You are on page 1of 16

KEBUTUHAN GIZI PADA ORANG DEWASA OLEH KELOMPOK ‘REMAJA’

Ikhsan Tri NovitaPabuaran Liyoni Ayu Evelin Aryati Anugrah Zhylvia Ramdha Rara Fardita Faridah Hidayanti Hermin Khurul Aini .Kelompok Remaja Chica Rizka Ashari Ayu Putri Rahayu Nurul Annisa Ika Aprilyanti Kartini St. KhalidaFebryanti Nur Fauzia Asmi M.

Makan pun bukan soal kuantitas. . dibutuhkan keberagaman makanan. mengonsumsi beragam makanan sehat haruslah dijalani. tetapi mencukupi kadar gizi yang dibutuhkan. Agar dapat memenuhi kecukupan berbagai zat gizi sehari-hari.UNTUK memenuhi kebutuhan gizi.

keseimbangan. Makan itu bukan seberapa banyak. dan keamanan . Maka Kebutuhan Gizi Yang Diperlukan Oleh Tubuh Dapat Terpenuhi Dengan Baik. sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh.Apabila Seseorang Mengonsumsi Berbagai Macam Bahan Pangan Kombinasi Dan Jumlah Yang Tepat. seimbang. tetapi cukup. Prinsipnya adalah keberagaman.

KARAKTERISTIK DEWASA : •Usia reproduksi •Usia produksi --. sedang. dll. vegetarian. dan berat) •Perubahan pola makan .penyesuaian basal metabolisme yg turun (>30 thn) .lain-lain : penyesuaian penyakit .produktivitas kerja •Aktivitas fisik menurun dibanding remaja (ringan. .

tumbuh menjadi kuat dan ukuran yang sempurna. Usia dewasa merupakan masa dimana seseorang telah berada dalam kondisi yang stabil.Dewasa adalah suatu keadaan bergerak maju ke arah menuju kesempurnaan. Gizi yang masuk tidak lagi untuk pertumbuhan dan perkembangan namun untuk pemeliharaan tubuh sehingga dapat melaksanakan aktifitas sehari-hari . Secara fisik.

. Menjaga kebutuhan kalsium. 3. 2. Menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat. 4. Menjaga keseimbangan cairan tubuh. Memperoleh energi yang digunakan untuk melakukan aktivitas sehari –hari.Tujuan pemberian nutrisi untuk dewasa : 1.

Kolesterol dibutuhkan sebanyak 300 miligram.Kalsium sebanyak 800 miligram. .200 kalori per hari.000 hingga 2.Berikut takaran zat gizi penting yang dibutuhkan orang dewasa sehari-hari.Protein dibutuhkan sebanyak 55 hingga 60 gram per hari. Ali Khomsan. . .Lemak dibutuhkan sebanyak 60 hingga 70 gram. menurut Prof.Kalori rata-rata orang dewasa dibutuhkan sebanyak 2. MS (ahli Gizi IPB) : . . . zat besi 12 miligram.

MINERAL Kalsium = Perempuan 600 mg. Energi ini dianjurkan sekitar 60% berasal dari sumber karbohidrat. VITAMIN = Kebutuhan juga meningkat selama dewasa muda karena pertumbuhan dan perkembangan cepat terjadi. laki-laki antara 2400-2800 kkal setiap hari. karena energi yang meningkat.KARBOHIDRAT = Untuk perempuan 2000 . maka pertumbuhan kebutuhan beberapa vitamin pun LEMAK = Kebutuhan lemak pada orang dewasa tidak boleh melebihi 630 kkal atau sekitar 30 % dari total kalori. sedangkan Laki-laki 500 mg Besi = Perempuan 26 mg Laki-laki 1.3 mg meningkat .2200 kkal. PROTEIN = Kecukupan protein dewasa perempuan yakni 48-62 gr/hari dan pada laki-laki8 55-66 gr/hari.

ubi jalar. yaitu untuk memberi rasa segar dan melancarkan proses menelan makanan. hasil olahan tahu. oncom. 4. dan lain-lain. nenas. pisang. Buah. ikan dan lain lainl. kacang. jeruk dan lainnya. tempe. jagung. . karena biasanya dihidangkan dalam bentuk berkuah : sayur dan umbian. singkong. Makanan pokok untuk memberi rasa kenyang : nasi. untuk pencuci mulut : pepaya. Lauk untuk memberi rasa nikmat sehingga makanan pokok pada umumnya mempunyai rasa netral. Sayur. 3. lebiih terasa enak seperti : lauk hewani berupa daging ayam. 2.POLA MENU SEIMBANG PADA ORANG DEWASA 1. dan lain-lain.kacangan. serta lauk nabati seperti kacangkacangan.

DAMPAK-DAMPAK GIZI PADA ORANG DEWASA A. Dampak kelebihan gizi pada orang dewasa . Dampak kekurangan gizi pada orang dewasa B.

Dampak kekurangan gizi pada orang dewasa Penurunan produktivitas kerja dan derajat kesehatan Disebabkan oleh kekurangan sumber energi secara umum dan kekurangan sumber protein.1. Kemiskinan b. Kurangnya pengetahuan tentang gizi c. a. Gondok Kurangnya mengkonsumsi yodium c. Anemia Hal ini disebabkan kekurangan mengkonsumsi makanan sumber zat besi b. Kebutaan Hal ini disebabkan kurangnya mengkonsumsi vitamin A Penyebab dari dampak kekurangan gizi a. Kebiasaan makan .

Hipertensi d.2. Jantung koroner b. Dampak kelebihan gizi pada orang dewasa Dampak masalah gizi lebih pada orang dewasa tampak dengan semakin meningkatnya penyakit degeneratif seperti : a. Diabetes melitus c. Penyakit hati Penyebab dari dampak kelebihan gizi disebabkan oleh kebanyakan energi dibandingkan dengan pengeluaran energi. .

.Gizi yang Dianjurkan untuk Orang Dewasa • • • • Diet seimbang dalam jumlah cukup (AKG WNPG 2004) Kurangi konsumsi kolesterol dan lemak jenuh (hewani) Perbanyak serat Olahraga cukup dan hidup santai Ahli kesehatan Inggris merekomendasikan : orang dewasa makan 5 atau lebih sajian dari buah-buahan dan sayuran setiap hari.

Jakarta : Gramedia Pustaka Utama Arisman.ac. Khomsan A et al. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. . 2007.DAFTAR PUSTAKA http://repository.2011. Cakupan.ipb. Almatsier S. IPB). Dewi Laelatul. Studi Implementasi Program Gizi: Pemanfaatan. Bogor : Departemen Gizi Masyarakat. 2004.Bandung:refika ADITAMA.id Badriah. Keefektifan dan Dampak terhadap Status Gizi. 2001.

TERIMA KASIH .