MAKALAH FONOLOGI

S1 KEWENANGAN TAMBAHAN (S1 KKT) PRODI. PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO 2012

KELOMPOK 1 TRANSKRIPSI FONETIK

• Menurut Depdikbud (dalam Pateda. transkripsi fonemis dan transkripsi fonetis dan transkripsi kasar . • Secara sederhana bisa dikatakan bahwa transkripsi adalah penyalinan bentuk kata melalui wicara kedalam bentuk tulisan. Pengertian Trasnskripsi • Transkripsi adalah penulisan tuturan atau pengubahan teks dengan tujuan untuk menyarankan lafal bunyi.1. fonem. transkripsi berurutan. Transkripsi biasanya digambarkan dengan lambang-lambang tertentu. morfem. atau tulisan sesuai dengaan ejaan yang berlaku dalam suatu bahasa yang menjadi sasarannya. transkripsi di bedakan menjadi empat jenis yaitu. 2003:89).

sintaksis. . penyampaian dan penerimaan bunyi bahasa. Dengan demikian kajian ini merupakan cabang dari kajian linguistik seperti halnya morfologi.2. . dan semantik. Simbol fonetiknya dituliskan diantara dua kurung siku tegak […]. Transkripsi Fonetik -Istilah fonetik secara umum didefinisikan sebagai suatu kajian ilmiah tentang bunyi-bunyi suatu bahasa.Secara khusus fonetik mengkaji komponen-komonen bunyi suatu bahasa lebih khusus lagi kajian dari aspek fisik dan fungsional. fonetik merupakan suatu keilmuan yang mempelajari penghasilan. Dengan kata lain.Transkripsi fonetik merupakan aktivitas mentranskripsikan semua bunyi baik yang membedakan arti maupun tidak. .

Sejarah Singkat Transkripsi Fonetik .3. . Otto Jesperson . . .para pakar linguistic yang bergerak dibidang fonologi membentuk badan dunia yang bergerak dalam bidang bunyi bahasa yang dikenal dengan International Phonetic Association (IPA). mereka pertama kali menerbitan majalah tentang transkripsi fonetik yang diberi nama Dhi Phonetic Titcher.Pada bulan Mei tahun 1886.Ide untuk menentukan alphabet fonetik yang dapat diterapkan dalam berbagai bahasa dikemukakan oleh Otto Jesperson.The International Phonetic Association’ didirikan pertama kali pada tahun 1886.

4. [Ɛ] misalnya bahasa Inggris Pen yang artinya pena [ú] misalnya bahasa Jerman Gut yang artinya senang. [e] misalnya bahasa Jerman Mehr yang artinya lebih. Lambang konsonan [g] misalnya bahasa Inggris get yang artinya menerima [ s] misalnya bahasa Inggris see yang artinya melihat [r] misalnya bahasa Inggris rap yang artinya ketokan [λ] misalnya bahasa Cekoslowakia ‘r’ [θ] misalnya bahasa Inggris thing yang artinya benda . Pelambangan Fonetik Menurut IPA a. Lambang vokal [I] misalnya bahasa Jerman Wie yang artinya bagaimana. baik [Ʌ] misalnya bahasa Inggris cup yang artinya cangkir b.

SEKIAN & TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful