PENGARUH INTENSITAS CAHAYA TERHADAP PERTUMBUHAN KACANG HIJAU

Tahun Ajaran 2012 / 2013

VIVI NOFITASARI (14) (01) (09) (30) . AHMAD NURHUDA 2.A 3. DEA MONA .KELOMPOK 7 KETUA KELOMPOK ANGGOTA KELOMPOK : EKA KUSUMA WATI : 1.

Untuk mengetahui pertumbuhan kacang hijau pada cahaya redup 3. Untuk mengetahui pertumbuhan kacang hijau pada cahaya terang 2.TUJUAN 1. Untuk mengetahui pertumbuhan kacang hijau pada cahaya gelap .

Bagaimana pertumbuhan kacang hijau pada cahaya redup ? 3. Bagaimana pertumbuhan kacang hijau pada cahaya gelap ? . Bagaimana pertumbuhan kacang hijau pada cahaya terang ? 2.RUMUSAN MASALAH 1.

Pertumbuhan kecambah yang ditempatkan di tempat yang teduh akan berlangsung cepat tetapi abnormal (tubuh lemah). Keadaan seperti ini dinamakan etiolasi. .LANDASAN TEORI • Cahaya sebagai sumber energi dalam proses fotosintesis. Hasil fotosintesis akan digunakan untuk pertumbuhan dan aktivitas hidup yang lain.

Daun yang mendapatkan cukup cahaya. Tumbuhan yang sejenis dapat memiliki ukuran daun yang berbeda jika tumbuh di tempat yang tingkat pencahayaannya berbeda. • Tinggi batangnya pun berbeda. Tersedianya cahaya yang memadai akan meningkatkan pembentukan kloroplas.• Cahaya dapat mengubah leukoplas menjadi kloroplas. ukurannya akan lebih kecil. . Tumbuhan yang kurang mendapatkan cahaya lebih tinggi daripada tumbuhan yang mendapatkan cukup pencahayaan.

HIPOTESA Ada pengaruh intensitas cahaya terhadap pertumbuhan kacang hijau .

7. 2. Polybag Penggaris Wangkil Kamera Kardus Sendok Aqua gelas kosong BAHAN 1.ALAT DAN BAHAN ALAT 1. Air 3. 5. 6. Biji kacang hijau 2. 3. Tanah yang sudah bercampur dengan pupuk . 4.

Variabel Control : Intensitas cahaya : Banyaknya air. Variabel Bebas 2. Variabel Terikat .PROSEDUR PERCOBAAN • VARIABEL PERCOBAAN 1. banyaknya tanah dan pupuk : Pertumbuhan Kacang Hijau 3.

Menanam biji kacang hijau. Polybag ketiga diletakkan didalam kardus agar tidak memperoleh cahaya sama sekali.LANGKAH-LANGKAH PERCOBAAN 1. 2. Meletakkan polybag di tempat yang berbeda. Menyiram dengan air. Mengamati perubahan yang terjadi pada kacang hijau setiap harinya dan mencatat hasil yang diperoleh. 4. Polybag kedua diletakkan di dalam rumah. Meletakkan tanah yang sudah bercampur dengan pupuk ke dalam polybag dengan wangkil. 3. Polybag pertama diletakkan di halaman rumah agar memperoleh pencahayaan yang cukup. 5. .

5 2 3 4 4.HASIL PERCOBAAN TINGGI TANAMAN HARI KE 1 - GELAP - REDUP - TERANG 2 3 4 5 6 7 8 1 3 5 15 20 23 26 0.5 2 4 11 15 18 21 0.5 5 7.5 .

.

.

. Tumbuh daun tetapi kecil dan berwarna hijau muda. segar. Akan tetapi abnormal atau tubuh lemah. • Pada cahaya terang kacang hijau tumbuh lambat.KESIMPULAN • Cahaya mempengaruhi pertumbuhan kacang hijau. Tetapi tumbuh daun yang berwarna hijau. • Pada cahaya gelap kacang hijau tumbuh sangat cepat. dan besar. • Pada cahaya redup kacang hijau tumbuh cepat. Selain itu. batangnya tumbuh dengan tegap.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful