Disusun Oleh : Kaniyatun Nyimih Rosdian Susiyah

Pengertian Panas  Suatu bentuk energi yang dapat berpindah  Benda menjadi lebih panas jika ditambahkan Panas  Benda menjadi lebih dingin jika kehilangan panas .

Konveksi Aliran 3. Konduksi Panas Hantaran 2.Cara Perpindahan Panas 1. Radiasi Pancaran .

Kegunaan Bahan Konduktor dan Isolator Konduktor Memindahkan Panas dengan cepat Isolator Memperlambat kehilangan panas pada benda Mendinginkan Benda dengan cepat Memperlambat penambahan panas pada benda .

.

Daya Hantar Listik Daya Tegangan Tarik Sifat Bahan Konduktor Daya Hantar Panas Koefisien Temperatur Hambatan .

Tujuan kreatif (creative purpose) 7. 1. Tujuan persuasif (persuasive purpose) 4. Tujuan penerangan (informational purpose) 5. Tujuan pemecahan masalah (problem-solving purpose) Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan tujuan menulis adalah alat komunikasi untuk mencari informasi tidak langsung serta mengajarkan berpikir dengan cara tertentu. . Tujuan altruistik (altruistic purpose) 3. memberikan kesenangan. Tujuan penugasaan (assignment purpose) 2. Dengan demikian manfaat menulis untuk memperoleh informasi. Tujuan pernyataan (self-expressive purpose) 6. dan memberikan keyakinan pada pembaca terhadap suatu gagasan.Tujuan dan Manfaat Menulis Tujuh jenis tujuan menulis menurut Tarigan (2008: 26) sebagai berikut.

Tentukan ide pokok atau gagasan utama (kata kunci) wacana naratif. Langkah-langkah Menemukan Ide atau Pesan Wacana Naratif Bacalah wacana naratif yang telah dipilih dengan cermat. Menyimpulkan ide pokok atau gagasan utama wacana naratif secara runtun. c. . Menyimpulkan isi atau pesan informasi dengan urutan yang runtun dan mudah dipahami.Langkah-langkah Menemukan Ide atau Pesan Wacana Lisan a. Mencatat isi atau pesan pokok-pokok informasi yang disampaikan. b. b.

antara lain surat undangan pernikahan. Contohnya surat tugas. baik pemerintahan maupun swasta. Surat dinas. surat pemintaan. dan sebagainya. surat perkenalan. surat keputusan. b. dan surat lamaran. surat pengantar. Surat dagang atau niaga adalah surat yang ditulis untuk kepentinga-kepentingan bisnis.Macam-macam bentuk surat a. yaitu surat yang ditulis atas nama pribadi atau perorangan. surat pengiriman barang. dan surat kuasa. c. Contohnya surat penaran. bisa ditujukan kepada perorangan atau intansi yang termasuk ke dalam surat pribadi. yaitu surat yang menyangkut persoalan-persoalan kedinasan. surat penagihan. Surat Pribadi. Surat ini dibuat atas nama suatu intansi. Fungsinya. dan ditujukan kepada intansi lain ataupun perorangan. .

Contoh Menulis parafrase Kembangkan puisi kedua menjadi parafrase yang lebih luas .

1. dan menulis). berbicara. 1.4 Merencanakan.3 Memilih. . membaca. Menguasai Substansi dan metodelogi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang medukung. dan merepresentasi materi ajar bahasa indonesia SD berdasar pemahaman.2 Mengkreasikan apresiasi sastra Indonesia. mengorganisasikan.Standar Kompetensi 1. dan menilai.1 Menampilkan keterampilan berbahasa (mendengarkan. Kompetensi Dasar 1. melaksanakan. 1. menata.

menganalisis karakteristik perkembangan bahasa usia anak SD secara tepat. 2.memilih materi ajar aspek menulis di kelas tinggi SD secara tepat.Setelah mengikuti pelatihan peserta PLPG dapat: 1. memilih materi ajar aspek membaca di kelas rendah SD secara tepat. dan 3. .

perkembangan bahasa pada anak-anak sekolah dasar dibagi atas: a. Sekolah dasar akhir (upper elementary) usia 10-12 tahun . Sekolah dasar pertengahan (middle elementary) usia 810 tahun c. Uraian Materi Menganalisis karakteristik perkembangan bahasa usia anak SD Menurut Tarigan (2011: 28). Sekolah dasar awal (early elemerntary) usia 6-8 tahun b.D.

karena memperlihatkan aspek belajar pada satu pihak. pemahaman. dan aspek tumbuh pada pihak lain. Mengenai makna kata. dan perkembangan motorik (psikomotorik). Mengenai tataran linguistik e. Mengenai kosakata b.Menurut Tarigan (2008: 30-31). Mengenai jenis kata d. perkembangan emosional (afektif). . a. Mengenai keterampilan berbahasa f. Mengenai struktur kalimat c. Dengan demikian perkembangan bahasa anak mempengaruhi perkembangan intelektual (kognitif). Menurut Semiawan (2008: 49) bahwa perkembangan bahasa memperlihatkan berbagai prinsip yang menjadi karakteristik dari aspek perkembangan yang lain. karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD dinyatakan sebagai berikut.

Materi yang diberikan bermakna bagi para peserta didik. Dengan demikian guru hendaknya mampu mempertimbangkan materi membaca dan menulis. menunjukan bahwa materi dan bahan pengajaran hendaknya ditetapkan berdasarkan rujukan pada tujuan-tujuan intruksional yang ingin dicapai. baik dilihat dari tujuan yang ingin dicapai maupun fungsinya untuk mempelajari bahan berikutnya.Kesimpulan Berdasarkan pendapat di atas. dan merupakan bahan yang betul-betul penting. baik di kelas rendah maupun di kelas tinggi yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan kurikulum. .

.

Memilih berbagai metode pembelajaran menulis permulaan 2. Silabus dan RPP 5. . Pengembangan lembar kerja siswa 7. Pengembangan media pembelajaran 8. Pengembangan sistem evaluasi. Pengembangan bahan ajar 6.Merancang kegiatan menulis di kelas tinggi SD 3.1.Perencanaan penilaian dan evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 4.

SEHARI -HARI .

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful