ETOS KERJA

OLEH: KRISTINA IMRON, LC, M.PD.I

02/04/2013

1

02/04/2013 2 . memandang.Pengertian Etos Kerja • Etos kerja adalah totalitas kepribadian diri dan cara mengespresikan. meyakini dan memberikan makna tentang sesuatu pekerjaan yang mendorong dirinya untuk bertindak dan meraih amal yang optimal (Toto Tasmara :20).

02/04/2013 3 . Yunan nasution : 147) • etos kerja mencerminkan nilai kerohanian yang membentuk kepribadian dan terekspresikan melalui sikap dan perilaku produktif.Sambungan… • tekun dan senang pada pekerjaan yang sedang dihadapi dengan tidak memandang apakah pekerjaan itu sebagai buruh kasar atau memimpin suatu perusahaan besar (M.

Semangat (Zeal)3. Kemauan (Willingness)7.2. Disiplin (Discipline)5. Perhatian (Interest) 02/04/2013 4 .Dalam Kamus Webster – Kata etos kerja dapat dipadankan artinya dengan kata:1. Semangat (Enthusiasm) 6. Keteguhan Hati (Courage). Kepercayaan (Confidence) 4. Loyalitas (Loyality)8.

Sambungan…. mampu dan mau bekerja bagaikan dua sisi mata uang yang saling berkaitan satu sama lain  Kemampuan dan kemauan bekerja seharusnya disemangati oleh keimanan.  Kerja bukan sekedar persoalan kemampuan tetapi juga berkaitan dengan kemauan. sebab bekerja adalah bentuk konkrit sebagai pengabdian terhadap Tuhan 02/04/2013 5 .

dinamis. produktif atau professional. maupun kehidupan individual dan social dalam berbagai bidang. Karena itu. intelektual. fisik biologis. aktif.  Seseorang layak untuk mendapatkan predikat yang terpuji seperti potensial. baik kehidupan spiritual. agar manusia benar-benar hidup dalam kehodupan ini ia memerlukan ruh (spirit) 02/04/2013 6 . semata-mata karena prestasi kerjanya.Bekerja dalam Pandangan Agama  Bekerja adalah kodrat hidup.

02/04/2013 7 . amanah. Hal ini memberi arti bahwa individu yang theistic seharusnya memiliki kemampuan dan kemauan yang lebih tinggi dalam bekerja ketimbang individu yang atheis. hati-hati.Sambungan  Dalam al-Qur’an disebut 103 kali kata iman yang dikatkan dengan kata amal. transparan dan bertanggung jawab.  Teologi merupakan acuan spiritual yang mensugesti individu untuk bekerja lebih bersemangat.

Sambungan • Pekerjaan yang dicintai Allah SWT adalah pekerjaan yang berkualitas. Hal ini berhubungan langsung dengan pertanggung jawaban amal yang juga bersifat individual. 02/04/2013 8 . Kewajiban ini pada dasarnya bersifat individual yang tidak dapat diwakilkan kepada orang lain. • Kerja adalah ibadah dan status hukum ibadah pada dasarnya juga wajib. dimana individulah yang kelak akan mempertanggungjawabkan amal masingmasing.

dan tidak ada toleransi hingga tercapai tingkat kecukupan dalam ukuran kepentingan umum. posisi individu dalam konteks kewajiban sosial ini tetap sentral.Sambungan  Untuk pekerjaan yang langsung memasuki wilayah kepentingan umum. Setiap orang wjib memberikan konstribusi dan partisipasinya sesuai kapasitas masing-masing. Namun. 02/04/2013 9 . kewajiban memunaikannya bersifat kolektif atau soscial sehingga lebih menjamin terealisasinya kepentingan umum tersebut.

Syarat Pokok Aktifitas Bernilai Ibadah  Ikhlas. yaitu untuk berbuat hal yang baik yang berguna bagi kehidupan dan dibenarkan oleh agama.  Benar. yaitu sepenuhnya sesuai dengan tuntunan yang diajarkan oleh Agama untuk pekerjaan yang bersifat ibadah dan tidak bertentangan dengan kepentingan umum. yaitu mempunyai motivasi yang benar. 02/04/2013 10 .

Sambungan…. apakah pekerjaan itu amal shaleh atau tidak. 02/04/2013 11 . dan memberi dampak positif secara social dan cultural bagi masyarakatnya. maka haruslah didasarkan pada pertimbangan moral. • Ketika kita memilih pekerjaan . berguna bagi fitrah kemanusiaan untuk dirinya. • Pekerjaan itu haruslah tidak bertentangan dengan agama.

Darimana pekerjaan itu dapat diketahui bahwa ia baik dan bermanfaat? Yang pertama kali dilihat adalah normatif agama. kemudian dipertimbangkan dengan akal sehat yang didukung oleh nurani. secara material dan moral spiritual. Pekerjaan yang standar adalah pekerjaan yang bermanfaat bagi individu dan masyarakat.Kualitas Etik Kerja: – Baik dan Bermanfaat. 02/04/2013 12 . kemudian memperhatikan pengakuan umum bahwa sesuatu itu bermanfaat dan berkonsultasi kepada orang yang lebih tahu.

Karena ilmu dan keterampilan yangsudah dimiliki dapat saja hilang jika 02/04/2013 13 tidak dilatih .Kemantapan(Itqan atau Perfectness) • Kualitas kerja yang perfect adalah pekerjaan yang mencapai standar ideal secara teknis • Kerja yang berkualitas merupakan salah satu sifat ketuhanan. • Untuk mencapai kualitas kerja yang perfect dibutuhkan skill dan ilmu yang senantiasa dilatih.

Ihsan yang berarti lebih baik dari prestasi atau kualitas pekerjaan sebelumnya. Dalam hal ini seseorang harus dapat melakukan peningkatan yang terus menerus seiring bertambahnya pengetahuan. pengalaman. Dalam hal ini seseorang harus memiliki komitmen terhadap dirinya untuk berbuat yang terbaik dalam segala jenis pekerjaan. waktu dan sumber daya yang ada.Melakukan yang Terbaik atau Lebih Baik Lagi (Ihsan)  Kualitas Ihsan mempunyai dua makna. 02/04/2013 14 .yaitu: Ihsan berarti yang terbaik yang dapat dilakukan.

 Dapat juga diartikan sebagai mobilisasi serta optimalisasi sumber daya.Kerja Keras dan Optimal  Yang dimaksud dengan kerja keras dan optimal adalah mengerahkan segenap daya dan kemampuan yang ada dalam merealisasikan setiap pekerjaan yang baik. • 02/04/2013 15 .

Mencermati Nilai Waktu • Keuntungan dan kerugian manusia banyak ditentukan oleh sikapnya terhadap waktu • Sikap Imani adalah sikap yang menghargai waktu sebagai karunia Ilahi yang wajib disyukuri 02/04/2013 16 .

2002  Nasution. Dinamika hidup. Membudayakan Etos Kerja Islam. Jakarta : Bulan Bintang. Jakarta: Gema Insani Pers. Yunan. 1966  Lentera Kehidupan.Daftar Pustaka  Toto Tasmara. April: 2006  Kamus Webster 02/04/2013 17 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful