Epidemiologi

• Cedera kepala akibat kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab utama disabilitas dan mortalitas (Anonim,2011). • Berdasarkan laporan dari World Health Organization (WHO) tahun 2006, cedera kepala adalah penyebab utama kematian dan kecacatan pada anak dan dewasa muda di seluruh dunia dan menduduki urutan ke empat penyebab kematian di seluruh Dunia. Lebih dari 50% kematian disebabkan oleh cidera kepala.

80% dikelompokkan sebagai cedera kepala ringan (CKR).2007). kegiatan olahraga dan rekreasi (Wilkinson. Kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab 48%-53% dari insiden cedera kepala. 20%-28% lainnya karena jatuh dan 3%-9% lainnya disebabkan tindak kekerasan. .• Di Negara maju. kejadian cedera kepala setiap tahunnya diperkirakan mencapai 500. dan 10% sisanya adalah Cedera Kepala Berat (CKB). 10% meninggal sebelum tiba di Rumah Sakit. 10% termasuk cedera kepala sedang (CKS).000 kasus dan lebih dari 100.000 penderita cedara kepala mengalami berbagai tingkat kecacatan sesuai dengan daerah yang terkena. Dari jumlah tersebut. seperti Amerika Serikat cedera kepala merupakan penyebab kematian terbanyak untuk kelompok usia (15-44) tahun. Yang sampai di Rumah Sakit.

• Di Negara berkembang seperti Indonesia. sedangkan untuk CKR tidak ada yang meninggal (Anonim.2008). 5%-10% CKS. Angka kematian tertinggi sekitar 35%-50% akibat CKB. seiring dengan kemajuan teknologi dan pembangunan. . 15%-20% CKS. Dari Data epidemiologi cedera kepala di Indonesia belum ada. tetapi data dari salah satu Rumah Sakit di Jakarta yaitu RS Cipto Mangunkusumo melaporkan bahwa untuk penderita rawat inap. frekuensi cedera kepala cenderung meningkat. terdapat 60%-70% dengan CKR. dan sekitar 10% dengan CKB.

PENATALAKSANAAN CEDERA KEPALA AKUT Dr ISKANDAR JAPARDI Fakultas Kedokteran Bagian Bedah Universitas Sumatera Utara .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful