Kekerasan Seksual pada Anak

Oleh Kelompok 1: Annisa Febrina Rimadhani Hafid Nurul Khotamiah Nurul Marwati Titi Rostini Widiastuti .

kasus pencabulan anak jalanan yang dilakukan oleh koordinatornya dan sebagainya. seperti kasus kekerasan seksual pada anak yang terjadi di Batam dan Bali. Kekerasan seksual pada anak ini sangatlah memprihatinkan banyak pihak terutama bagi sekolah-sekolah serta ibu-ibu yang memiliki anak.Beberapa bulan terakhir ini. . kasus kekerasan seksual pada anak kembali marak terjadi di Indonesia. kekerasan seksual pada remaja yang bermoduskan menjadi pegawai pajak.

kebanyakan dari ibu-ibu yang memiliki anak merasa resah dan ketakutan jika anak mereka menjadi korban dari kekerasan seksual tersebut.Karena kasus kekerasan seksual pada anak sangat memprihatinkan dan membahayakan. Kadangkala kebanyakan dari mereka menganggap masalah ini sangatlah serius untuk ditanggapi. . Hal yang perlu diperhatikan oleh ibu-ibu adalah memperhatikan orang-orang dianggap mencurigakan ketika mendekati anak dan berhati-hati terhadap kebaikan orang ketika mendekati anak. Jika tidak maka bukan tidak mungkin hal itu akan mengganggu aktifitas mereka sehari-hari.

Anak-anak semakin terpapar dengan adegan-adegan seksual yang belum layak mereka tonton.Haruskah Anak Kita Menjadi Korban? Maraknya video mirip artis akhir-akhir ini mulai meresahkan orangtua. Bukan hanya itu mereka juga dapat meniru perilaku mirip artis yang adalah tokoh idola sekaligus panutan mereka . Bagaimana tidak video tersebut dapat dengan mudah diakses oleh anak-anak melalui internet dan handphone.

tetapi juga televisi. internet. koran.Tidak adanya sangsi social. . Tidak hanya melalui video yang mirip artis. Hal ini dapat turut memicu meningkatnya kasus kekerasan seksual pada anak. maupun hukum yang tegas membuat anak-anak menganggap tidak ada yang salah dengan perilaku tokoh idola tersebut. dan majalah banyak menyajikan informasi seksual yang kurang tepat. baik di desa maupun di kota. Tidak dapat dipungkiri bahwa pada saat ini informasi sangat bebas dan mudah diakses oleh anak-anak.moral.

sebanyak 67.8 persen terkait dengan kasus kekerasan. Dari 171 kasus pengaduan yang masuk.Komisi Perlindungan Anak Indonesia menemukan banyak aduan kekerasan pada anak pada tahun 2010. .7 persen (53 kasus). Dan dari kasus kekerasan tersebut yang paling banyak terjadi adalah kasus kekerasan seksual yaitu sebesar 45.

guru privat termasuk guru ngaji. . Tahun 2007. dan sopir pribadi. jumlah kasus sodomi anak.Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak) mencatat. Dan para pelakunya biasanya adalah guru sekolah. jenis kejahatan anak tertinggi sejak tahun 2007 adalah tindak sodomi terhadap anak. tertinggi di antara jumlah kasus kejahatan anak lainnya.

sebanyak 1.8 persen. Dari tahun 2007 sampai akhir Maret 2008.992 kasus kejahatan anak yang masuk ke Komnas Anak tahun itu. adalah kasus sodomi anak. . jumlah kasus sodomi anak sendiri sudah naik sebesar 50 persen.160 kasus atau 61.• Dari 1.

.• Komisi Nasional Perlindungan Anak telah meluncurkan Gerakan Melawan Kekejaman Terhadap Anak. Pada tahun 2009 lalu ada 1998 kekerasan meningkat pada tahun 2010 menjadi 2335 kekerasan. karena meningkatnya kekerasan tiap tahun pada anak.

• Tahun 2011 terjadi 2. 62 persennya adalah kasus kekerasan seksual anak. 58 persennya adalah kasus kekerasan seksual anak. • Memasuki 2013. khususnya Januari hingga Februari.637 kasus. . Sedangkan tahun 2012 sebanyak 2. sudah terjadi 42 kasus kejahatan seksual terhadap anak di wilayah Jabodetabek.509 kasus kekerasan.

majikan.• Ada sekitar 18 kasus yang terjadi diakibatkan dari upaya bujuk rayu. dan orang yang baru dikenal. orang tua tiri. Kasus-kasus pencabulan juga banyak dilakukan oleh orangorang terdekat dari korban seperti teman. . yang pelaku utamanya adalah pacar dari korban sendiri. Untuk tahun 2011. data kasus pencabulan yang dimiliki Pusaka mencapai 78 kasus. guru.

serta perampokan ada 4 kasus.• Selain dari kasus pencabulan. pembunuhan 3 kasus. sodomi 9 kasus. penelantaran 1 kasus. . inses 1 kasus. kasus lainnya yang juga masih berkaitan dengan kekerasan terhadap anak adalah kasus penganiayaan berjumlah 13 kasus. pemerkosaan 9 kasus.

perlu dilakukan oleh orangtua dan pihak sekolah agar anak tidak mendapatkan informasi yang salah dari teman. Orangtua terkadang mengalami kesulitan membicarakan tentang seksualitas kepada anaknya.• Hal yang penting dilakukan adalah memberikan pendidikan seksual atau pendidikan kesehatan reproduksi bagi anak-anak sedini mungkin. maupun media lainnya. menganggap hal tersebut masih tabu. . internet. ketika anak bertanya kepada orangtua mengenai seksualitas.

tidak perlu melebar ke topik yang lain.Langkah-langkah yang harus dilakukan orangtua ketika menjelaskan mengenai seksualitas adalah: • Mendengarkan dengan cermat setiap pertanyaan anak. • Berilah jawaban hanya pada pertanyaan yang diajukan anak. . • Jangan menghindari atau mengabaikan pertanyaan anak.

.• Berikan penjelasan yang sederhana dan singkat dengan bahasa yang mudah dimengerti anak • Berikan jawaban dengan nada bicara dan ekspresi muka yang wajar. • Berikan jawaban yang sesuai dengan usia dan kebutuhan anak.

2010) .• Berikan informasi bertahap dan terusmenerus • Gunakan media dan metode yang beragam agar anak tidak bosan. SimanjuntakNdraha. (WPF Indonesia dan PKBI.

Terimakasih … .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful