MATERI IJTIHAD

Disusun Oleh : • Puspa Ayu Sulistyaningsih • Noer Afwan Indriani Sa’id

Islam adalah agama yang universal. tidak terbatas oleh waktu dan tempat tertentu. Kedudukan dan fungsi ijtihad sebagai sumber hukum yg ke-3 setelah Al-Qur’an & As-Sunah. . karena berguna untuk mendapatkan hukum syara’ yang dalilnya tidak terdapat dalam AlQur’an maupun Hadits dg tegas.

Nahl 38. Fatir 42) .Pengertian Ijtihad • Ijtihad berasal dari kata dasar jahada yang berarti “mencurahkan segala kemampuan atau menanggung beban” • Ijtihad menurut bahasa berasal dari kata : berarti sungguhsungguh. • Menurut istilah Ijtihad adalah suatu upaya pemikiran yang sungguh-sungguh untuk menegaskan prasangka kuat atau Dhon yang didasarkan suatu petunjuk yang berlaku atau penelitian dan pemikiran untuk mendapatkan suatu yang terdekat dengan kitabullah dan sunah Rasulullah SAW. atau mencurahkan kemampuan daya upaya atau usaha keras untuk mencapai atau memperoleh sesuatu. giat. • Ijtihad dalam Al-Qur’an jahada (Al. Al-Nur 53. rajin.

?? .untuk memenuhi keperluan umat manusia akan pegangan hidup dalam beribadah kepada Allah di suatu tempat tertentu atau pada suatu waktu tertentu. ijtihad sebaiknya hanya dilakukan para ahli agama Islam. Mengapa Perlu Berijtihad.

.METODE IJTIHAD • ISTISHAB masa lalu daMengambil hak yang sudah ditetapkan n tetap digunakan sampai sekarang selama belum ada sumber hukum yang menetapkan.

• ISTIHSAN Menurut bahasa adalah menganggap baik terhadap sesuatu. . Sedangkan menurut istilah meninggalkan qiyas jali (jelas) untuk berpindah kepada qiyas khafi (samar-samar) atau dari hukum kulli (umum) kepada hukum juz’i atau istisna’i (pengecualian) karena ada dalil yang membenarkan perpindahan itu.

• MASHALIHUL MURSALAH Mashalih menurut bahasa adalah kemaslahatan. Mursalah artinya terlepas. Dengan demikian Mashalihul mursalah artinya kemaslahatan yang terlepas. .

baik yang berupa perkatan (qauli) maupun perbuatan (amali). Menurut istilah. ‘urf berarti baik. ‘urf adalah sesuatu yang sudah dikenal dan dijalankan oleh suatu masyarakat secara turun temurun dan sudah menjadi adat istiadat. .• 'URF Pengertian ‘Urf Menurut bahasa.

Sebab ijtihad merupakan aktifitas akal pikiran manusia yang relatif. akibat. kemaslahatan umum. kemanfaatan bersama dan nilai-nilai yang menjadi ciri dan jiwa daripada ajaran Islam. Pada dasarnya yang ditetapkan oleh ijtihad tidak dapat melahirkan keputusan yang mutlak absolut. Ijtihad tidak berlaku dalam urusan penambahan ibadah mahdhah. mungkin berlaku bagi seseorang tapi tidak berlaku bagi orang lain. . Keputusan ijtihad tidak boleh bertentangan dengan al-Qur'an dan asSunnah. Berlaku untuk satu masa / tempat tapi tidak berlaku pada masa / tempat yang lain. Dalam proses berijtihad hendaknya dipertimbangkan faktor-faktor motifasi. d. b. Sebagai produk pikiran manusia yang relatif maka keputusan daripada suatu ijtihad pun adalah relatif. c. Sebab urusan ibadah mahdhah hanya diatur oleh Allah dan Rasulullah. e.KEDUDUKAN IJTIHAD a. Sesuatu keputusan yang ditetapkan oleh ijtihad.

maka dalam hal ini ia harus berpegang pada ketentuan hukum asal yaitu belum berwudhu.Contoh Ijtihad Seseorang yang ragu-ragu apakah ia sudah berwudhu atau belum. .

TERIMA KASIH Semoga bermanfaat dapat menambah ilmu dan keimanan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful