You are on page 1of 10

Disusun oleh: Husin Ali (1121090260) Kelompok 10 – Metodologi Penelitian STIALAN 2013

KBBI : “teknik riset dengan memberi batas yang jelas atas data. Oxford : “look closely at or examine”. “examine and record the area” dan “investigate the opinions or experience of a group of people by asking them question” 3. yaitu sour. peninjauan” dan “pengukuran” . penyelidikan.(sumber) dan veoir (melihat)  2. Prancis : sourveoir.Terminologi: 1.

Asropi (Dimensi-Dimensi Penelitian.com -2008) Survey adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner atau melakukan wawancara dengan sejumlah sample penelitian.2010) : Survei merupakan pengamatan atau penyelidikan yang kritis untuk mendapatkan keterangan yang baik terhadap suatu persoalan tertentu di dalam daerah atau lokasi tertentu atau suatu studi ekstensif yang dipolakan untuk memperoleh informasi-informasi yang dibutuhkan. Bambang Prasetyo (Metode Penelitian Kuantitatif . Ahli:  1.2006) : (Penelitian) survey merupakan suatu penelitian kuantitatif dengan menggunakan pertanyaan terstruktur/sistematis (kuesioner) yang sama kepada banyak orang.1995) : (Penelitian) survey adalah penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang pokok.wordpress. diolah. untuk kemudian seluruh jawaban yang diperoleh peneliti dicatat.   3. 4. Singarimbun dan Effendi (Metode Penelitian Survey . dan dianalisis. asropi. Daniel (Balipaper .  . 2.

 “Suatu teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan mengambil data dari sampel atas populasi yang berhubungan dengan penelitian” .

6. 3. 4. 5. Menentukan masalah penelitian Membuat desain survei Mengembangkan instrumen survei Menentukan sampel Melakukan Pre-Test Mengumpulkan data Pengolahan dan analisis data . 7. 2.1.

2. Wawancara: 1. Kuesioner Lewat Pos / Internet  Survey Catatan . Kuesioner secara Personal 2.  Wawancara Tatap Muka Wawancara dengan Telepon Kuesioner: 1.

2. dan sebagainya. Data yang luas dapat dikumpulkan dari responden yang bervariasi dengan cara yang relatif mudah. tergantung kepentingan dan sumber daya yang dimiliki oleh peneliti. 5. Survei tidak dihalangi oleh batas-batas geografi dan dapat dilakukan di mana saja. Data yang telah ada di lapangan memberikan kemudahan survei. seperti dokumen-dokumen pemerintah. Dari sisi pembiayaan. rating media. 4. data sensus. sebab survei memperbolehkan peneliti memilih dan menguji sejumlah variabel. kelebihan survei yaitu: 1.Kelebihan: Secara umum. Dapat digunakan untuk melakukan investigasi masalah dalam setting yang alamiah tanpa harus dilakukan dalam laboratorium atau melalui perancangan suatu kondisi tertentu. . 3. survei dapat disesuaikan dengan jangkauan informasi yang ingin dikumpulkan.

Instrumen kuesioner memiliki potensi bias yang cukup besar karena pertanyaan yang tertuang di dalamnya tidak selalu menampung persoalan penelitian. 4. 5. Ada kemungkinan responden yang terlibat dalam survei tidak sesuai dengan karakteristik sampel yang dituju. Survei terlalu mengandalkan statistik sehinga mereduksi data-data kualitatif yang sebenarnya dapat memperkaya penjelasan sebuah persoalan. Beberapa survei cukup sulit dilakukan. terutama terkait dengan kesediaan berpartisipasi. 2. Variabel independen tidak dapat dimanipulasi seperti halnya metode eksperimental. . 3.Kelemahan: Secara umum. kelemahan survei yaitu: 1.

Terlepas dari kelemahan-kelemahan. survei masih merupakan teknik utama dalam penelitian.Survei merupakan suatu teknik dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel dari populasi yang berkaitan dengan variabel-variabel dalam penelitian tersebut. terutama yang hasil akhirnya memerlukan data-data statistik. baik secara alternatif pengumpulan data dalam survei maupun secara umum teknik survei itu sendiri. .