Arif Rahman Hakim (4401411124) Fitrotul Aini (44014111--) Bayu Prasetyo (44014111

--)

Jaringan epidermis merupakan lapisan terluar dari daun, bunga, biji, batang dan akar sebelum mengalami penebalan sekunder.  Secara fungsi dan morfologi a. sel epidermis tidak seragam b. ada yang mengalami modifikasi  Secara topografi dan ontogeni a. epidermis merupakan jaringan yang seragam.

 Melindungi tumbuhan dari pengeluaran air yang berlebihan.  Melindungi tumbuhan terhadap kerusakan mekanis  Menjaga dan mengatur suhu tumbuhan .

periderm berkembang setelah perkembangan sekunder.  Pada Acer striatum. Perkembangan awal epidermis berawal dari protoderm yang berasal dari jaringan meristematis. epidermis digantikan oleh jaringan gabus.  Pada tumbuhan monokotil. .  Pada suatu kasus. sel epidermis terusmenerus membelah secara antiklin dan membesar ke arah tangensial.

 Protoderm membentuk epidermis multiseriata. yaitu meristem jaringan dasar dan protoderm.  Meristem jaringan dasar membentuk hipodermis.  Epidermis berasal dari dua meristem berbeda. . Epidermis terdiri atas selapis sel tunggal.

PP = palisade parenchyma. MU = multiseriate epidermis. AD = adaxial face epidermis. PA = parenchyma. Figs. SU = subepidermis. . midrib. 23-25 show basal. SJ = spongy parenchyma. SC = sclerenchyma. 18. Figs. 20-22 show basal. diospyrifolium midrib (AB = abaxial face epidermis. Midrib structure in cross-section. CL = collenchyma. ME = mesophyll. Figs. martiana. dahlstedtii midrib. middle and apical regions of P.Figures 18-25. 19 show basal and apical regions of P. VB = vascular bundle). middle and apical regions of O.

. sel epidermisnya memanjang.  Pada batang dan daun (terutama monokotil) .  Sel epidermis daun konifer. selnya relatif panjang kearah menjari dan membentuk batang. terdapat ruang udara yang ditutupi kutikula. Pada epidermis petala. dinding periklinnya lebih tebal daripada dinding antiklin.  Pada epidermis biji-bijian (Ligominoseae dan Punica). berdinding tebal dan berlignin  Pada tangkai daun epikotil beberapa tumbuhan.  Pada beberapa jenis daun tumbuhan tertentu dan petala membentuk papila.

.

.

. and the stoma on the lower leaf surface. Note the anticlinal walls. Only the cuticle is preserved.Early Cretaceous conifer leaf under photographed under UVlight.

 Pada sel epidermis. Pada sel epidermis sering kali terdapat noktah primer dan plasmodesmata. . organ aerial. terdapat ektodesmata.

 Kutin  Lilin  Garam  Lignin  Getah .

 Lapisan luar : dibangun oleh kutin.  Kutikula terdiri atas 2 lapisan.  Lapisan dibawahnya : lapisan kutikular.  Kutin yg membentuk lapisan khusus disebut kutikula. . yg terdapat dibagian dending luar sel epidermis. Senyawa berlemak.  Ketebelan kutikula beragam.

.

atau sebagai batang juga dalam bentuk keping atau sisik  Proses pembentukan lilin : a. . bahan kutikula mengeras karena oksidasi dan polimerisasi. kutikula berkembang selama tahap awal pertumbuhan organ. Menjadi asam lemak tdk jenuh. Timbunan lilin terjadi dalam bentuk butiran. prekusor kutin mjd tetes kecil dlm matriks dinding epidermis. b. c.

. Cara pembentukan ini masih diperdebatkan. kemudian dilindungi oleh penebalan lapisan kutikula. Schieferstein dan Loomis berpendapat bahwa lilindikeluarkan melalui retakan kutikula daun muda.

 Penimbunan garam dalam bentuk kristal.  Penimbunan garam silika ditemukan dalam dinding sel epidermis dari kebanyakan tumbuhan. misal dalam Tamarix dan Plumbago capensis  Penimbunan minyak dan resin dalam Eucalyptus. .

hanya terdapat pada sebagian dinding atau hanya pada dinding luar. .  Apabila ada. Jarang ditemukan pada dinding sel epidermis.

 Pada kelenjar madu. . Getah dapat ditemui pada dinding sel epidermis ( famili dikotil tertentu)  Pada biji-bijian tertentu (Linum ustatissium) dinding luar sel epidermis bergetah. sel epidermisnya bergetah pada waktu sekresi nektar.

 Kloroplas ditemukan pada Pteridophyta. Hydrophyta dan tumbuhan yg hidup ditempat yang teduh. Sel epidermis biasanya memiliki banyak vakuola.  Antosianin terdapat dalam vakuola sel epidermis petala beberapa bunga. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful