ABDUL GHOFUR, MT

PROGRAM STUDI S-1 MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

MESIN BUBUT A. Pengertian Mesin Bubut

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

satunya untuk menyokong bagian atas benda kerja dan satunya lagi berhadapan dengan letak pahat. penyangga sering juga dinamakan “Kacamata” . Kerja penyangga jalan adalah menahan benda kerja agar tidak melengkung dan tidak bergetar karena adanya tekanan pahat yang menyayat. Penyangga jalan fungsinya sama hanya perbedaannya bahwa penyangga jalan pemasangannya pada eretan dan ikut bergerak Sepanjang jalannya pahat pada alas mesin. bagian yang disokong harus diberi minyak pelumas untuk mengurangi gesekan dan melancarkan putaran benda kerja. alat ml mempunyai 2 buah penyokong.dan jika terlalu longgar akan bergetar.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

. pompa tidak boleh bekerja dalam keadaan kering (banyaknya cairan pendingin harud memadai. mesin jangan dibiarkan berjalan tanpa pengawasan. diadakan pembersihan dan penggantian minyak pelumas. bahan pelumas harus cukp. jika ada pendinginan dengan pompa. kecepatan mesin. setelah akhir pekerjaan semua bidang yang mengkilat harus bersihkan dengan cairan pembersih kemudian harus dikeringkan dan dibubuhi minyak yang cocok. saringan dibersihkan. jenis pahat harus disesuaikan dengan besarnya dan bahan benda kerja. penghentian mesin dengan segera jika timbul hambatan bagaimana kecilnya pemberian bahan pelumas harus dilakukan sesuai dengan jadwal pelumasan mesin. fungsi segala              macam unsur pelayanan pengujian fungsi seluruh unsur pelayanan. saluran tidak boleh ditekuk).Aturan aturan umum untuk perawatan dan pemeliharaan adalah sebagai berikut:  sebelum pengoperasian harus sudah diketahul dengan jelas dan tanpa keraguan. serpihan logam dan cedera mekanis jika tidak dapat terjadi hubungan singkat. poros ulir harus dibersihkan secara lebih cermat. perkakas-perkakas tidak boleh berserakan didekat operator. penyingkiran beram-beram (kotoran) benda kerja basil pembubutan haruss dilakukan dengan sebaik mungkin. kelengkapan listrik harus terlindung dan kelembaban. V jalur penuntun dan lis penuntun haruss disetel demikian sehingga eretan dapat bergeser sepanjang lintasan tanpa kelonggaran. harus diperiksa apakah spindel (handel) berjalan dengan baik tanpa goyahan.

rambut yang panjang harus dicukur pendek. jangan melakukan pengukuran dengan alat pengukur pada benda kerja sewaktu benda kerja dalam keadaan berputar. benda kerja dan cekam yang sedang bergerak tidak boleh disentuh dengan tangan.  penyingkiran beram harus dilakukan dengan alat khusus tidak boleh dilakukan dengan           tangan telanjang. Dan yapg lebih penting pula adalah pencegahan kecelakaan sewaktu’ operator bekerja dengan mesin bubut. pencekam cakra. lengan baju yang panjang hams digulung sampai di atas siku. pembubutan dalam tidak boleh dibersihkan beramnya dalam keadaan mesin masih berputar. perlengkapan perlindungan mesin boleh dibuka hanya pada waktu mesin sudah mati (tidak berjalan). tidak boleh lupa harus mencabut kunci-kunci. waktu bekerja operator tidak boleh bergurau dan bekerja Secara sembrono (seenaknya). luka-luka kecil harus diperhatikan dan dirawat. tidak boleh terlalu banyak menjulur keluar. . pakaian kerja dan kacamata pengaman harus dikenakan sewaktu bekerja dengan mesin. cincin dan jam tangan harus dilepas swaktu bekerja. pencegahan pada umumnya sebagai berikut: sabuk (puli) yang sedang berjalan tidak boleh dipasang dengan tangan telanjang. tidak boleh melakukan pekerjaan reparasi pada sedang berjalan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful