ARUS LISTRIK & ALAT UKUR LISTRIK

INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
1. Menggunakan Amperemeter dalam rangkaian 2. Menggunakan Voltemeter dalam rangkaian 3. Menggunakan Multimeter dalam rangkaian

Q = Jumlah muatan listrik (Coulomb).Arus listrik mengalir dari kutub (+) ke kutub (-) . 2.Elektron mengalir dari kutub (-) ke kutub (+) Rapat arus listrik (J) adalah kuat arus listrik yang mengalir tiap luas penampang J = I/A . 4. t = waktu (sekon) Satuan Ampere digunakan untuk menghormati fisikawan yang menemukan konsep arus listrik yang bernama Andre Marie Ampere Penyebab timbulnya arus listrik Karena perbedaan potensial. I = Q/t Dengan: I = Kuat arus listrik (Ampere). 3. Arus Listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir pada suatu rangkaian listrik tertutup tiap satu-satuan waktu. Arah arus listrik berlawanan dengan arah aliran elektron .ARUS LISTRIK 1.

beda potensial. dan hambatan listrik .ALAT UKUR LISTRIK ALAT UKUR LISTRIK AMPEREMETER VOLTMETER MULTIMETER • Amperemeter = alat ukur kuat arus listrik • Voltmeter = alat ukur beda tegangan listrik • Amperemeter dan voltmeter tersusun atas galvanometer dan hambatan shunt • Multimeter merupakan alat ukur listrik yang dapat mengukur nilai kuat arus.

AMPEREMETER Amperemeter dipasang seri pada rangkaian listrik Oooo ternyata amperemeter itu terdiri dari galvanometer/basicmeter yang sebetulnya sudah mampu mengukur adanya arus listrik tetapi dalam skala kecil Lalu. bagaimana caranya memperbesar batas ukur pada amperemeter???? Mau tau caranya??? Ikut’in aku .

Jika kita ingin menaikkan batas ukur amperemeter menjadi n kali. maka hambatan shunt yang mesti dipasang adalah: Rsh  RA n  1 atau ada pula yang menyebut Rsh  RG n  1 Dengan n adalah pelipatan batas ukur n I I atau ada pula yang menyebut n  IG IA .Memperbesar batas ukur pada Amperemeter Memperbesar batas ukur pada amperemeter dapat dilakukan dengan cara memasang shunt pada amperemeter/basicmeter.

VOLTMETER Voltmeter dipasang secara paralel pada rangkaian listrik Bagaimana yaaa caranya memperbesar batas ukur voltmeter??? .

maka hambatan shunt yang mesti dipasang adalah: Rsh  n  1RV atau ada pula yang menyebut Rd  n  1RV Dengan n adalah pelipatan batas ukur n V V atau ada pula yang menyebut n  VV VG .Memperbesar batas ukur pada Voltmeter Memperbesar batas ukur pada voltmeter dapat dilakukan dengan cara memasang shunt pada voltmeter tersebut/basicmeter. Jika kita ingin menaikkan batas ukur voltmeter menjadi n kali.

Membaca Skala pada Alat Ukur Listrik Nilai Ukur  Skala ditunjuk  Batas Ukur Skala Maks .

Membaca Skala pada Multimeter Nilai Ukur  Skala ditunjuk  Batas Ukur Skala Maks Perhatikan tombol pemilih. Karena tombol pemilih menunjukkan pengukuran hambatan maka gunakan skala pada pengukuran hambatan pula.4 1000 Ukur  400 . Nilai Nilai Nilai Nilai Nilai 4 Ukur  1k 10 4 Ukur  1k 10 Ukur  0. Tombol pemilih menyatakan besaran listrik yang mau diukur.4k  0.4 1k Ukur  0.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful