Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AKAKOM Yogyakarta 2012

NAMA KELOMPOK :  MUSLEHUDIN (095410180)  JOHANES HARJAWINATA (095410140)  MOHAMAD HANAFI (095410134)  I WAYAN AGUNG PUTRA JAYA (095410229) .

Dengan menetapkan suatu masalah yaitu pada suatu lahan kosong untuk didirikan lokasi tempat futsal. Ada 4 atribut yang digunakan. yaitu :  Harga tanah per meter persegi (x1)  Jarak pusat keramaian (x2)  Jarak dari tempat futsal lain (x3)  Keputusan untuk memilih daerah tersebut sebagai lokasi tempat futsal (x4) . telah dihimpun 10 aturan.

maka hal tersebut menjadi sesuatu hal yang sangat penting. lokasi. . Maka tentunya orang tersebut harus mengetahui setidaknya seberapa baik pilihan/keputusan yang di pilihnya. Apalagi jika keputusan tersebut terdiri dari beberapa hal yang harus di pertimbangkan.BAB I PERMASALAHAN  Pada saat seseorang harus mengambil keputusan untuk memilih suatu tempat yang sesuai dengan keinginan dan kriteria tertentu. Metoda tersebut setidaknya bisa memberikan solusi mengenai apa saja atau sebarapa baik keputusan yang bisa di ambil atau yang nantinya akan di putuskan oleh orang/ manager tersebut. dan tentunya untuk bisa mengoptimalkan hal tersebut maka dibutuhkan suatu metoda yang bisa membantu seorang manajer dalam mengambil keputusan. atau trasportasi dan hal-hal lain yang ada. entah harga tanah.  Beberapa kasus yang sering dihadapi adalah kasus untuk menentukan suatu jenis usaha tertentu yang akan dibangun.

 Maka dengan menggunakan salah satu metoda yaitu metoda bayes diharapkan bisa membantu seseorang/manager dalam hal menentukan keputusan terbaik sehingga dapat menjadi sebuah keputusan yang optimal. Mengapa ?  Alasannya adalah metoda bayes ini merupakan salah satu metoda yang cukup baik didalam mesin pembelajaran berdasarkan data training. sehingga untuk bentuk data tersebut sangat cocok menggunakan metoda bayes.BAB II MENGAPA PAKAI METODE BAYES  Salah satu Metoda yang dapat digunakan untuk membantu memberikan beberapa pilihan solusi yang bisa digunakan oleh manager adalah metoda Bayes. dengan menggunakan probabilitas bersyarat sebagai dasarnya.  Alasan lainnya adalah metoda Bayes dapat menyelesaikan masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan menggunakan metoda Find-S yang dikarenakan data yang tidak konsisten dan data bias. . hal tersebut dikarenakan metoda bayes merupakan metoda yang dapat memproses bukan hanya dalam bentuk nominal dan kategori(teks). Dan tentunya perlu di ingat bahwa metoda bayes adalah salah satu metoda sederhana dan masih banyak metoda lainnya yang bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

BAB III LANGKAH-LANGKAH Tabel Aturan Aturan keHarga tanah Jarak pusat Jarak dari tempat keramaian futsal lain Dekat Dekat Dekat Jauh Sedang Jauh Jauh Sedang Jauh Sedang Dekat Jauh Dekat Dekat Jauh Jauh Sedang Jauh Dekat Sedang Dipilih untuk tempat futsal Tidak Ya Tidak Tidak Tidak Ya Tidak Ya Tidak Ya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Murah Sedang Mahal Mahal Mahal Sedang Murah Murah Mahal Sedang .

Probabilitas kemunculan setiap nilai untuk atribut Harga Tanah (x1) Harga tanah Jumlah kejadian Ya Tidak 2 0 4 6 Probabilitas Ya ¼ ¾ 0/4 1 Tidak 2/6 0/6 4/6 1 Murah Sedang Mahal Jumlah 1 3 0 4 .

Probabilitas kemunculan setiap nilai untuk atribut jarak pusat keramaian (x2) Harga tanah Jumlah kejadian Ya Tidak 2 1 3 6 Probabilitas Ya ¼ 2/4 1/4 1 Tidak 2/6 1/6 3/6 1 Dekat Sedang Jauh Jumlah 1 2 1 4 .

Probabilitas kemunculan setiap nilai untuk atribut Jarak dari tempat futsal lain (x3) Harga tanah Jumlah kejadian Ya Tidak 4 1 1 6 probabilitas Ya 0/4 ¼ 3/4 1 Tidak 4/6 1/6 1/6 1 Dekat Sedang Jauh Jumlah 0 1 3 4 .

Probabilitas kemunculan setiap nilai untuk atribut dipilih untuk tempat futsal (x4) Harga tanah Jumlah kejadian Ya Tidak 6 Probabilitas Ya 4/4+6 Tidak 6/4+6 Jumlah 4 .

Berdasarkan data tersebut.006 .038  Likelihood Tidak = ¼ x 2/4 x ¼ x 6/4+6 = 0. apabila diketahui suatu daerah dengan sebagai berikut : Harga tanah = MURAH Jarak pusat keramaian = SEDANG Jarak dari tempat futsal lain = JAUH  Likelihood Ya = ¼ x 2/4 x ¾ x 4/4+6 = 0.

006 = 0.038 + 0.006 / 0.871 hampir mendekati 1 Nilai tersebut tidak boleh kurang dari 0 atau lebih dari satu.871  Probabilitas Tidak = 0.006 = 0. .038 / 0.038 + 0.Nilai probabilitas dapat dihitung dengan melakukan normalisasi terhadap likelihood tersebut sehingga jumlah nilai yang diperoleh = 1  Probabilitas Ya = 0.129 Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa lokasi tanah tersebut jadi untuk dibangun tempat futsal karena nilai yang diperoleh 0.

Nicholson)  Data Mining dengan Naive Bayesian Classification . Korp Ann E.BAB IV REFFERENSI  Metode Bayes Machine Learning Team PENS – ITS 2006  Bayesian Artificial Intelligence Second Edition (Kevin B.

blogspot.com.blogspot.Untuk dapat memilikinya bisa di dowload di  Blog dengan link mohan-hanafi. .com Johnhie-jlove21.  Facebook mac mohan  Johnhie  I wayan Agung Putra Jaya  Musleh Mus   Bisa di download setelah sehari presentasi dilaksanakan sekian dan terima kasih.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful