You are on page 1of 29

Biohidrogen

Oleh:

Verdiana Zahroh (2311100038)
Fritz Adhinata (2311100041) Cintya Fitriani (2311100043)

Pendahuluan
Laju pertumbuhan penduduk, tingkat ekonomi, dan perkembangan teknologi meningkat Membutuhkan energi yg sangat besar Bahan bakar fosil menipis Energi alternatif (Renewable energy) Krisis energi, kerusakan lingkungan, Biohidrogen perubahan iklim global

Materi:  Pengertian Biohidrogen  Kelebihan Biohidrogen dibanding sumber energi lain  Biochemical pathway dari glukosa ke H2 .

hidrogen tidak berwarna. bersifat non-logam. bervalensi tunggal.Apa itu Hidrogen?  Hidrogen (dari bahasa Yunani: hydro: air. tidak berbau. genes: membentuk) adalah unsur kimia pada tabel periodik yang memiliki simbol H dan nomor atom 1  Pada suhu dan tekanan standar. dan merupakan gas diatomik yang sangat mudah terbakar  Hidrogen adalah unsur yang paling melimpah dengan presentase kira-kira 75% dari total massa unsur alam semesta .

Pengertian Biohidrogen  Biohidrogen adalah hidrogen yang diproduksi melalui proses biologis atau dari biomassa  Hidrogen bukanlah sumber energi (energy source) melainkan pembawa energi (energy carrier). artinya hidrogen tidak tersedia bebas di alam atau dapat ditambang layaknya sumber energi fosil.  Hidrogen harus diproduksi .

86 kJ/g .Kelebihan Hidrogen Bersih : karena hasil dari proses pembakarannya adalah air dan energi Melimpah: banyak terdapat di air dan hidrokarbon Hidrogen Transportable dan storable : hidrogen dapat dialirkan ke rumahrumah dan ke stasiun pengisian dengan cepat Heating value hidrogen sangat tinggi: sekitar 119.93 kJ/g sampai 141.

Biaya produksi relatif lebih rendah karena hanya menggunakan mikroba (yang menghasilkan enzim) 2. Sumber dari biohidrogen adalah biomassa yang banyak terdapat di alam . Ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas buang (emisi yang dihasilkan hanya air) 3.Kelebihan Menggunakan Biohidrogen 1.

. 2. Infrastruktur yang ada saat ini belum dibuat untuk mengakomodasi bahan bakar hidrogen.Kelemahan Biohidrogen 1. Enzim hidrogenase yang berperan dalam produksi hidrogen tidak aktif dengan adanya oksigen.

Hasil Pembakaran Hidrogen  2 H2(g) + O2(g) → 2 H2O(l) + 572 kJ  Sehingga 1 mol gas hidrogen menghasilkan 286 kJ http://id.org/wiki/Hidrogen .wikipedia.

hidrogen lebih dapat disimpan per volume. Ir. tetapi tangki ini harus sangat kuat (sekitar 5000 Psi) Liquid hydrogen: Hidrogen dapat disimpan sebagai cairan. Dalam bentuk ini.Penyimpanan Hidrogen    High-pressure storage tanks: Gas hidrogen dapat dikompresi dan disimpan di tangki penyimpanan pada tekanan tinggi. yang dapat menyimpan lebih efisien daripada High-pressure storage tanks (logam Iridium. tetapi harus disimpan pada suhu sangat dingin (sekitar -253° C) Metal hydrides: Hidrogen dapat direaksikan dengan beberapa logam. nomor atom 77) .

Tabel Heating Value Beberapa Jenis Bahan Bakar .

Cara Pembuatan Biohidrogen Hidrogen Air Biomassa Bahan bakar fosil Steam Reforming Gasifikasi Batubara Elektrolisis Biolog is Kimia Biohidrogen .

Proses Biologis Biologis Direct Biophotolysis Indirect Biophotolysis Dark Fermentation Photo Fermentation .

Direct Biophotolysis dan Indirect Biophotolysis memanfaatkan air (bahan utamanya air) .

Direct Biophotolysis  Produksi hidrogen biofotolisis langsung adalah proses biologis menggunakan sistem fotosintesis mikroalga (cyanobacteria) untuk mengubah energi matahari menjadi energi kimia dalam bentuk hidrogen :  2H2O Cahaya matahari 2H2 + O2 .

produk dari fotosintesis ini harus dipisahkan (H2 dan O2) . Elektron ditransfer ke feredoksin menggunakan energi cahaya yang diserap PS I. Energi cahaya diserap oleh PS II yang menghasilkan elektron yang ditransfer ke feredoksin. Karena enzim hidrogenase sensitif terhadap O2.Direct Biophotolysis H2O dioksidasi dan membentuk O2 oleh cyanobacteria. Enzim hidrogenase menangkap elektron langsung dari feredoksin untuk membentuk H2.

Cyanobacteria digunakan untuk menghasilkan hidrogen melalui reaksi berikut : 12H2O + 6CO2 Cahaya matahari C6H12O6 + 6O2 C6H12O6 + 12H2O 12H2 + 6CO2 . Fermentasi aerobik menghasilkan 12 mol hidrogen/mol glukosa pada sel alga  Pada biofotolisis tidak langsung.Indirect Biophotolysis  Menurut Gaudermark. a. konsep dari biofotolisis tak langsung meliputi dua tahap. Produksi biomassa oleh fotosintesis b.

Indirect Biophotolysis .

Dark Fermentation dan Photo Fermentation memanfaatkan glukosa (bahan utamanya glukosa) Bisa didapatkan dari Selulosa .

sebuah polisakarida yang terdiri dari rantai linier dari beberapa ratus hingga lebih dari sepuluh ribu ikatan β(1→4) unit D-glukosa.Selulosa  Selulosa merupakan senyawa organik dengan rumus (C6H10O5)n. Struktur selulosa .

suatu gula monosakarida . terutama pada industri pangan. 3D Struktur glukosa . Glukosa merupakan salah satu hasil utama fotosintesis dan awal bagi respirasi. adalah salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai sumber tenaga bagi hewan dan tumbuhan.Glukosa  Glukosa. Bentuk alami (D-glukosa) disebut juga dekstrosa.

Proses Pemecahan Selulosa menjadi Glukosa SELULOSA SELOBIOSA (DISAKARIDA) Hidrolisis oleh enzim selulase GLUKOSA (MONOSAKARIDA) .

yaitu: selulosa dan hemiselulosa menjadi monomer gula penyusunnya.Proses Pemecahan Selulosa menjadi Glukosa Hidrolisis meliputi proses pemecahan polisakarida di dalam biomassa lignoselulosa. Hidrolisis sempurna selulosa menghasilkan glukosa. sedangkan hemiselulosa menghasilkan beberapa monomer gula pentosa (C5) dan heksosa (C6). .

Dark Fermentation  Fermentasi gelap adalah jenis fermentasi yang tidak memerlukan cahaya matahari.  Pembuatan hidrogen dengan dark fermentation dari senyawa-senyawa organik dibantu oleh mikroorganisme anaerob yang ditumbuhkan di dalam substrat yang kaya karbohidrat tanpa energi sinar matahari. .  Bakteri yang digunakan adalah campuran bakteri yang didominasi oleh Clostridium.

Dark Fermentation Reaksi: •Bila asetat sebagai produk akhir: •Bila butirat sebagai produk akhir: .

Dark Fermentation .

Apabila tidak ada nitrogen maka enzim tersebut dapat mereduksi proton menjadi hidrogen dengan suplai energi dari ATP. asam organik sederhana dengan kandungan N terbatas melalui pembentukan enzim nitrogenase.  Pada kondisi anaerobik bakteri sulfur dapat memanfaatkan asam organik atau hidrogen sulfid sebagai donor elektron. Reaksinya: C6H12O6 + 12H2O + sinar matahari → 12H2+6CO2 . Elektron dipindahkan ke nitrogenase dengan bantuan ATP.Photo Fermentation  Menggunakan jasa bakteri non-sulfur (purple bacteria) dan sinar matahari.

perubahan bahan organik melalui bakteri fotosintetik pengikat nitrogen.Photo Fermentation Foto fermentasi. . dapat menghasilkan biohidrogen yang lebih tinggi. akan tetapi sistem masih bergantung pada cahaya.