Disusun oleh: Goodwin Anthony Pakan C11108199 Pembimbing: dr.

Agustina Lungan

.PENDAHULUAN  Adenoid merupakan massa yang terdiri dari jaringan limfoid pada dinding posterior nasofaring di atas batas palatum molle. Adenoid membesar pada anak usia 3 tahun dan kemudian mengecil dan menghilang sama sekali pada usia 14 tahun.

ANATOMI .

.FISIOLOGI Adenoid berfungsi sebagai bagian dari imunitas tubuh yang berbentuk seperti bantalan lembab yang membantu untuk menyaring bakteri. selain itu adenoid juga memproduksi antibodi sebagai sistem pertahanan paling depan terhadap invasi kuman mikroorganisme dan molekul asing dalam udara.

Oleh karena itu.PATOGENESIS  Pada anak berumur 3 tahun adenoid mulai bertambah besar akibat aktivitas imun. hipertrofi dari jaringan merupakan respons terhadap kolonisasi dari flora normal itu sendiri dan mikroorganisme patogen . karena tonsil dan adenoid merupakan organ limfoid pertama di dalam tubuh yang memfagosit kuman-kuman patogen.

GEJALA KLINIS  Mouth breathing  Snoring  Tidur dengan mulut terbuka serta sleep apneu  Suara hiponasal  Facies adenoid .

DIAGNOSIS  Anamnesis  Pemeriksaan Fisik  Pemeriksaan Penunjang:  Radiologi  Endoskopi .

.

PENATALAKSANAAN  Operasi: Adenoidektomi .

.  Obstruksi jalan napas menghilang dengan sendirinya. kerusakan akibat cor pulmonal tidak menetap  Terjadi penurunan 30-50% otitis media setelah dilakukan adenoidectomy.PROGNOSIS  Jika pasien ditangani dengan baik diharapkan dapat sembuh sempurna.

TERIMA KASIH .