Genetika Molekular mencakup dan menyelidiki secara mendalam apa kandungan molekul kimiawi dalam suatu molekul genetik

pembawa sifat keturunan serta bagaimana informasi genetik diatur oleh molekul DNA. Genetika molekular juga membahas mengenai proses biokimia sel dalam menerjemahkan kode genetik menjadi fenotip
Hasil perkembangan genetika molekuler: - DNA rekombinan - Rekayasa genetika - Human Genom Project - Genetika kedokteran - Sitogenetika - dll

Diawali pada abad ke-20 ketika ditemukannya model struktur molekul DNA (Deoxyribonucleic Acid) yang kemudian modelnya dipublikasikan

oleh

James.D Watson dan Francais H. Crick (1953) Annisa nurul ilmi (H41112328)

DNA??
DNA merupakan dua rantai polinukleotida (kumpulan nukleotida) yang saling terpilin membentuk double helix . Dimana setiapa nukleotida terdiri atas gugusan gula(deoksiribosa), asam posfat, basa nitrogen(A,G,T,C). DNA terletak di dalam kromosom. DNA berfungsi dalam pengaturan informasi genetik(kode genetik). KROMOSOM?? Kromosom adalah struktur padat yang terdiri atas dua komponen molekul yaitu protein dan asam nukleat. Kromosom berjumlah 46. Asam nukeat terdiri atas DNA dan RNA. Pada DNA terdapat gen yang mengatur metabolisme dalam tubuh. Ada dua tipe kromosom, yaitu autosom(kromosom tubuh) dan gonosom (kromosom seks)

GEN??
Gen adalah satuan terkecil substansi genetik yang terletak pada kromosom secara teratur dalam lokus kromosom. Setiap gen bertanggung jawab mengontrol satu sifat khusus serta menegendalikan proses metabolisme individu. Annisa Nurul Ilmi(H41112328)

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

dinyatakan bahwa didalam sel tubuh manusia terdapat 48 kromosom Pointer SEJARAHNYA… Annisa Nurul Ilmi (H41112328) .1930-an. dikembangkan teknik kristalografi sinar-X untuk mendeskripsikan biomolekul Watson and Crick 1912. dinyatakan bahwa didalam sel tubuh manusia terdapat 46 kromosom Tjio and Levan Hasil dari penemuan ini yaitu ditemukannya 2 tipe kromosom manusia Winiwater 1920. dinyatakan bahwa didalam sel tubuh manusia terdapat 47 kromosom 1956.

DASAR PENEMUAN WATSON AND CRICK Kristalografi sinar-X Rosalind Franklin oleh James Watson dan Francais crick dari Inggris Difraksi Sinar-X Kristalografi sinar-X menggunakan persamaan matematis untuk menerjemahkan suatu pola menjadi bentuk 3D molekul dan diketahui bahwa DNA berbentuk Helix yang tersusun atas dua untai (double helix) Nurul Elfiani Paweli(H41112304) .

Nurul Elfiani Paweli(H41112304) . Basa-basa bernitrogen pada heliks ganda dipasangkan dalam kombinasi yang spesifik April 1953 Watson – Crick menerbitkan makalah ringkas dijurnal inggris yang berjudul “molecular Structure Of Nucleic Acids : A Structure For Deoxyribose Nucleic Acids Nature” Yang menjelaskan tentang keindahan model molekuler DNA yang dijadikan sebagai simbol biologi molekuler Model Watson – Crick menjelaskan dasar aturan Chargaff dimana:  Tiap satu untai molekul DNA mengandung A.4 nm.Heliks membentuk satu putaran penuh setiap 3.  Jumlah A dan T serta jumlah C dan G selalu setara karena hanya pasangan basa inilah yang dapat mempertahankan bentuk heliks sehingga struktur tetap stabil. untaian pasangannya mengandung T  G disalah satu untai selalu berpasangan dengan C di untai komplementernya. Ada sepuluh lapisan pasangan basa. atau anak tangga tali dalam setiap putaran penuh heliks.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful