TANAH LONGSOR

Jika air tersebut menembus sampai tanah kedap air yang berperan sebagai bidang gelincir. bahan rombakan. bergerak ke bawah atau keluar lereng. maka tanah menjadi licin dan tanah pelapukan di atasnya akan bergerak mengikuti lereng dan keluar lereng. .  air yang meresap ke dalam tanah akan menambah bobot tanah.PENGERTIAN TANAH LONGSOR  Tanah Longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan. tanah. atau material campuran tersebut.

1. . Longsoran rotasi adalah bergerak-nya massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk cekung.Longsoran Translasi bergeraknya massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk rata atau menggelombang landai.JENIS TANAH LONGSOR  Ada 6 jenis tanah longsor.

. Runtuhan Batu Runtuhan batu terjadi ketika sejumlah besar batuan atau material lain bergerak ke bawah dengan cara jatuh bebas pada lereng yang terjal hingga menggantung terutama di daerah pantai. 4.Pergerakan Blok Pergerakan blok adalah perpindahan batuan yang bergerak pada bidang gelincir berbentuk rata. Longsoran ini disebut juga longsoran translasi blok batu.3.

volume dan tekanan air. Jenis tanahnya berupa butiran kasar dan halus dan hampir tidak dapat dikenali. Gerakannya terjadi di sepanjang lembah dan mampu mencapai ratusan meter jauhnya. Di beberapa tempat bisa sampai ribuan meter seperti di daerah aliran sungai di sekitar gunungapi. Rayapan Tanah Jenis tanah longsor yang bergerak lambat. . Aliran Bahan Rombakan Terjadi ketika massa tanah bergerak didorong oleh air.5. Kecepatan aliran tergantung pada kemiringan lereng. atau rumah miring ke bawah. 6. pohon. dan jenis materialnya. Longsor jenis rayapan ini bisa menyebabkan tiang-tiang telepon.

Timbunan pada lereng 12. Jenis tata lahan 6. Tanah kurang padat dan tebal 4.FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TANAH LONGSOR 1. Diskontinyuitas 13.Hujan 2. Getaran 7. Beban tambahan 8. Batuan kurang kuat 5. Lereng terjal 3. Bekas timbunan lama 11. Susut air waduk 10. Penggundulan hutan . Pengikisan karena erosi 9.

.

Runtuh (Falls) Meluncur (Slide) • Rotasi • Translasi – Sedikit (bongkah) – Banyak Menyebar secara lateral (Lateral Spread Mengalir (Flow) Kompleks . 2.TIPE GERAKAN TANAH 1. 4. 5. 3.

TIPE GERAKAN TANAH SLIDE(Luncuran) CREEP (Rayapan) SLUMP (Longsoran) TOPPLE (ambrukan) FALL (jatuhan) FLOW (aliran) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful