VITAMIN LARUT LEMAK (A,D,E,K

)

hewan. Vitamin dapat diperoleh dari tanaman. isolasi dan sintesis .Vitamin merupakan biokatalis yang digunakan : Untuk pertumbuhan normal pemeliharaan kehidupan Pengaturan proses metabolisme dalam tubuh manusia dan hewan.

tetapi sangat essensial untuk pengaturan proses-proses metabolisme. dipekatkan lalu dimurnikan.  Ex : Tiamin.  Untuk dapat digunakan sebagai bahan obat harus diisolasi dahulu. . Vitamin tidak menghasilkan energi dan tidak digunakan untuk penyusun tubuh organisme. niasin. dan riboflavin adalah bagian dari suatu sistem enzim dan masing-masing mempunyai aktivitas katalitis yang berbeda.

terutama kelompok vitamin yang larut dalam lemak.  Kebutuhan vitamin bagi tubuh tergantung dari beberapa faktor antara lain : usia. Kekurangan vitamin dapat menimbulkan gejalagejala yang khas misalnya gejala rabun senja penyakit beri-beri radang lidah dan radang bibir  Pada umumnya toksisitas vitamin rendah sekali. jenis kelamin dan susunan makanan sehari-hari. .

vitamin ada 2 kelompok: 1. Kelompok yang larut dalam lemak : Vitamin A.Menurut sifat daya larutnya. Kelompok yang larut dalam air: vitamin B dan C 2. E dan K . D.

Uraian singkat masing-masing vitamin : Vitamin A (Retinol)     Vitamin A. Vitamin A mempunyai rumus struktur sebagai berikut : 3HC CH3 CH3 CH3 CH=CH-C=CH-CH=CH-C=CH-CH2OH CH3 . dan isomernya yang terdapat di alam yaitu neovitamin A (5-cisvitamin A) Berfungsi untuk sintesa rodopsin yang berguna untuk mata. Kebutuhan tubuh 1000 – 4000 IU sehari. suatu vitamin anti infeksi dan anti seroftalmia. defisiensi sering terjadi. Vitamin A berbentuk prisma yang berwarna kuning dengan titik lebur 62oC-64oC dan absorbsi maksimum 324-325 milimikron.

Fungsi biologis dari vitamin A :  Mempunyai daya khas mencegah dan menyembuhkan seroftalmia dan nuctalopia.  Mencegah hiperkeratosis dari kulit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A  Mempercepat pertumbuhan dan perkembangan yang lambat yang disebabkan karena kekurangan vitamin A  Memperbesar daya tahan tubuh terhadap infeksi. .

bayi 1500 unit.KEBUTUHAN VITAMIN A Kebutuhan vitamin sehari orang dewasa 5000 unit Ibu yang sedang hamil dan menyusui 6000-8000 unit Anak-anak 2000-5000 unit. .

 Sumber vitamin D : minyak ikan. yaitu terdapat pada minyak ikan dan dibentuk dalam kulit manusia dan binatang bila kena cahaya matahari langsung. di samping itu paling sedikit ada 10 provitamin D yang telah diketahui. kalsiferol)  Vitamin D merupakan vitamin anti rakhitis yang terdapat dalam beberapa bentuk. dan hati. kuning telur.  Empat diantaranya ( disebut vitamin D) sudah dapat diisolasi dalam bentuk kristal.  Fungsi vitamin D sebagai pengatur metabolisme kalsium dan fosfat. .Vitamin D (Ergokalsiferol. susu.  Vitamin D yang terdapat di alam.

Fungsi Biologis Vitamin D  Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan fosfat. . osteomalacia pada orang dewasa disebabkan oleh kekuranganvitamin D.  Penyakit rickets pada anak-anak.  Vitamin D penting untuk pertumbuhan dan memelihara tulang dan gigi agar tetap kuat.

. Klebihan vitamin D dlam waktu yang lama dapat menyebabkan keracunan.Kebutuhan Vitamin D Ibu hamil dan menyusui 400 unit (10 mcg) Orang dewasa hanya membutuhkan sedikit vitamin D dalam makanannya.

Satu unit internasional equivalen dengan 1 mg tokoferol asetat rasemia murni. kuning talur. dan sayur-sayuran. Zat tersebut terdiri dari α. ragi. . dimana α-tokoferol adalah paling paten. seperti minyak jagung. γ dan δ-tokoferol. hati. β. padi-padian.  Terdapat dalam nabati.Vitamin E ( Alfa tokoferol)  Nama vitamin E diberikan kepada sekumpulan zat yang mempunyai fungsi biologis sama.  Tokoferol digunakan sebagai stabilisator untuk sediaan vitamin A. kedelai dan bunga matahari.

senyawa-senyawa tokoferol harus selalu ada dalam makanan sehari-sehari.Beberapa penyelidik melaporkan bahwa untuk penggunaan yang tepat dari vitamin A.  Menurut pendapat lain kebutuhan vitamin A perhari berbanding langsung dengan jumlah vitamin E dalam makanan sehari-hari. .

. minyak nabati dan dapat disintesis oleh flora usus.Vitamin K (fitomenadion) Terdapat dalam sayur-mayur. Fungsinya sebagai kofaktor essensial dari sistem enzim yang mensintesa faktor pembekuan darah Vitamin K merupakan faktor yang diperlukan untuk membentuk protrombin di dalam hati.

. jaundice. Kegunaan khusus dari vitamin K ialah untuk mencegah penyakit hemoragia pada bayi-bayi yang baru lahir.Kekurangan vitamin K karena tidak cukupnya absorpsi usus. mencret karena penggunaan laksativa yang berlebihan. oleh karena adanya obstruksi.

. karena vitamin K dapat dibentuk oleh mikroorganisme di dalam usus. maka wajar untuk disimpulkan bahwa kebutuhan manusia akan vitamin K tidak tergantung dari makanan.Defisiensi vitamin K Biasanya defisiensi vitamin K jarang disebabkan karena makanan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful