You are on page 1of 16

KOMUNIKASI EFEKTIF

KOMUNIKASI : ADALAH PROSES PENYAMPAIAN PESAN DARI KOMUNIKATOR KEPADA KOMUNIKAN MELALUI MEDIA TERTENTU UNTUK MENGHASILKAN EFFEK /TUJUAN DAN MENGHARAPKAN FEEDBACK/UMPAN BALIK .

KOMUNIKAN / PENERIMA PESAN 5. PESAN YANG DIKIRIM / MESSAGE 3.KOMPONEN – KOMPONEN KOMUNIKASI 1. KOMUNIKATOR/PENGIRIM PESAN /SENDER 2. BAGAIMANA PESAN DIKIRIM/ MEDIA 4. UMPAN BALIK / FEEDBACK .

SIKAP. SALING MEMAHAMI /MENGERTI BUKAN BERARTI HARUS MENYETUJUI TETAPI MUNGKIN DENGAN KOMUNIKASI TERJADI SUATU PERUBAHAN PENDAPAT. PERILAKU ATAUPUN PERUBAHAN SECARA SOSIAL .Tujuan utama komunikasi ADALAH UNTUK MEMBANGUN/ MENCIPTAKAN PEMAHAMAN ATAU PENGERTIAN BERSAMA.

1. PERUBAHAN PERILAKU ( BEHAVIOR CHANGE 4. PERUBAHAN SIKAP ( ATTITUDE CHANGE) 2. PERUBAHAN SOSIAL ( SOCIAL CHANGE ) . PERUBAHAN PENDAPAT ( OPINION CHANGE) 3.

MEMBUJUK ( TO PERSUADE) 4. MENGHIBUR (TO ENTERTAINT) . MENDIDIK (TO EDUCATE) 3. MENYAMPAIKAN INFORMASI (TO INFORM) 2.MANFAAT PENTINGNYA KOMUNIKASI: 1.

ANTAR PRIBADI/ INTERPERSONALCOMMUNICATION 2.KOMUNIKASI MASSA / MASSA COMMUNICATION . ANTAR KELOMPOK / GROUP COMMUNICATION 3.BENTUK KOMUNIKASI: 1.

KETERBATASAN MENGINGAT SECARA TEPAT ( MUDAH LUPA) 5.KESALAHAN MENATA INFORMASI 4. KEGAGALAN MENDAPATKAN FEEDBACK ( TIDAK SIMPATIK) .PERMASALAHAN DALAM PROSES KOMUNIKASI 1.KURANG PERSIAPAN MENTAL 3.SIKAP REMEH TERHADAP KOMUNIKAN 2.

HAMBATAN DALAM KOMUNIKASI: 1. HAMBATAN PSIKOLOGIS . HAMBATAN DARI PROSES KOMUNIKASI 2.HAMBATAN SEMANTIK 4. HAMBATAN FISIK 3.

INTERAKSI 2.KULTUR 3.HAMBATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL: 1.EXPERIMENCE .

5 HUKUM UNTUK KOMUNIKASI EFEKTIF 1. EMPATHY 3. HUMBLE . CLARITY 5. AUDIBLE 4. RESPECT 2.

PRINSIP MANUSIA INGIN DIHARGAI DAN DIANGGAP PENTING 2. RESPECT MENGHARGAI SETIAP INDIVIDU YANG MENJADI SASARAN PESAN YANG KITA SAMPAIKAN.1. PRINSIP PESAN YANG DISAMPAIKAN DGN CARA ATAU SIKAP YANG DAPAT DITERIMA OLEH PENARIMA PESAN . PRINSIP MENDENGAR ATAU MENGERTI TERLEBIH DAHULU SEBELUM DIDENGAR ATAU DIMENGERTI OLEH ORANG LAIN 3. EMPATHI KEMEMPUAN KITA UNTUK MENEMPATKAN DIRI KITA PADA SITUASI DAN KONDISI YANG DIHADAPI OLEH ORANG LAIN. AUDIBLE MATERI PESAN YANG DISAMPAIKAN DAPAT DIDENGAR ATAU DIMENGERTI DENGAN BAIK.

HUMBLE/SIKAP RENDAH HATI SIKAP INI TERKAIT DENGAN HUKUM YANG PERTAMA YAKNI UNTUK MEMBANGUN SIKAP UNTUK MENGHARGAI ORANG LAIN .4.PESAN YANG DISAMPAIKAN TIDAK MENIMBULKAN MULTI INTERPRETASI ATAU PENAFSIRAN LAIN 5. CLARITY BERARTI KETERBUKAAN ATAU TRANSPARANSI . .

.

STRATEGY 2. INTENSITY OF EYE CONTACT 4.5 JURUS KOMUNIKASI EFEKTIF: 1. HIGH ENERGY 3.TRANSFER OF FEELING 5. BODY LANGUAGE .

FAKTOR 3. GERAKAN ISYARAT DAN SIKAP TUBUH. ELEMEN VOCAL VOLUME SUARA. ELEMEN VISUAL KONTAK MATA. INTONASI SUARA.KOMUNIKASI EFEKTIF FAKTOR 1. EKSPRESI WAJAH. ELEMEN VERBAL CARA PENYAMPAIAN YG SEDERHANA . 38 % KEBERHASILAN. TIDAK BIAS . KECEPATAN BERBICARA. LENGKAP DAN JELAS . 55 % KEBERHASILAN FAKTOR 2.