktif menolak penggunaan obat-obatan terlarang seperti Narkotika dan Psikotropika.Etika dalam Hubungan Masyarakat      Menjaga dan menjunjung tinggi citra Universitas. . agama. Suka menolong masyarakat sesuai ilmu pengetahuan yang dimiliki.

c) Menjaga dan menjunjung citra Universitas. Etika Mahasiswa keolahragaan yaitu: Universitas dalam bidang a) Menjunjung tinggi kejujuran dan sportifitas. d) Menghindari dari perbuatan yang bertujuan dengan sengaja merugikan atau mencelakai orang lain. b) Bekerjasama dalam memperoleh prestasi dengan cara-cara yang terpuji. e) Mematuhi aturan-aturan yang diwajibkan dalam bidang keolahragaan. .Etika dalam Kegiatan Ekstrakurikuler A.

teknologi dan seni. Bekerjasama dalam menghasilkan prestasi dan karya seni yang baik dengan cara-cara yang terpuji. Menjunjung tinggi kebudayaan nasional. . Menjaga dan menjunjung tinggi citra Universitas. Menjunjung tinggi nilai kejujuran dalam setiap kegiatan seni. Menjunjung tinggi kejujuran dan menghindari yang bersifat gratifikasi terhadap pihak-pihak pengambil keputusan dalam setiap kegiatan kesenian.Etika Mahasiswa Universitas dalam bidang seni       Menghargai ilmu pegetahuan.

Mematuhi aturan-aturan Universitas dalam melaksanakan kegiatan keagamaan di lingkungan Universitas. Bermasyarakat. Tidak melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum dan norma. Menghindari perbuatan yang dapat menghina agama dan kepercayaan orang lain.Etika Mahasiswa Universitas dalam Bidang keagamaan       Menghormati agama dan kepercayaan orang lain. terutama yang terkait dengan masalah keagamaan. . Mematuhi norma-norma dalam kehidupan.

teknologi. Menjaga dan menjunjung citra Universitas. anarkis. Suka menyebarkan ilmu pengetahuan dan kebenaran. . Bekerjasama dalam memperoleh prestasi dengan caracara yang terpuji. Menghargai pendapat dan pemikiran orang lain. Menghindarkan diri dari tindakan-tindakan yang bersifat amoral. merusak dan mengganggu ketertiban. Menjaga sopan santun dalam tutur kata dan perbuatan dalam setiap kegiatan. sastra dan seni. Menjunjung tinggi kebudayaan nasional.Etika Mahasiswa Universitas dalam kegiatan minat dan penalaran          Menghargai ilmu pengetahuan. Menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran.

peraturan di lingkunganUniversitas dan norma-norma lainnya hidup di tengahmasyarakat. . Menjaga sopan santun dalam tutur kata dan perbuatandalam setiap kegiatan. teknologi. Bertanggung jawab terhadap semua keputusan dantindakan. Menjaga dan menjunjung citra Universitas. Peka terhadap masalah-masalah kemasyarakatan dansuka memberikan kontribusi dengan cara-cara yang baikdan terpuji. Menjunjung tinggi kebudayaan nasional. Menghargai perbedaan pendapat dan menyikapinyadengan arif dan bijaksana. Menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran.Etika Mahasiswa Universitas dalam bidang kegiatan pengembangan organisasi           Menghargai ilmu pengetahuan. Taat terhadap hukum. sastra dan seni. Mengutamakan kearifan dan kebijaksanaan dalambertindak.

(6) Mempersiapkan argumentasi yang rasional yangmencerminkan citra diri seorang individu yang berpendidikan. (5) Mematuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku. . dalam hal penyampaian pendapat dan bersikap. (3) Tertib dan terpuji dalam memberikan kontribusi pemikiran/sikap terhadap norma-norma sosial. yaitu: (1) Didasarkan pada tujuan dan untuk kepentingan kebenaran.Etika dalam Menyampaikan Pendapat di Luar Proses Pembelajaran  Universitas sangat menghargai kebebasan mengeluarkan pendapat di luar proses pembelajaran sepanjang dilakukan dengan memperhatikan norma-norma etika. (7) Bertanggung jawab terhadap kebenaran fakta dan pendapat yang disampaikan. (4) Menjaga inventaris Universitas maupun aset masyarakat. (2) Menjaga dan menjunjung tinggi citra Universitas.

penaggungjawab. Meperoleh izin dari Rektor atau Dekan atas sepengetahuan Rektor.Mekanisme penyampaian aspirasi     Mengajukan usul atau permohonan tertulis kepada Rektor c/q Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yang ditandatangani oleh Lembaga Kemahasiswaan tingkat universitas. . peserta. hari dan tanggal pelaksanaan. Mengajukan usul atau permohonan tertulis kepada Dekan c/q Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yang ditandatangani oleh Lembaga Kemahasiswaan tingkat fakultas. Pada usul atau permohonan tersebut tercantum tema.

maka Rektor atau Dekan atas sepengetahuan Rektor atau Pejabat yang ditugaskan berhak membubarkannya.Mekanisme persetujuan atau penolakan Rektor      Persetujuan Atau Penolakan Usul Atau Permohonan dalam penyampaian respirasi. . Apabila penyampaian aspirasi mengarah tindakan anarkis. Apabila penyampaian aspirasi diizinkan maka Rektor atau Dekan atas sepengetahuan Rektor atau Pejabat yang ditugaskan mengawasi pelaksanaan penyampaian aspirasi tersebut. Apabila penyampaian aspirasi dilaksanakan tanpa memenuhi syarat di atas maka Rektor atau Dekan atas sepengetahuan Rektor dapat membubarkannya. Persetujuan atau penolakan terhadap usul atau permohonan penyampaian aspirasi diberikan oleh Rektor atau Dekan atas sepengetahuan Rektor secara tertulis paling lama 5 hari sejak usul atau permohonan diterima.

Spanduk Dan Selebaran  Spanduk dan selebaran hanya boleh dipasang/dibagikan di sekitar lapangan upacara Unika Santo Thomas SU. setelah memperoleh izin dari Rektor. .

.Pengumuman Dan Brosur  Penempatan pengumuman dan brosur di lingkungan Unika Santo Thomas SU hanya boleh dilakukan setelah memperoleh izin dari Rektor atau Dekan atas sepengetahuan Rektor.

Setiap mahasiswa dan tamu yang masuk ke gedung rektorat wajib melapor dan meninggalkan identitas dirinya pada Satpam.Tamu   Tamu yang berkunjung ke kampus Unika Santo Thomas SU harus mengisi buku tamu dengan menunjukkan identitas diri untuk memperoleh kartu nama. .

Di luar jam pada pasal 47 ayat 1.00-20.Jam Operasional Kampus   Jam operasional kampus adalah hari SeninJumat. . penggunaan kampus dan fasilitas harus seizin Rektor atau Dekan atas sepengetahuan Rektor. jam 07.00 WIB.

bukan tanggungjawab Unika Santo Thomas SU. . dan oleh karena itu menjadi tanggungjawabnya sendiri. Setiap kegiatan mahasiswa di luar kampus Unika Santo Thomas SU merupakan tindakan pribadi.Kegiatan Mahasiswa Di Kampus Dan Di Luar Kampus   Semua kegiatan mahasiswa di kampus dengan membawa dan mengatasnamakan Unika Santo Thomas SU harus seizin Rektor atau Dekan atas sepengetahuan Rektor. tidak boleh membawa dan mengatasnamakan Unika Santo Thomas SU atau sebagai anggota masyarakat.

mengkonsumsi.Benda-Benda Membahayakan Dan Tindakan Anarkis    Selain untuk kepentingan akademik dilarang membawa ke dalam kampus benda-benda yang dapat membahayakan/mengancam keselamatan jiwa. minuman keras dan lain-lain ke dalam kampus. memperjualbelikan benda-benda dan barang-barang terlarang. mengedarkan. seperti narkoba. Setiap orang tidak diperkenankan melakukan tindakan anarkis dan tindakan yang dapat merugikan dan mencemarkan nama baik Unika Santo Thomas SU di dalam dan di luar kampus. . Setiap orang dilarang membawa.

Pemblokiran. memblokir jalan umum dan melakukan kegiatan lainnya yang dapat mengganggu.Pembakaran. Pengrusakan dan Gangguan Kenyamanan     Mahasiswa dilarang membakar ban dan benda-benda lain. Mahasiswa dilarang mengganggu kenyamanan pada waktu kegiatan akademik dan non akademik sedang berlangsung. Pungutan. . merugikan dan meresahkan masyarakat serta mahasiswa baik di dalam maupun di luar kampus. Mahasiswa dilarang merusak sarana dan prasarana akademik dan non akademik serta dilarang membuang sampah bukan pada tempatnya. Mahasiswa dilarang melakukan pemungutan dan penguitipan sumbangan dalam bentuk apapun dan dengan alasan apapun di luar dan di dalam kampus tanpa seizin Rektor atau Dekan atas sepengetahuan Rektor.

.Pelanggaran  Pelanggaran terhadap Kode Etik Mahasiswa ini juga patut diduga sebagai tindakan pidana dan dilaporkan kepada pihak POLRI untuk diproses dengan hukum yang berlaku.

2. ijazah. Pelanggaran terhadap Kode Etik Mahasiswa ini dikenakan sanksi akademik sesuai dengan Peraturan Akademik yang berlaku di lingkungan Unika Santo Thomas SU. mengancam baik terang-terangan maupun terselubung.Sanksi 1. surat keterangan atau dokumen formal dan materil serta tanda tangan dalam lingkup kegiatan akademik lainnya. c. Memalsukan dengan sengaja atau membantu atau tanpa seizin mengganti atau mengubah/memalsukan nilai mata ajaran. memberi hadiah atau berupa ancaman dengan maksud mempengaruhi penilaian terhadap prestasi akademiknya. Membantu atau mencoba membantu menyediakan sarana atau prasarana yang dapat menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam kegiatan akademik. d. Melakukan tindakan penyuapan. b. Sanksi Akademik diberikan kepada mahasiswa yang telah melanggar Kode Etik Mahasiswa dengan tambahan pelanggaran sebagai berikut: a. KRS. laporan. memberi uang atau hadiah. mempengaruhi atau mencoba mempengaruhi orang lain dengan cara membujuk. . tugas-tugas dalam perkuliahan. kartu tanda mahasiswa. Menggantikan kedudukan atau melakukan tugas kegiatan akademik dan non akademik untuk kepentingan orang lain dalam kegiatan secara tidak sah atas permintaan orang lain atau kehendak sendiri.

Apabila anggota MPM. BEMU. BEMF. HMD dan UKM terbukti dikemudian hari memanipulasi persyaratan-persyaratan yang tercantum dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi kemahasiswaan maka yang bersangkutan dikenakan sanksi putus studi atau drop out. 4. HMD dan UKM yang tidak melaksanakan program kerja yang sudah ditetapkan akan diberhentikan dari jabatannya melalui sidang MPM. BEMU.3. BEMF. .

. Kode Etik Mahasiswa ini berlaku sepenuhnya bagi semua mahasiswa bagi semua angkatan.

Penyusunan Pedoman Perilaku pada dasarnya merupakan bagian dari serangkaian tindakan transformasi di Universitas yang dinilai relevan dengan visi. tetapi untuk lebih mengarahkan potensi mahasiswa kepada hal-hal yang lebih baik.KETENTUAN PENUTUP A. Diharapkan Pedoman Perilaku dapat menunjang terbentuk iklimakademik yang kondusif yang berbasis pada etika atau akhlakyang baik dari mahasiswa Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara. B. Pedoman Perilaku ini diberlakukan sama sekali tidak untuk mengurangi hak-hak normatif mahasiswa. misi dan tujuan Unika St. Untuk itu kepada seluruh mahasiswadiharapkan dapat memberikan masukan demi terbentuknya mahasiswa Unika yang beretika dan berakhlak terpuji. Thomas. Masukan Seiring perjalanan waktu dan terjadinya perkembangan dalam perilaku mahasiswa Universitas Katolik Santo Thomas SU maka Pedoman Perilaku dapat disesuaikan. .

Mahasiswa baru yang sudah bayar langsung ke Panitia Pendaftaran dengan membawa kwitansi putih untuk ybs. Ganjil Cicilan III : uang kuliah pokok sem. . sks. sehingga bila dipanggil nomor pendaftarannya di workstation Biro Keuangan maka langsung ditampilkan tahun ajaran. kwitansi kuning untuk BAAK sebagai arsip . pembayarannya dalam sistem paket selama 1 tahun.Setelah mahasiswa baru sudah lulus seleksi oleh BAAK maka langsung membayar uang kuliah pokok. uang perlengkapan dan uang kuliah sks sem.Data mahasiswa baru dipanggil berdasarkan nomor pendaftaran setelah data mahasiswa di-Input oleh BAAK berdasarkan data akademik. No.Mekanisma pembayaran uang kuliah A. Semester dan jenis-jenis pembayaran. sesuai dengan brosur Penerimaan Mahasiswa Baru Unika Santo Thomas dengan rincian : Cicilan I : UKP.Pendaftaran. pembangunan sekaligus dibayar ke Biro keuangan. genap dan uang kuliah sks s. genap - Sistem pembayaran semester berikutnya sesuai dengan mahasiswa lama. ganjil Cicilan II : uang kuliah sks Sem. genap Cicilan IV : uang kuliah sks sem. Nama. Mahasiswa Baru .

Uang jaket mahasiswa : dibayar sekali saja 3. Uang perlengkapan mencakup: 1. Uang kemahasiswaan : per semester 5. Uang katalog : sekali dalam setahun 4. Uang sumbangan perpustakaan : hanya dibayar sekali saja 2.Pengertian   Uang kuliah pokok: sama besaran untuk semua Fakultas maupun program studi. Uang pengembangan karakter : sekali saja .

Uang kuliah per sks (teori) dan Praktikum   Satuan kredit semester (sks) adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa. . Uang Praktikum terdiri dari dua jenis yaitu Praktikum kategori A dan Kategori B. besarnya usaha yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu program. serta besarnya usaha untuk penyelenggaraan pendidikan bagi perguruan tinggi dan tenaga pengajar.

tetapi mengikuti kegiatan akademik dapat dikenakan sanksi akademik seperti pembatalan nilai ujian dan kegiatan akademis lain disamping denda administrasi. Bila membayar terlambat lebih dari jadwal yang telah ditentukan (jadwal pembayaran tiap semester diperhatikan) maka harus secepatnya mengurus cuti akademik Bila tidak melaksanakan pembayaran uang kuliah.Keterlambatan    Denda keterlambatan 2 % per minggu dengan maksimum 26 %. .

Ganjil  Cicilan III : uang kuliah pokok sem. ganjil  Cicilan II : uang kuliah sks Sem. sks. genap  Cicilan IV : uang kuliah sks sem. sesuai dengan brosur Penerimaan Mahasiswa Baru Unika Santo Thomas dengan rincian :  Cicilan I : UKP. uang perlengkapan dan uang kuliah sks sem. setelah mahasiswa baru sudah lulus seleksi oleh BAAK maka langsung membayar uang kuliah pokok.Pendaftaran. Nama. genap dan uang kuliah sks s. pembangunan sekaligus dibayar ke Biro keuangan. genap . sehingga bila dipanggil nomor pendaftarannya di workstation Biro Keuangan maka langsung ditampilkan tahun ajaran. Semester dan jenis-jenis pembayaran. pembayarannya dalam sistem paket selama 1 tahun. No.Sistem pembayaran  Data mahasiswa baru dipanggil berdasarkan nomor pendaftaran setelah data mahasiswa di-Input oleh BAAK berdasarkan data akademik.

Mahasiswa baru yang sudah bayar langsung ke Panitia Pendaftaran dengan membawa kwitansi putih untuk ybs. kwitansi kuning untuk BAAK sebagai arsip .  Sistem pembayaran semester berikutnya sesuai dengan mahasiswa lama.

Penjelasan   Rincian jumlah biaya uang kuliah persemester bagi mahasiswa baru dapat dilihat pada brosur kuning dan merah. Peraturan akademik lebih lengkap dapat dibaca pada katalog mahasiswa 2012/2013 .

THOMAS MAHASISWA BAGIAN KEUANGAN Cetak Kwitansi Cetak Kwitansi KASIR KASIR .ALUR PEMBAYARAN UANG KULIAH DIBAGIAN KEUANGAN UNIKA ST.

Kartu keluarga. Mahasiswa mempunyai ekonomi lemah. Fakultas Teknik. Curikulum Vitae (Daftar Riwayat Hidup). Fakultas Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.00 dengan melampirkan transkrip nilai yang dikeluarkan oleh fakultas. Fotocopy Kwitansi uang kuliah terakhir. Surat keterangan dari Rektor atau Dekan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak sedang menerima beasiswa dari instansi manapun dan mempunyai ekonomi lemah. Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah setempat yang memuat data diri dan tingkat ekonomi keluarga lemah beserta jumlah tanggungan.Beasiswa  Unika Santo Thomas SU menyediakan Beasiswa Van Deventer Belanda dengan persyaratan untuk mendapatkan beasiswa:              Memiliki IP/IPK ≥ 3. . Pasphoto. Mempunyai TOEFL. Foto copy Kartu Mahasiswa (KTM). Surat keterangan dari Gereja dimana orang tua mahasiswa berdomisili. Fakultas Sastra. Beasiswa ini khusus untuk mahasiswa Fakultas Pertanian. Mahasiswa minimal sudah duduk pada semester 3 untuk S1 dan D3. Fakultas Ilmu Komputer.

Surat keterangan dari Gereja. Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah setempat yang memuat data diri dan tingkat ekonomi keluarga lemah beserta jumlah tanggungan.75 dengan melampirkan transkrip nilai yang dikeluarkan oleh fakultas. Melampirkan fotocopy Kwitansi uang kuliah terakhir [semester berjalan]. . Fotocopy Kartu Mahasiswa (KTM). Memiliki IP/IPK  2.Beasiswa Lokal        Minimal sudah duduk pada semester 2 dan maksimal semester 6 untuk S-1 dan semester 4 untuk D-3. dimana orang tua mahasiswa berdomisili. Surat Keterangan dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak sedang menerima beasiswa dari instansi manapun.

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dengan persyaratan sebagai berikut:        Minimal sudah duduk di semester 3 dan maksimal semester 6 untuk S-1 dan semester 4 untuk D-3. Surat keterangan dari gereja dimana orang tua yang bersangkutan berdomisili. . Usia maksimal 27 tahun dan belum berkeluarga. Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).75 dengan melampirkan transkrip nilai yang dikeluarkan oleh fakultas. Surat keterangan dari Wakil Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak sedang menerima beasiswa dari instansi manapun. Memiliki IP/IPK  2. Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah setempat yang memuat data diri dan tingkat ekonomi lemah beserta jumlah tanggungan.

Transkrip nilai yang dikeluarkan oleh fakultas dan mempunyai IP/IPK  2. Surat keterangan dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yang menyatakan bahawa yang bersangkutan tidak sedang menerima beasiswa dari instansi manapun. Surat keterangan dari gereja dimana orang tua yang bersangkutan berdomisili. Surat keterangan dari Kepala Desa/Lurah yang menyatakan orang tua yang bersangkutan kurang mampu. . Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Usia maksimal 27 tahun dan belum berkeluarga.Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) dengan persyaratan sebagai berikut:        Mahasiswa yang bersangkutan minimal sudah duduk di semester 3 dan maksimal semester 6 untuk S-1 dan semester 4 untuk D-3.75.

Materai Rp 6000 = 1 lbr. Surat keterangan dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari manapun.Beasiswa Supersemar dengan persyaratan sebagai berikut:          Mahsiswa yang bersangkutan minimal sudah duduk di semester 3 dan maksimal semester 6 untuk S-1 dan semester 4 untuk D-3. Pasphoto berwarna ukuran 3 x 4 = 3 lbr.75 dan melampirkan transkrip nilai yang dikeluarkan oleh fakultas. Surat keterangan dari gereja. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter. . Memiliki IPK  2. Surat keterangan dari Kepala Desa yang memuat data diri dan tingkat ekonomi keluarga lemah beserta jumlah tanggungan. Rekomendasi dari Dekan Fakultas.

2. dimana orang tua mahasiswa berdomisili. Materai Rp 6000 = 6 lbr. Duduk pada semester 1..75. Pasphoto berwarna ukuran 3 x 4 = 3 lbr. Surat Permandian Katolik. . Surat keterangan dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yang menyatakan bahwa mahasiswa yang bersangkutan masih aktif kuliah. 3. 8 Berlaku bagi mahasiswa yang mengambil Program S-1..Beasiswa Misereor-Nasional APTIK          Mahasiswa beragama Katolik. . KHS setiap semester dan IP  2. Surat Rekomendasi dari Pastor Paroki..

Thomas SU Untuk menjaga komitmen tersebut maka setiap mahasiswa baru wajib menandatangai surat pernyataan dan diketahui serta disetujui oleh orang tua/wali dari mahasiswa baru. .Surat Pernyataan   Prinsipnya Menciptakan harmonisasi kegiatan di Universitas Katolik ST.

Terima Kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful