You are on page 1of 18

By.

Gilang Ramdhany (140310090061) Utami Yuliani (140310090063) Iman Rosiman (140310090083)

dan lain-lain.Logam memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. otomobil. . dan daya refleksi tinggi. dengan konsentrasi besar. yang dapat bergerak dalam keseluruhan volume kristal. kerapatan tinggi. misalnya besi dalam produksi. yang dapat diasumsikan bahwa suatu logam mengandung electron bebas. konduktivitas listrik dan termal baik. Sifat ini berkaitan dengan struktur mikroskopik bahan. Umumnya logam memiliki sifat kekuatan fisik tinggi. tembaga untuk penghantar listrik.

dan memiliki energi potensial nol (V (r) = 0) Elektron itu sendiri merupakan bagian dari sebuat atom .elektron bebas didefinisikan sebagai elektron yang dapat bergerak bebas tanpa adanya gaya luar yang mempengaruhi.

. Ruterford mengatakan bahwa elektron-elektron mengitari inti dalam orbit melingkar sehingga gaya sentrifugal semua elektron tepat sama dengan gaya tarik elektrostatik antara inti yang bermuatan positif dan elektron.Dalam gambaran sederhana oleh Rutherford. atom terbentuk atas inti bermuatan positif pembawa sebagian besar massa atom. dengan elektron-elektron yang bergerak mengitarinya.elektron yang bemuatan negatif.

sedangkan dalam molekul setiap elektron dipengaruhi oleh inti atom-atom yang membentuk molekul tersebut. setiap elektron dipengaruhi oleh inti dari atom bersangkutan. juga mempunyai energi dan bentuk tertentu dan kebolehjadian menemukan elektron disekitar inti juga ditentukan oleh harga |Ψ|2 . Postulat dasar dari teori ini adalah bahwa molekul mempunyai orbital molekul seperti halnya orbital atom yang terdapat dalam atom Di dalam atom.   Sama halnya orbital-orbital atom. Teori Orbital molekul yang dikemukakan oleh Hund dan Mulliken. orbital-orbital molekul.

. dapat diperoleh dengan cara pendekatan yang disebut LCAO (Linier Combination of Atomic Orbital).Fungsi gelombang Ψ menggambarkan tingkat energi orbital molekul .

maka keadaan elektron tersebut dapat digambarkan oleh fungsi gelombang orbital ФA dan bila elektron berada di dekat inti dari atom B.Bila elektron berada didekat inti dari atom A. Fungsi gelombang ФA dan ФB yang merupakan penyelesaian dari persamaan Schrondinger untuk elektron yang terikat pada kedua inti atom . maka keadaan elektron dapat digambarkan oleh fungsi gelombang ФB.

 Fungsi gelombang yang diperoleh adalah: Ψ = N (CAФA + CB ФB) Dimana CA dan CB merupakan bilangan yang sederhana dari N adalah tetapan normalisasi yang harganya dipilih sedemikian rupa. sehingga | Ψ |2dv yang diambil untuk seluruh ruangan harganya adalah satu. .

ФB)    ΨS merupakan fungsi gelombang orbital bonding Ψa merupakan fungsi gelombang orbital anti bonding .CB. Penyelesaian persamaan di atas akan menghasilkan 2 harga yaitu CA = ±CB atau CA = CB dan CA = . Hasil yang diperoleh dengan pendekatan LCAO adalah fungsi gelombang yang menggambarkan orbital molekul yaitu: ΨS = NCA (ФA + ФB) Ψa = NCA (ФA .

 elektron dalam kristal tersusun dalam pitapita energi. k z  . energi E suatu elektron sebagai fungsi dari vektor propagasi k diketahui untuk suatu pita energi maka ungkapan tersebut dapat memberi informasi mengenai perilaku gerak elektron di dalam kristal  Apabila E  E k x . k y .

 Kecepatan elektron di dalam kristal dipresentasikan oleh kecepatan kelompok gelombang deBroglie-nya :    vg   k  k  Hubungan antara energi dan frekuensi gelombang diberikan oleh Einstein  E  h  h sehingga diperoleh   1  vg   k E k h  .

  Fermion adalah sistem partikel dengan fungsi gelombang yang saling bertumpangan. Energi Fermi adalah tingkat energi tertinggi yang ditempati elektron pada suhu T = 0 K (pada keadaan dasar) Energi Fermi merupakan suatu kuantitas yang sangat penting dalam sistem fermion (elektron adalah fermion). dan fungsi gelombang sistem fermion berubah tanda terhadap pertukaran setiap pasangan partikel  . yang memiliki spin setengah bilangan bulat-ganjil Fermion memenuhi prinsip ekslusi Pauli.

partikel 1 dan 2. yang berada dalam keadaan a dan keadaan b. Sistem dua partikel yang terbedakan Terdapat dua partikel. kehadiran partikel dalam keadaan kuantum tertentu dapat mencegah partikel lain untuk berada dalam keadaan itu ( hal ini terjadi karena untuk fermion berlaku prinsip ekslusi Pauli). . maka terdapat dua kemungkinan terisinya keadaan yang diperoleh oleh fungsi gelombang:    Ψ1 = Ψa (1) Ψb (2) Ψ11 = Ψa (2) Ψb (1) Jadi. Jika kedua partikel tersebut terbedakan. dalam sistem fermion.

dan fungsi gelombangnya harus merupakan kombinasi dari Ψ1 yang sama dan Ψ2 .masing partikel tidak dapat ditentukan. untuk mencerminkan peluang . maka posisi masing. Sistem  dua partikel tak terbedakan Jika terdapat partikel yang tidak dapat dibedakan.

seperti pada gambar di bawah ini: . Bila elektron digambarkan dalam ruang kecepatan (akan diperoleh permukaan Fermi yang berbentuk permukaan bola dan disebut bola Fermi.

artinya bahwa kecepatan elektron maksimum adalah vF. Pada suhu 0 k tidak ada titik di luar bola. . maka elemen volume dari ruang tersebut adalah. dengan Ve adalah elemen volume (volume satuan).

 Jumlah orbital di dalam volume bola yang berjarijari kf adalah :  Keterangan: N = Jumlah orbital didalam volume bola. V = Volume bola Ve = Elemen volume (volume satuan) .