Statistik Terapan

By: Nurlaely Ramdani K

MATLAB (Matrix Laboratory) Matlab merupakan suatu software pemrograman perhitungan dan analisis yang banyak digunakan dalam semua area penerapan matematika .

tetapi dalam penulisannya. diawali dengan huruf dan selanjutanya boleh menggunakan gabungan huruf angka atau tanda garis bawah.8 var_1 = 7.8000 >> var2=[1 3 5] var2 = 1 3 5 . Aturan penulisan variabel pada matlab sama dengan aturan pada bahasa pemrograman lainnya. karena matlab mampu mengenali tipe data dari variable dari isi variabel tersebut. variabel di dalam matlab tidak perlu dideklarasikan.Variabel & Operator Seperti bahasa pemrograman lainnya. Contoh : >> var_1=7. yaitu bersifa case sensitive. matlab pun memiliki variabel.

yaitu: • Operator Aritmatika • Operator Relasional • Operator Logika .OPERATOR Pada matlab. operator diklasifikasikan menjadi tiga bagian.

+ Penjumlahan -Pengurangan * Perkalian (aturan matriks) .\ Pembagian kiri (array) ^ Perpangkatan (matriks) .* Perkalian masing-masingelemen yang bersesuaian (aturan array) / Pembagian kanan (matriks) .Operator Aritmetika Operator aritmatika digunakan untuk mengerjakan komputasi numeric./ Pembagian kanan (array) \ Pembagian kiri (matriks) .^ Perpangkatan (array) .

OPERATOR KETERANGAN == Sama dengan ~= Tidak sama dengan < Kurang dari > Lebih dari <= Kurang dari sama dengan >= Lebih dari sama dengan .Operator Relasional Operator relasional digunakan untuk membandingkan operand-operand secara kuantitatif.

Operator Logika & | ~ Akan menghasilkan nilai 1 jika kedua elemen yang bersesuaian memiliki nilai true dan 0 untuk lainnya Akan bernilai 1 jika salah satu elemennya true Komplen dari elemen yang diinputkan xor Akan bernilai 1 jika salah satu dari kedua elemen memiliki nilai berbeda dan bernilai nol jika sama .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful