You are on page 1of 24

  KELOMPOK 3A


  


     

Andini Fatmona Muh. Rizki Lamatenggo Nafila Selvira Sarti Amri Muh. Isya Ansyari A. Suryani Tenri A. Fierda Eka Pratiwi Nurita Aziza Danang E.T. Laksono Fadhilah Ramadhani A. Fadli Widya Wirasasmita Mirsan

110 208 0065 110 211 0149 110 211 0146 110 211 0096 110 211 0103 110 211 0135 110 211 0108 110 211 0091 110 211 0042 110 211 0064 110 211 0120 110 211 0071

Tutor : dr. Nesyana

Atrophy otot pada web space I.Laki-laki umur 36 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan nyeri pada daerah siku kanan menjalar ke lengan bawah yang dirasakan sejak 9 bulan lalu. Keadaan ini dirasakan semakin bertambah berat terutama bila penderita memflexikan sikunya. Ada riwayat fraktur supracondylar pada waktu berusia 5 tahun. Pada siku kanan terlihat valgus deformitas. . gangguan sensoris pada ujung jari kelingking.

khususnya tulang / pecahan atau rupture pada tulang : Terletak di atas kondilus : angulasi secara imajiner yang tidak ada hubungannya dengan lingkaran imajiner dimana penderita ditempatkan. malformasi Sumber : Kamus Kedokteran Dorland dan Pengantar Ilmu Bedah Ortopedi . : Perubahan bentuk tubuh sebagian atau umum.Flexi Fraktur Supracondylar Valgus Deformitas : Tindakan membengkokkan atau keadaan dibengkokkan. : Pemecahan suatu bagian.

Gangguan sensoris : Gangguan terhadap keadaan individu terhadap kesadaran atau kejernihan mentalnya Atrophy : Pengurusan. organ atau bagian tubuh Web : Jaringan atau membrane Space : Daerah yang di batasi / rongga Sumber : Kamus Kedokteran Dorland dan Pengantar Ilmu Bedah Ortopedi . pengecilan ukuran suatu sel. jaringan.

 Laki-laki (36 tahun)  Nyeri pada siku kanan menjalar ke lengan bawah (sejak 9 bulan lalu)  Semakin bertambah berat bila memflexikan siku  Fraktur supracondylar (usia 5 tahun)  Valgus deformitas pada siku kanan  Gangguan sensoris pada ujung jari kelingking  Atrophy otot pada web space I .

Jelaskan struktur anatomi pada extremitas superior! Bagaimana hubungan riwayat fraktur dengan gejala yang tampak pada skenario? Jelaskan penyebab terjadinya sindroma jebakan! Jelaskan langkah-langkah diagnosis penyakit pada skenario! Jelaskan differential diagnosis pada kasus tersebut! Sebutkan gambaran klinis dari penyakit yang diderita oleh pasien! Bagaimana mekanisme nyeri yang berkaitan dengan skenario? Pemeriksaan penunjang apa saja yang dapat dilakukan untuk menegakkan diagnosis pada skenario tersebut? Bagaimana penatalaksanaan dari skenario tersebut? . 5. 4. 6. 7. 2. 8. 3. 9.1.

.

.

.

Fraktur supracondylar humeri (transkodiler)  Tipe posterior (tipe ekstensi) Fragment distal bergeser ke arah posterior  Tipe anterior (tipe fleksi) Fragment distal bergeser ke arah anterior .

Proses tersebut antara lain: Hematoma (inflamasi) Soft Callus Hard Callus Remodelling .Pada anak-anak dibawah 11 tahun akan terjadi proses healing lebih cepat dari orang dewasa dengan sendirinya pada tulang yang mengalami fraktur.

Gesekan yang disebabkan oleh penyempitan yang berulang-ulang dari serabut saraf .Sindroma jebakan merupakan gangguan fungsi saraf perifer oleh karena keadaan/posisi yang abnormal atau gangguan vaskularisasi yang menyebabkan iskemi pada saraf. Kompresi akibat kompartemen yang menyempit baik oleh karena penyakit local maupun sistemik atau oleh karena adanya pembengkakan jaringan sekitar 2. 1. Tekanan oleh karena penyembuhan tulang yang tidak baik 4. Ketegangan berulang-ulang pada saraf yang melalui struktur yang mengalami kelainan 3.

SARAF.ANAMNESIS PEMERIKSAAN FISIS ORTHOPEDI INSPEKSI PALPASI GERAK BAGIAN DISTAL BAGIAN UTAMA BAGIAN LAIN KULIT JARINGAN LUNAK. LIGAMEN TULANG DAN SENDI . OTOT. PEMBULUH DARAH. TENDO.

Carpal Tunnel Synrome Laki – laki 36 tahun Nyeri menjalar ke lengan bawah Dirasa sejak 9 bulan Riwayat fraktur supracondylar Valgus deformitas Gangguan sensoris kelingking Atrophy web space I TOTAL + + + 3 Cubital Tunnel Syndrome + + + + + + + 7 Radial Tunnel Syndrome + + + + 4 .

ularis  Deformitas tangan cakar (Claw Hand) yang khas pada lesi kronik. Nyeri dan/atau parestia seperti kesemutan yang menjalar ke bawah dari siku ke lengan sampai batas ulnaris tangan  Atrofi dan kelemahan otot-otot intrinsic tangan  Hilangnya sensasi tangan pada distribusi N. .

VIDEO Nyeri yang dirasakan pada skenario disebabkan oleh saraf-saraf yang terdapat di bagian cubiti. yaitu Nervus ulnaris. N. terjebak disekitar cubital tunnel. tangan. deltoideus dan mencapai kompartemen flexor carpi ulnaris. Jebakan tersebut dapat terjadi karena dorongan oleh epicondylus medial. menginervasi fleksor carpi ulnaris dan setengah medial dari fleksor digitorum profundus. N. Tekanan pada nervus di siku dapat menyebabkan mati rasa atau rasa sakit di siku. .ulnaris memasuki kompartemen anterior. ulnaris masuk ke dalam kompartemen ekstensor dari lengan atas melalui septum intermuskularis pada insersi M. pergelangan tangan atau jari-jari.

ulnaris. akan terasa nyeri yang hebat dan menjalar sepanjang perjalanan N.ulnaris. penekanan dilakukan pada sulcus nervi ulnaris yaitu dibagian posterior epicindylus medialis humeri.ulnaris. Pemerksaan gangguan sensibititas Adanya kekurang sensitifan pada pemeriksaan (dapat dengan menekan menggunakan benda tajam atau tumpul) mengarahkan kita kepada jebakan nervus mana yang dialami. Froment’s test Untuk mengetahui adanya kelemahan pada otot abduktor pollicis dan fleksor pollicis longus.   Tinel test Pada pemeriksaan N. . Jika positif jebakan N.

Terdiri dari: kecepatan konduksi saraf (NCV) elektromiografi (EMG)     Pemeriksaan radiologi juga dapat dilakukan. seperti: X-ray MRI USG resolusi tinggi . pengujian elektrodiagnostik dapat dilakukan.   Untuk mengkonfirmasi diagnosis dan menentukan daerah yang tepat dari kompresi saraf.

Tes Froment Tes Tinel Elektromiografi (EMG) .

Anti inflamasi non-steroid berguna untuk meredakan iritasi saraf. Vitamin B6 oral bisa membantu untuk gejala-gejala yang ringan. Indikasi dilakukannya pembedahan adalah : -Tak ada penyembuhan gejala 6-12 minggu setelah perawatan konservatif -Paralisis atau kelumpuhan progresif Tipe Operatif Dekompressi insitu Transposisi subkutaneous anterior Transposisi intramuskular Transposisi submuskular Epikondilektomi medial .Tipe Konservatif Terapi konservatif pada kompresi nervus ulnaris berhasil bila parestesinya transient dan disebabkan oleh malposisi siku atau truma tumpul. Terapi ini diteruskan selama 6-12 minggu bergantung respons dari pasien.

Ulnaris. Ulnaris pasien pada bagian cubital terjepit. hal ini juga menyebabkan nyeri menjalar ke lengan bawah serta atrofi otot. hal ini dinamakan Cubital Tunnel Syndrome. . sehingga terjadi kehilangan persarafan pada daerah yang diinervasi oleh N.Pasien mengalami sindrom jebakan dimana N. Adanya valgus deformitas terjadi karena adanya riwayat fraktur supracondylar.

Buka Ajar Gangguan Muskuloskeletal. 2012..D.assh.M.D. Pengantar Ilmu Bedah Ortopedi. Zairin Noor.html http://www. Lionel. Intisari Prinsip-Prinsip Ilmu Bedah.D. 2010.org/Public/HandConditions/Pages/CubitalTunnelSyndro me. Schwartz. M.aspx Gleadle. Jakarta: EGC. 2006. . At a Glance Anamnesis dan Pemeriksaan Fisik. 2007. Jonathan.info/ulnar-nerve-entrapment-20120415. Nabil A. 2002. Jakarta: EGC. Jurnal Medical Palmer Bradley A. Kubiti Tunnel Syndrome Vol. Prof. Edisi22. M.35A. Jakarta: Salemba Medika http://ilmubedah. Rasjad. Putz & R. Makassar : Yarsif Watampone. Pabst.Ebraheim. Juanda M. Cahruddin. R. Noor. Hughes. Lecture Notes Neurologi.Ph. & Professor and Cahirman. Anatomi Umum FK UNHAS Makassar Helmi. Shires Spencer. 2012. Jakarta : The Journal of Hand Surgery. Department of Orthopedic Surgery University of Toledo Medical Center.           Dr.D. Jakarta:Erlangga. Atlas Anatomi Manusia Sobotta Jilid 1. Jakarta: Erlangga Ginsberg. Thomas B. 2012.

  MOHON MAAF APABILA TERDAPAT BANYAK KESALAHAN .