Kelompok Golongan 6a

:

1. 2. 3. 4.

Alfi Zulfa N Dwi Nursayanti Maria Sekar S R. Budiono

(05) (14) (23) (32)

Sifat fisik golongan VI A
Unsur
Oksigen Belerang

Lambang Atom Titik Leleh ( C)
O S -218 113

Titik Didih ( C)
-183 445

Bentuk (pada suhu kamar)
Gas tak berwarna Kuning, serbuk padat

Selenium

Se

217

685

Hijau kebiru-

biruan
Tellurium Te 452 1390 Putih keperakanlogam Polonium Po 254 962 Radioaktif

Unsur golongan VI A secara umum dari atas kebawah, reaktifiasnya terhadap logam semakin menurun. Hal ini sangat berkaitan dengan elektronegatifitas dari setiap atom anggotanya

Pada temperatur dan tekanan standar, oksigen berupa gas tak berwarna dan tak berasa. rumus kimia O2, di mana dua atom oksigen secara kimiawi berikatan dengan konfigurasi elektrontriplet spin Oksigen lebih larut dalam air daripada nitrogen

Warna oksigen cair adalah biru seperti warna biru langit. Baik oksigen cair dan oksigen padat berwarna biru langit. Oksigen dalam kondisi tereksitasi memberikan warna merah terang dan kuning-hijau pada Aurora Borealis. Menurut massanya, oksigen merupakan unsur kimia paling melimpah di biosfer, udara, laut, dan tanah bumi. Oksigen merupakan zat yang sangat reaktif dan harus dipisahkan dari bahan-bahan yang mudah terbakar.

.

MnO2 sebagai katalis Reaksinya : 2KClO3 (s) ¾MnO2 2KCl (s) + O2 (g) . Memanaskan serbuk kalium klorat KClO3 dengan katalisator mangan oksida (batu kawi).    Untuk membuat oksigen dalam skala besar dapat diperoleh dari destilasi bertingkat udara cair. Untuk membuat gas oksigen dalam skala kecil di laboratorium dapat dilakukan dengan cara antara lain: a.

Elektrolisis air yang diberi asam sulfat H2SO4 2H2O (l) ¾elektrolisis H2 (g) + O2 (g) • d. Memanaskan barium peroksida BaO2 BaO2(s) ¾800¾ 2BaO(s) + O2 (g) .Menguraikan hidrogen peroksida H2O2 dengan MnO2 sebagai katalis H2O2 (l) ¾MnO2 H2O (l) + O2 (g) • c.• b.

.

Manfaat Oksigen • Fotosintesis Di alam. sedangkan sisanya dihasilkan oleh tumbuhan daratan. Persamaan kimia yang sederhana untuk fotosintesis adalah: 6CO2 + 6H2O + foton → C6H12O6 + 6O2 . Gangganghijau dan sianobakteri di lingkungan lautan menghasilkan sekitar 70% oksigen bebas yang dihasilkan di bumi. oksigen bebas dihasilkan dari fotolisis air selama fotosintesis oksigenik.

• Dalam industri.• Hewan dan manusia membutuhkan oksigen untuk pernafasan. Industri pengolahan air minum dalam kemasan juga menyucihamakan produknya dengan menggunakan senyawa ozon ini. . ozon digunakan sebagai bahan pemutih dan pembunuh mikroorganisme. • Gas oksigen digunakan dalam pengolahan besi menjadi baja di tanur terbuka (Tanur Oksigen).

kalium superoksida digunakan untuk menghilangkan gas karbon dioksida hasil pernafasan para kru kapal selam. Di antaranya ialah untuk perawatan kulit terbakar.  .  Dalam sistem tertutup pada kapal selam.Ozon digunakan dalam bidang pengobatan untuk mengobati pasien dengan cara terawasi dan mempunyai penggunaan yang meluas seperti di Jerman.

maka akan bersifat berbahaya karena oksigen bersifat radikal bebas.Bahaya Oksigen Bila kadarnya terlalu tinggi. Mudah menimbulkan kebakaran dan ledakan. Radikal bebas merupakan salah satu faktor pencetus terjadinya kanker. Terdapat bahaya lain dari oksigen diantaranya adalah:  a. jika bereaksi dengan bahan bakar atau zat yang mudah terbakar. .

 . Berbahaya jika menghirup Oksigen murni dalam jumlah besar.b.  c. Dalam bentuk cairan jika terkena kulit dapat menyebabkan terbakar hebat dan kerusakan jaringan badan.

dll. biasanya merupakan oksida non-logam. Misalnya: SO3.Senyawa-Senyawa Oksigen SENYAWA OKSIDA 1) Oksida asam. biasanya merupakan oksida logam. CO2. adalah suatu oksida yang dengan air akan membentuk asam. adalah suatu oksida yang dengan air akan membentuk basa. 2) Oksida basa. BaO(s ) + H2O(l) → Ba(OH)2(aq) .

NO. N2O. merupakan campuran dari oksida sederhana. adalah suatu oksida yang dapat bereaksi dengan asam maupun basa. Misalanya: Pb3O4 merupakan campuran dari dua bagian PbO dan satu bagian PbO2. . Misalanya : H2O. adalah suatu oksida yang tidak bereaksi dengan asam maupun basa.(aq)+ H2O (l)→ [Zn(OH)4]2-(aq) 4) Oksida netral.3) Oksida amfoter. Contoh jika bereaksi dengan :  Bereaksi dengan asam : ZnO(s) + 2H3O+ (aq)→ Zn2+ (aq)+ 3H2O (l)  Bereaksi dengan basa : ZnO(s) + 2OH. CO 5) Oksida campuran.

BaO2. RbO2.H2O2. Misalnya.SENYAWA PEROKSIDA Peroksida adalah senyawa oksida yang memiliki bilangan oksidasi -1. . . CsO2. Senyawa peroksida yang banyak digunakan adalah hidrogen peroksida. Na2O2. H2O2. SENYAWA SUPEROKSIDA Senyawa oksida yang memeiliki bilangan oksida -1/2. K2O2. Misalnya.

9% volume atmosfer bumi.Kelimpahan Oksigen Oksigen merupakan unsur paling melimpah ketiga di alam semesta berdasarkan massa dan unsur paling melimpah di kerak Bumi.  Oksigen ternyata hanya 21% dari keseluruhan atmosfer bumi.  . Gas oksigen diatomik mengisi 20.

064 . 6 Massa atom : 32. Titik didih : 445°C Titik leleh : 119°C Tingkat oksidasi : ± 2.Sifat Fisik dan Kimia Belerang merupakan padatan rapuh yang memiliki warna kuning pucat. 4. cair ataupun padat. Berbagai bentuk dari unsur belerang baik berupa gas. tidak larut dalam air tapi mudah larut dalam karbon disulfida (CS2).

.

Proses Pembuatan Belerang Ada 2 cara untuk membuat belerang : a. . Kemudian udara di bawah tekanan ditiupkan melalui pipa paling dalam. Proses Frasch Tiga buah pipa yang konsentris ditanamkan ke dalam endapan belerang. Air panas dengan suhu 165°C dan dibawah tekanan dilewatkan dalam pipa dimasukkan ke dalam pipa terluar. Keadaan ini memaksa belerang cair ke permukaan melalui pipa tengah. Melalui cara ini didapatkan belerang dengan tingkat kemurnian 99% . dan oleh suhu yang setinggi ini belerang menjadi mencair.

. Proses Claus Hydrogen sulfide diekstrak dari gas alam dengan cara penggelembungan gas melalui etanolamin. Berikut adalah reaksi yang terjadi dalam pembuatan belerang dengan proses Clause : H2S(g) + 3/2 O2(g) --> SO2(g) + H2O(g) Ini dapat digunakan secara langsung untuk pembuatan asam sulfat atau dikonversi lagi menjadi unsur belerang melalui reaksi dengan H2S. yang saling menguatkan sehingga memberikan pola sinar X yang normal. Proses Clause sangat mengurangi pencemaran dari pembakaran gas alam dan minyak bumi.Belerang dengan kemurnian 99. Kristal belerang diduga terdiri dari bentuk cincin dengan delapan atom belerang. yang memiliki sifat logam. Berikut reaksinya : SO2(g) + H2O(g) --> 3S(l) + 2H2O (l) Pada tahun 1975. Studi dengan sinar X menunjukkan bahwa belerang amorf memiliki struktur helik dengan delapan atom pada setiap spiralnya. meski tidak mengandung atom logam sama sekali. ahli kimia dari Universitas Pensilvania melaporkan pembuatan polimer belerang nitrida.999+% sudah tersedia secara komersial.b. Belerang amorf atau belerang plastik diperoleh dengan pendinginan dari kristal secara mendadak dan cepat. HOCH2CH2NH2 suatu pelarut basa organic. Zat ini memiliki sifat elektris dan optik yang tidak biasa.

Aplikasi atau Penggunaan Belerang Bahan pengisi Aki Komponen serbuk mesiu Bahan dasar pupuk Bahan dasar fungisida Bahan dasar obat Bahan kosmetik Unsur penting dalam tubuh manusia sebagai gugus yang berikatan dengan lemak (unsur makro nutrien) .

Gas solfatara yang mengandung oksida belerang (SO2 dan SO3) dalam konsentrasi tinggi sangat beracun bagi tubuh manusia dan dapat menyebabkan kematian. karena adanya zat (SO2) pada atmosfer yang ikut dalam tetesan air hujan. Sifat belerang yang sukar larut dalam air akan menjadi berbahaya bagi lingkungan jika dalam jumlah yang banyak dan konsentrasi yang tinggi karena akan sukar terurai.Dampak Buruk Belarang Menyebabkan hujan asam yang bersifat korosif. .

biasanya belerang yang berada di sekitar kawah gunung berbentuk padatan ataupun bercampur dalam air kawah yang berwarna kuning sampai kuning ke merahan. .Kelimpahan Unsur Belerang Belerang dapat mudah kita jumpai di sekitar gunung berapi yang masih aktif yang biasanya dalam fase istirahat.

Selenium bisa didapatkan baik dalam struktur amorf maupun kristal. Sedangkan selenium kristal heksagonal.Selenium (Se)  Selenium berada dalam beberapa bentuk allotrop. Selenium amorf bisa berwarna merah (bentuk serbuk) atau hitam (dalam bentuk seperti kaca). walaupun hanya dikenal tiga bentuk. yang merupakan jenis paling stabil. Selenium kristal monoklinik berwarna merah tua. berwarna abu-abu metalik. .

.

dan sifat fotokonduktif. . selenium adalah semikonduktor tipe p dan memiliki banyak kegunaan dalam penerapan elektronik . seperti sel matahari. dan reaksi fisiologisnya menyerupai arsen.  Selenium menunjukkan sifat fotovoltaik. Namun asam selenida dan senyawa selenium lainnya adalah racun. yakni menunjukkan penurunan hambatan listrik dengan meningkatnya cahaya dari luar (menjadi penghantar listrik ketika terpapar cahaya dengan energi yang cukup). Di bawah titik cairnya. yakni mengubah cahaya menjadi listrik. dan menjadi kebutuhan unsur yang penting dalam jumlah sedikit. Selenium telah dikatakan non toksik. Sifat-sifat ini membuat selenium sangat berguna dalam produksi fotosel dan exposuremeter untuk tujuan fotografi.

Juga digunakan oleh industri kaca untuk mengawawarnakan kaca dan untuk membuat kaca dan lapisan email gigi yang berwarna rubi. . Juga digunakan sebagai tinta fotografi dan sebagai bahan tambahan baja tahan karat. surat dan lain-lain.Keguanaan Selenium Selenium digunakan dalam xerografi untuk memperbanyak salinan dokumen.

Bahaya Selenium Asam selenida (salah satu senyawa selenium) pada konsentrasi 1. Selenium dalam keadaan padat. Terpapar dengan senyawa selenium di udara tidak boleh melebihi kadar 0. dalam jumlah yang cukup dalam tanah.5 ppm tidak boleh ada dalam tubuh manusia.2 mg/m3 (selama 8 jam kerja perhari-40 jam seminggu) . dapat memberikan dampak yang fatal pada tanaman pakan hewan.

Beberapa tahun yang lalu. . Sekarang selenium di seluruh dunia dihasilkan dari pemurnian kembali logam anoda dari proses elektrolisis tembaga. selenium didapatkan dari debu cerobong asap yang tersisa dari proses bijih tembaga sulfida.Kelimpahan Unsur Selenium Selenium ditemukan dalam beberapa mineral yang cukup langka seperti kruksit dan klausthalit.

Pembuatan Selenium Selenium diperoleh dari memanggang endapan hasil elektrolisis dengan soda atau asam sulfat. . atau dengan meleburkan endapan tersebut dengan soda dan niter (mineral yang mengandung kalium nitrat).

dan pada konsentrasi ini telurium memiliki bau khas yang menyerupai bau bawang putih. Telurium di alam hanya terdiri dari delapan isotop.01 mg/m3.  Telurium dan senyawanya kemungkinan beracun dan harus ditangani dengan hati-hati. Telurium ditemukan oleh Muller von Reichenstein pada tahun 1782. dengan massa atom berkisar antara 108 hingga 137. yang telah mengisolasinya pada tahun 1798  Ada 30 isotop telurium yang telah dikenali. diberi nama oleh Klaproth. Hanya boleh terpapar dengan telurium dengan konsentrasi serendah 0. . atau lebih rendah.

konduktivitas sedikit meningkat ketika terkena cahaya (fotokonduktivitas). yang terdiri dari zig-zag rantai atom Te.51oC) Titik didih 1261(998oC) Kalor peleburan (mono)17. Telurium adalah semikonduktor tipe-p yang menunjukkan konduktivitas listrik yang lebih besar dalam arah tertentu tergantung pada penyelarasan atom. Telurium adalah putih keperakan dan ketika dalam keadaan murni           memiliki kilau metalik.K) . Ketika dalam keadaan cair nya. Amorf telurium ditemukan oleh pengendapan dari larutan atau asam tellurous telurik ( Te(OH)6 ).73 J/(mol. Bahan ini tahan oksidasi abu-abu dengan udara dan terbang.66 K(448.48 kJ/mol Kalor penguapan (mono) 114. telurium adalah korosif terhadap tembaga. fase Solid Massa jenis 6.96 g/cm3 Titik lebur 722. besi dan stainless steel.24 g/cm3 Massa jenis (dalam cairan) 1.1 kJ/mol Kapasitas kalor (25oC)25. Telurium mengadopsi struktur polimer.

.

Reaksinya yaitu: Te + 3 F2 → TeF6 Tellurium heksafluorida adalah gas tidak berwarna yang sangat beracun dengan bau seperti bawang putih. . dibentuk melalui pemanasan telurium dengan seng . Te + 2 Cl2 → TeCl4 Telurium tetraklorida adalah senyawa anorganik mudah menguap pada 200 ° C pada tekanan 0.1 mm Hg. contohnya seng telurida (ZnTe). Reaksi antara tellurium dengan gas klor menghasilkan tellurium tetraklorida. Reaksinya yaitu: ZnTe + 2 HCl → ZnCl2 + H2Te  Halida Telurium heksafluorida paling sering dibuat dengan mereaksikan gas fluorin dengan telurium pada 150 ° C. Zn + Te → ZnTe ZnTe dapat bereaksi dengan asam klorida menghasilkan hidrogen telurida (H2Te). Tellurium juga dapat membentuk tetrahalida lainnya yaitu TeI4. dan TeBr4 dengan biloks +4. Telurida Telurida merupakan senyawa tellurium dimana telurium memiliki bilangan oksidasi -2.

TeO2 + H2O → H2TeO3 . menyebabkan telurium terbakar dengan nyala biru. Senyawa dengan oksigen Telurium dioksida terbentuk dengan memanaskan telurium di udara. Te + O2 → TeO2 Telurium dioksida bereaksi dengan air yang membentuk asam tellurous (H2TeO3).

misalnya pada H2Te. . • Kovalen koordinasi Kovalen koordinasi adalah ikatan antar atom-atom diamana pasangan elektron yang dipakai bersama oleh dua atom hanya berasal dari satu atom saja .Jenis Ikatan dengan Unsur Lain • Ikatan kovalen polar Ikatan kovalen polar adalah ikatan yang dibentuk oleh atom-atom yang beda keelektronegatifan. Misalnya pada rantai TeO2. • Ikatan kovalen nonpolar Ikatan kovalen polar adalah ikatan yang dibentuk oleh atom-atom yang keelektronegatifan yang hampir sama dan strukturnya berbentuk simetris. strukturnya berbentuk tidak simetris . Misalnya pada TeF6 .

Ion logam direduksi menjadi logam. Au). Ini adalah komponen dari debu ledakan tungku dari pemurnian timah. M2Te + O2 + Na2CO3 → Na2TeO3 + 2 M + CO2 .45 kg) telurium. sementara Telluride diubah menjadi tellurite natrium. Ag. • Deposisi anoda berisi selenides dan tellurides dari logam mulia dalam senyawa dengan rumus M2Se atau M2Te (M = Cu.Pembuatan Unsur Telurium • Sumber utama telurium adalah dari lumpur anoda dihasilkan selama pemurnian secara elektrolisa tembaga dari lecet. Pada suhu 500 ° C anoda lumpur dipanggang dengan karbonat natrium di bawah udara. 500 ton bijih tembaga pengobatan biasanya memproduksi satu pon (0.

HTeO3. Selenites juga terbentuk selama proses ini.+ H2SO4 → TeO2 + 2 SO42− + 2 H2O • Pengurangan dengan logam dilakukan baik oleh elektrolisis atau dengan reaksi dioksida telurium dengan belerang dioksida dalam asam sulfat. TeO2 + 2 SO2 + 2H2O → Te + SO42− + 4 H+ .+ OH.• Tellurites bisa kehabisan campuran dengan air dan biasanya hadir sebagai hydrotellurites HTeO3-dalam larutan. tetapi mereka dapat dipisahkan dengan menambahkan asam sulfat. Telurium hydrotellurites dioksida dikonversi menjadi larut sementara selenites tinggal dalam larutan.

dan juga memperbaiki kekuatan dan kekerasannya • Telurium dapat digunakan untuk mengvulkanisir karet .Kegunaan Telurium • Telurium digunakan dalam tellurida kadmium (CdTe) sebagai panel surya • Telurium memperbaiki kemampuan tembaga dan baja agar tahan terhadap karat • Penambahan telurium pada timbal dapat mengurangi reaksi korosi timbal oleh asam sulfat.

• Tellurite agar-agar digunakan untuk mengidentifikasi anggota genus Corynebacterium. • Chalcogenide gelas banyak digunakan untuk campuran selenium dan telurium digunakan dengan barium peroksida sebagai oksidan dalam penundaan bubuk tutup peledak listrik. . • Organik tellurides telah dipekerjakan sebagai inisiator untuk hidup polimerisasi radikal dan elektron kaya mono dan di tellurides memiliki aktivitas antioksidan.• Metalurgi • Digunakan untuk warna keramik. patogen yang bertanggung jawab atas difteri. Corynebacterium diphtheriae sebagian besar biasanya. perbaikan refraksi optik pada penambahan selenides dan tellurides ke dalam gelas yang digunakan dalam produksi serat gelas untuk telekomunikasi.

 Warna polonium keperakan.Polonium (Po)  Polonium adalah unsur alam yang sangat jarang.2% dari radium. . Ketersediaan polonium hanya 0.  memiliki sifat kimia yang mirip dengan telurium dan bismut. Bijih uranium hanya mengandung sekitar 100 mikrogram unsur polonium per tonnya.

.

polonium digunakan dalam alat yang mengionisasi udara untuk menghilangkan kumpulan arus elektrostatis  Ketika campuran atau paduan dengan berilium.Kegunaan Polonium  Dalam percetakan dan alat photografi. polonium bisa menjadi sumber neutron .

• Makanan Polonium juga ditemukan dalam rantai makanan. Zat ini lantas diserap melalui akar dan disimpan dalam jaringan tanaman.Produk yang Mengandung Polonium • Tembakau Polonium terkandung dalam pupuk yang digunakan pada pertanian tembakau. terutama di laut. .

sebuah material radioaktif yang memancarkan partikel berbahaya bernama partikel alfa.Bahaya Polonium • Substansi radioaktif dalam rokok Substansi radioaktif yang ditemukan di rokok adalah polonium-210. .

Matur Nuwun .

Masa jenis Telurium dalam fase solid dan cairan berbeda?) Dana (mengobati pasien dalam cara terawasi) Aya (selenium bersifat fatal kenapa? Ozon bisa mengobati luka bakar. cara mendapatkan ozon?) .Question ??? Fikih (kenapa polonium sifat kimia mirip dengan bismuth? Senyawa oksigen dapat menghilangkan karbon dioksida?) Andre ( oksigen murni dalam jumlah banyak bahaya. dan cara membedakan.

Dibawah ini manfaat dari belerang.. Down d.Pertanyaan 1.. Bahan pengawet makanan kalengan d. a. Bahan campuran kosmetik .. Bahan obat-obatan b. Cause c. Clause 2. kecuali. Bahan dasar fungisida c.. Apakah nama dari cara pembuatan belerang? a. Harber-Bosch b.

unsur apakah yang memiliki sifat sama dengan Tellurium ? a. Oksigen b. Salah satu dari sifat tellurium adalah fotokonduktif. Sulfur c.3. Biru . Polonium 4. Selenium d. Abu-abu d. Putih b. Kuning c. Apa warna nyala dari tellurium? a.

proses harber bosch . destilasi bertingkat b. pengendapan udara pada katode d. Bagaimana cara mendapatkan oksigen cair? a. hijau d. penyaringan melalui katup c. tak berwarna 6. biru b.5. kuning c. Apa warna oksigen pada suhu kamar? a.

7. Ada dimana bahaya dari unsur polonium yang sering kita temui? a. polonium -202 c. Jenis polonium apa yang berbahaya dan ada disekitar kita? a. cat b. polonium -201 b. rokok d. makanan kaleng c. polonium -204 . polonium -203 d. bahan tekstil 8.

6 ppm d. hitam b.9. abu-abu metalik 10. merah d.5 ppm c. 1.4 ppm b.7 ppm . merah tua c. 1. 1. 1. Pada konsentrasi berapa polonium tidak boleh ada dalam tubuh manusia? a. Selenium kristal monoklinik berwarna apa? a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful