adalah merupakan suatu peristiwa yang dikisahkan untuk menjelaskan akan terjadinya sesuatu yang ada dimuka bumi

ini.

a. Bersifat Anonim (pengarang tidak diketahui) b. Sastra Lisan (disampaikan dari mulut ke mulut) c. Istana Sentris d. Statis (tidak berubah) e. Berisi Ajaran Moral f. Tokoh-tokohnya, (manusia, binatang/tumbuhan) g. Bersifat fiktif

Dongeng merupakan suatu kisah

yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral yang mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan makhluk lainnya.

artinya cerita rakyat yang menceritakan kehidupan binatang

artinya cerita rakyat yang berisi tentang kepahlawanan, keistimewaan seseorang, dan keberanian seseorang. Contoh : Ciung Wanara.

adalah cerita yang dianggap suci dan dianggap pernah terjadi oleh masyarakat setempat dan ditokohi oleh para dewa. Contoh : Rama dan Shinta, Krisna, Hanoman, Gatot Kaca, dll.

atau adalah cerita yang mengisahkan asal usul nama, tempat atau kejadian. Contoh : Tangkuban Perahu, Asal Mula Danau Toba, Asal Mula Selat Bali, dll.

Kissah
Menceritakan tentang kesan-kesan situasi pengalaman atau pelajaran seseorang. • Contoh : Kissah Pelayaran Abdullah ke Negeri Jeddah, Kissah Pengalaman ke Melaka Utara.

Hikayat dapat berarti cerita khayal yang penuh dengan kejadian-kejadian serba aneh dan ajaib yang tak dapat diterima oleh akal pikiran manusia.
Hikayat dapat pula diartikan riwayat yaitu cerita tentang seseorang yang

memang benar-benar ada dalam sejarah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.