HUBUNGAN ANTARA SAINS,TEKNOLOGI DAN SENI BAGI MANUSIA

• Budi Rahman Saputra • Rahman Anshari Nama Anggota : ( 201210170311007 ) ( 201210170311024 ) Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

MANUSIA Manusia adalah makhluk monopliralis yaitu makhluk yang terdapat banyak ragaman dalam dirinya. tetapi keragman tersebut hanya terdapat pada satu jiwa .

Rohani Roh yang mengisi dan menjalankan badan tersebut dimana dalam dimensi rohani manusia terdapat cipta rasa dan karsa . Jasmani Sebagai badan atau rangka yang terlihat oleh indra kita b.1. Susunan kodrat a.

Makhluk sosial Manusia dikatakan sebagai mahluk sosial karena manusia tidak dapt hidup sendiri dan membutukan bantuan orang lain agar dapat melangsungkan hidupnya .2. Makhluk individu Manuisa dikatakan mahluk individu karena setiap manusia tercipta dengan kepribadian keunikan serta kekurangan dan kelebihan masing-masing b. Sifat kodrat a.

manusia mempunyai hak dan kewajiban dalam menjalakan hak dan kewajiban ini haruslah melandaskan moral dan tanggung jawab agar dapat berjalan sebagaimana mestinya b. Kedudukan kodrat a. Makhluk pribadi Sebagai makhluk pribadi. senta segala tindakan manusia akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah SWT .3. Mahkluk tuhan Sebagai makhluk tuhan manusia memiliki kewajiban beribadah kepada allah swt.

Berdasarkan sifat-sifat tersebut maka manusia selalu mempunyai pola pikir pengharapan atau keinginan untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik dari penghidupannya .

berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata (misal : fisika biologi. kimia) .SAINS Sains adalah ilmu yang yang teratur (sistematik) yang dapat diuji atau dibuktikan kebenarannya.

Proses ini dinamakan pendekata sintifik dan menjadi landasan terpenting dalam perkembangan dan kemajuan manusia dan teknologi .Nah apa hakekatnya sains pada manusia ????? Sains memberikan penekanan sebagai hasil pemikiran manusia dalam menguasai ilmu pengetahuan yang terdapat dalam alam semesta.

TEKNOLOGI Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang. benda-benda atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan realisasi hidupnya di dunia Secara lebih umum dapat dikatakan bahwa teknologi merupakan suatu sistem penggunaan berbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan-tujuan praktis yang ditentukan .

misalnya : internet. Bioteknologi Yaitu suatu teknologi yang mampu memanipulasi proses alami yang secara dramatis.handphone.tv.1.misal : kloninng pada hewan dan tumbuhan .radio 3. Teknologi komunikasi Yaitu suatu sistem yang memungkinkan kita dapat berkomunikasi dengan siapapun kapan pun dan dimanapun tidak terbatas ada tempat jarak dan waktu. misal : internet.wirelees dan lain-lain 2. Teknologi informasi Yaitu suatu sistem yang memudahkan kita untuk memperoleh berbagai info yang dibutuhkan secara peraktis dan dalam waktu yang relatif singkat.

kesenangan yang lahir dalam diri seseorang untuk menghasilkan suatu aktiviti . pemikiran.SENI Menurut bahasa "seni" berarti indah tetapi menurut istilah "seni" merupakan sesuatu manifestasi dan pancaran rasa keindahan.

gerak. dan ispirasi serta tenaga seniman itu sendiri. pengetahuan.bunyi.Wujud dari lahirnya suatu karya seni adalah hasil dari ide-ide para seniman yang belandasan daya imaginasi.bahasa. pendidikan.kata-kata. dan rupa bentuk yang bersofat kreatif dan imaginatif dari suatu kemahiran . karya seni dapat dituangkan dalam bentuk garis warna.

DAN SENI BAGI MANUSIA Hakekatnya manusia secara kodrati bersifat sebagai makhluk individu sekaligus makhluk sosial Potensi-potensi manusia sebagai makhluk individu dapat dituangkan dalam sebuah karya seni. sains dan teknologi .PENGARUH SAINS.TEKNOLOGI.

sains.teknologi dan seniketat dapat mempermudah proses pemecahan berbagai masalah yang dihadapi oleh manusia c. meningkatkan kesejahteraan kehidupan manusia b.Pengaruh sains teknologi dan seni bagi manusia berpengaruh baik secara positif maupun secara negatif 1.teknologi dan seni dapat memberikan suatu inspirasi . pemanfaatan sains. Pengaruh positif a.

mental dan budaya bangsa. rusaknya ekosistem laut e.seperti : a. penyakit moral .air dan tanah c. terjadinya polusi udara.2. pergaulan bebas f. terjadinya pemansan global d. menipisnya lapisan ozon b. pengaruh negatif Kerusakan lingkungan.

teknologi dan seni dengan nilai-nilai empiris.keagamaan dan dilaksanakan dengan rasa penuh tangagung jawab . teknologi dan seni dapat memberikan pengaruh positif bagi manusia dan budaya maka manusia dapat mengkolaburasikan sains.KESIMPULANNYA !!! Oleh karena itu agar sains.nilai-nilai moral dan menyesuaikan dengan niali-nilai relegius.

Thank You For Your Attention^^ .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful