SKALA GUTTMAN

ADINDHA PERMATA P KIKI INDAH P YENNI NOVIANA P INDRA HAMONANGAN T RENALD PRAWIRA S CHRISTIAN AQUINALDY P YOSUA ADI

dan semacamnya diberi skor 1. buruk. tidak.  Skala Guttman dapat dibuat dalam bentuk pilihan ganda maupun daftar checklist. yaitu setuju dan tidak setuju. tinggi. Untuk jawaban positif seperti benar.pengertian  Yaitu skala yang menginginkan tipe jawaban tegas. . sedangkan untuk jawaban negative seperti salah. dan hanya ada dua interval. dan semacamnya diberi skor 0. ya. baik. rendah.

5. 2. 3. Hitunglah koefisien reprodusibilitas dan koefisien skalabilitas. menyusun jawaban pada tabel Guttman. Jawaban yang diperoleh dianalisis. dan jawaban yang ekstrim dibuang.Cara pembuatan skala  1. 4. . melakukan penelitiaan permulaan pada sejumlah sampel dari populasi yang akan diselidiki. Jawaban yang ekstrim adalah jawaban yang disetujui atau tidak disetujui oleh lebih dari 80% responden. menyusun sejumlah pertanyaan yang relevan dengan     masalah yang ingin diselidiki.sampel yang diselidiki minimal besarnya 50.

.

Reprodusibilitas & skalabilitas   di mana: n = total kemungkinan jawaban.  Ks = koefisien skalabilitas. e = jumlah error emua dari semua subyek Kr = koefisien reprodusibilitas  Koefisien Skalabilitas: dimana  e = jumlah error  n= jumlah kesalahan yang kemungkinan terjadi didapat dari perkalian antara jumlah subyek dan jumlah pertanyaan.Koef . . yaitu jumlah pertanyaan x jumlah responden.

Kelemahan skala guttman  1. ataupun berdimensi satu untuk satu waktu dan mempunyai dimensi ganda untuk waktu yang lain. Skala ini bisa jadi tidak mungkin menjadi dasar yang efektif baik intuk mengukur sikap terhadap objek yang kompleks atau pun untuk membuat prediksi tentang perilaku objek tersebut. . Satu skala bisa saja mempunyai dimensi tunggal untuk satu kelompok tetapi ganda untuk kelompok lain.  2.

tegas .Kelebihan skala guttman  Skala ini langsung menanyakan untuk memperoleh jawaban yang jelas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful