Jembatan (Bridge

)
- TKS 4022 Ari Wibowo, ST., MT., Ph.D

Kompetensi Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan : 1. Tanggap terhadap perkembangan teknologi jembatan terkini 5. Mempunyai kepedulian terhadap masalah sosial dan lingkungan profesi keinsinyuran sehubungan dengan permasalahan yang muncul pada jembatan. Mahasiswa mengetahui dan mampu memahami bentuk-bentuk jembatan dan komponen penyusun yang ada pada jembatan. 4. 3. . Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisis beban-beban yang bekerja pada jembatan. 2. Mahsiswa dapat merencanakan struktur jembatan sederhana beserta komponen pelengkapnya.

. menurut keadaan rintangan yang harus dilintasi konstruksi jembatan di lapangan. yaitu:  Menetapkan bentang yang ekonomis dan aman.  Menentukan jenis jembatan yang tepat untuk rentang bentang dan tinggi konstruksi yang tersedia di lapangan disertai kelengkapannya.Target khusus: Mampu merencanakan jembatan.

Thompson Brooks/Cole. 7. 1987. 4. William T. Binamarga Dep. . New York: John Willey & Sons Inc. P. Binamarga Dep. VOSB. 3. P. 6. 1997. Tim pengasuh jembatan.. Jakarta. Bridge Design Code and Manual. Puckett. U. Buku Ajar Jembatan. Jakarta.S. Peraturan Perencanaan Jembatan Jalan Raya. LRFD Steel Design. 2003. Segui.Pustaka 1. 1963. Third Edition. SNI Jembatan. Bridge Management System. Barker and J.U. 2. 1992. Design of Highway Bridges based on AASHTO LRFD. SKBI. 5.U.A..

Evaluasi     Homework (10%) Presentasi (20%) Quis (20%) UAS (50%) .

Perkembangan Jembatan Jembatan Jaman Kuno Tipe jembatan zaman purba adalah jembatan balok sederhana. dan digunakan hanya untuk bentangan yang pendek. pada era ini juga ditemukan tipe jembatan pelengkung. walau bentuk dan meterial konstruksi masih sangat sederhana . Namun.

Untuk jembatan batu dan beton. seperti membuat perhentian konstruksi yang dibangun di atas pilar yang berada di bawah air dan melindunginya dari bahaya banjir. telah membangun jembatan dari kayu. telah berhasil mengatasi permasalahan yang rumit. batu dan beton. .Jembatan Romawi Kuno Teknologi jembatan pada periode ini. Namun periode ini. bentuknya sama seperti pada periode jembatan purba yaitu berbentuk lengkung.

Kemudian lapisan batu ditempatkan sebagai pangkal jembatan dan dibuat lengkung. Tiang-tiang tersebut dipancang secara berkelompok dengan jarak yang rapat sehingga membentuk satu kasatuan kelompok tiang yang solid. . Bagian atas tiang dilapisi tiga lapisan kayu sebagai kepala tiang (pile cap) dan dijepit dengan besi. tiang-tiang pancang telah dipakai untuk mengatasi masalah tanah dasar.Jembatan Jaman Pertengahan Pada periode ini.

. Pada zaman ini jembatan besi dibangun dengan menggunakan prinsip-prinsip bentuk lengkung. Untuk jembatan jalan rel menggunakan jembatan bentuk pipa.Jembatan Zaman Besi dan Baja Era jembatan besi dan baja sejalan dengan adanya revolusi industri. terutama untuk jembatan jalan raya.

Jembatan Abad Sekarang .

Tipe Jembatan Arch Bridge Cable Stayed Bridge Girder Bridge Rigid Frame Bridge Suspension Bridge Truss Bridge .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful