MATA KULIAH PERENCANAAN STRATEGIS

PENYUSUNAN RENSTRA SKPD

Pertemuan tanggal 17 April 2013

Renstra SKPD
• merupakan tanggung jawab Kepala SKPD yang memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsi SKPD dengan berpedoman pada rancangan awal RPJM Daerah dan SPM. • bersifat indikatif, tidak mengabaikan keberhasilan yang sudah dicapai selama ini, dan diselaraskan dengan program prioritas Kepala Daerah terpilih dengan cara menghimpun setiap kegiatan pada rencana kerja yang terkait dengan SKPD ybs ke dalam program SKPD, program lintas SKPD dan porsi program SKPD ybs. pada program kewilayahan.

Dokumen rencana resmi daerah bagi mengarahkan pelayanan SKPD khususnya dalam jangka waktu 5 (lima) tahun ke depan Pd masa pimpinan Kepala Daerah dan wakil Kepala Daerah Terpilih
Mengklarifikasikan secara eksplisit visi dan misi KDH Terpilih dan RPJMD, kemudian menerjemahkan secara strategis, sistematis, dan terpadu ke dalam tujuan, strategi, kebijakan, dan program prioritas SKPD serta tolok ukur pencapaiannya

Merupakan penjabaran dari TUPOKSI SKPD Selaras dengan dengan rencana resmi daerah di atasnya (RPJMD dan RPJPD) Merupakan masukan utama bagi penyusunan Renja SKPD dan RPJMD Mengakomodasikan hasil Forum Multi Stakeholder SKPD

Hubungan/integrasi tahapan Penyusunan Perencanaan Strategis Menengah RPJMD dengan Renstra SKPD RPJM Nas Kondisi Umum Drh RPJMD Prop Visi-Misi & Program KD Terpilih Rancangan Awal RPJMD Pembahasan dengan SKPD Rancangan RPJMD MUSRENBANG RPJMD Rancangan Ahir RPJMD RPJMD Analisis Keuangan Daerah Capaian keberhasilan & permasalahan Rancangan Renstra SKPD Pembahasan Forum SKPD Renstra SKPD Renstra SKPD Provinsi Tupoksi SKPD Renstra SKPD Periode lalu .

.

Tujuan dan Kebijakan SKPD Ada Perumusan Program (SKPD.Proses Ada pengumpulan data/Informasi Kondisi Pelayanan SKPD Apakah ada Kajian Implikasi Visi. Kewilayahan) Ada perumusan Kegiatan dan Lokasi kegiatan. Lintas SKPD. misi & Prrogram KD thd Tupoksi SKPD Ada acuan Rancangan Awal RPJMD Ada Evaluasi Renstra SKPD (RenstraDinas) periode lalu Ada analisis SWOT Ada evaluasi Capaian keberhasilan & permasalahan Ada review Renstra SKPD Provinsi/KL Ada Pembahasan Forum SKPD Produk Ada profil SKPD Ada Perumusan Visi & misi SKPD Ada Strategi. dilengkapi Indikasi pendanaan Kerangka regulasi Kerangka anggaran Ada berita acara hasil kesepakatan forum SKPD Ada dokumen Rancangan Renstra SKPD INDIKASI RENSTRA Kepmendagri No 050-188/Kep/Bangda/2007 .

Rancangan Awal RPJMD Visi-Misi & Program KD Terpilih •Prioritas pemb. sumber dana & Wilayah kerja Pembahasan Ranwal RPJMD dengan SKPD Rancangan RPJMD MUSRENBANG Rancangan Ahir RPJMD RPJMD Pembahasan Forum SKPD Kajian Implikasi Visi. tujuan. Kebijakan. dilengkapi •Indikasi pendanaan •Kerangka regulasi •Kerangka anggaran Perumusan Visi & misi SKPD Kajian Internal & eksternal (Analisis SWOT) Penetapan Strategi. Program dan Kegiatan SKPD) Renstra SKPD Tupoksi SKPD Evaluasi Renstra SKPD (RenstraDinas) periode lalu Capaian keberhasilan & permasalahan Renstra SKPD Provinsi PENETAPAN PERATURAN KEPALA SKPD . Kewilayahan) Rancangan Renstra SKPD (Visi. misi & Prrogram KD thd Tupoksi SKPD Penyusunan Kegiatan dan Lokasi kegiatan. Tujuan dan Kebijakan Perumusan Program (SKPD. Lintas SKPD. strategi. misi. •Pagu indiakatif berdasar fungsi SKPD.

STRATEGI. kelompok sasaran dan pendanaan indikatif. 4. gambaran pelayanan SKPD. misi. pendahuluan. MISI. strategi dan kebijakan. visi. dan 6. DAN KEGIATAN PEMBANGUNAN sesuai dengan tugas dan fungsinya hyper link Sistematika penulisan Renstra SKPD: 1. Sesuai dg PP nomor 8/2008 . rencana program. 2. isu-isu strategis berdasarkan tugas pokok dan fungsi. 5. TUJUAN. kegiatan. indikator kinerja. indikator kinerja SKPD yang mengacu pada tujuan dan sasaran RPJMD. PROGRAM.Muatan Renstra paling sedikit mencakup: VISI. tujuan dan sasaran. KEBIJAKAN. 3.

Misi dan Program Kepala Daerah Terpilih terhadap Tupoksi SKPD  Penilaian keterkaitan visi.Tahapan/PROSES Penyusunan Renstra SKPD 1. Kajian implikasi Visi.  Kesimpulan dampak visi. misi dan program Kepala Daerah terpilih • Identifikasi perubahan program dan kegiatan SKPD • Bentuk upaya mejaga kelanjutan capaian kinerja yang sudah baik dan rumusan kegiatan penting yang belum terlaksana pada periode lalu • Hasil telaahan program dan kegiatan yang memerlukan kerjasama dengan SKPD lain atau pihak ketiga • Hasil telaahan sebaran kegiatan (lokasi) sesuai arahan rencana tata ruang . misi dan program dalam Renstra SKPD periode lalu  Identifikasi program Kepala daerah terpilih terhadap capaian kinerja program SKPD periode lalu.

2. Pembahasan Forum SKPD  merupakan forum konsultasi dengan para pemangku kepentingan pembangunan untuk membahas rancangan Renstra SKPD. lintas SKPD dan program kewilayahan  Penyusunan rencana kegiatan yang dilengkapi indikasi pendanaan serta dilampiri rencana kerangka regulasi dan kerangka pendanaan bersifat indikatif  Menetapkan lokasi rancangan kegiatan dengan memperhatikan rencana tata ruang 3. .  Pembahasan Forum SKPD.  Mendapatkan komitmen para pemangku kepentingan pembangunan SKPD ybs yang menjadi masukan dalam penyempurnaan rancangan Renstra SKPD. dibawah koordinasi Kepala SKPD. waktu dan frekuensi pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan jadual kerja penyusunan RPJM Daerah yang dikeluarkan oleh Bappeda. Penyusunan Rancangan Renstra SKPD  Menerima secara resmi Rancangan Awal RPJMD  Perumusan visi dan misi SKPD  Kajian strategis terhadap lingkungan internal dan lingkungan eksternal untuk menetapkan strategi dalam kelompok tujuan dan kebijakan dalam pencapaian visi dan misi SKPD  Penyusunan program sebagai penjabaran kebijakan dalam bentuk program lokalitas SKPD.

Penyampaian Rancangan Renstra SKPD kepada Kepala Bappeda sebagai masukan utama dalam penyusunan Rancangan Akhir RPJM Daerah dan bahan Musrenbang RPJM Daerah. beserta naskah akademis dan naskah kesepakatan hasil Musrenbang Jangka Menengah Daerah kepada Kepala SKPD 4. Penyusunan Rancangan Akhir Renstra SKPD  Menyusun rancangan akhir Renstra SKPD dengan memuat hasil kesepakatan Forum SKPD/Musrenbang RPJM Daerah dibantu Tim Fasilitasi. Penetapan Peraturan Kepala SKPD tentang Renstra SKPD .  Menyampaikan rancangan akhir Renstra SKPD.3. Kepala SKPD bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi hukum.  Menyusun naskah akademis rancangan Peraturan Kepala SKPD tentang Renstra SKPD dibantu Tim Fasilitasi. 5.

Uraian Visi Renstra SKPD (setidaknya) memuat uraian visi RPJMD namun terbatas pada sasaran hasil pembangunan Daerah yang sesuai dengan fungsi dan tugas SKPD yang bersangkutan. 3. Rancangan Renstra SKPD disusun dengan cara :  menjabarkan Sasaran Hasil Pembangunan. 2.Inti Muatan Tata Cara Penyusunan Renstra SKPD 1. Setiap Sasaran Hasil Pembangunan dioperasionalkan dalam bentuk Program dan kegiatan pembangunan pada suatu Rencana Kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif. .  merumuskan kerangka Regulasi yang diperlukan dan kerangka pendanaan secara iteratif sehingga Indikator Sasaran Hasil Pembangunan diperhitungkan dapat dicapai.  mempertahankan kinerja pelayanan yang sudah dicapai pada periode sebelumnya.

Karena itu. 7. SKPD berkepentingan untuk mempertahankan tingkat kinerja pelayanan yang sudah dicapai pada periode sebelumnya. Tujuan dalam Renstra SKPD merangkum maksud mengoperasionalkan RPJMD serta pelaksanaan fungsi dan tugas SKPD secara utuh. 6.Inti Muatan Tata Cara Penyusunan Renstra SKPD 4. 5. tujuan dalam Renstra SKPD dapat berbentuk beberapa kelompok tujuan. Indikasi kerangka pendanaan diperoleh setelah SKPD melakukan simulasi pembiayaan program/kegiatan untuk mengkonfirmasi bahwa target sasaran hasil pembangunan memang dapat dicapai pada pagu indikatif yang disediakan. . Kebijakan pada Renstra SKPD memuat semua sasaran hasil pembangunan SKPD dalam mengoperasionalkan RPJMD dan fungsi serta Tugas SKPD secara utuh. sesuai dengan fungsi dan tugasnya secara utuh.

Strategi pada Renstra SKPD adalah perumusan langkah-langkah program dan kegiatan (indikatif) yang diperlukan untuk mencapai target sasaran hasil pembangunan SKPD yang sesuai dengan pagu indikatif SKPD. dan atau Program/kegiatan kementerian Negara/Lembaga. 10. program lintas SKPD dan program kewilayahan yang disusun menurut fungsi dan sub fungsi. 9. serta  keseluruhan program dan kegiatan yang dirinci dalam program SKPD (murni). serta memanfaatkan program/kegiatan SKPD provinsi. untuk kemudahan penganggaran.Inti Muatan Tata Cara Penyusunan Renstra SKPD 8. Setiap sasaran hasil pembangunan SKPD dioperasionalkan dalam program dan kegiatan dalam satu kelompok rencana kerja yang sifatnya Indikatif. . Renstra SKPD :  memperlihatkan program dan kegiatan pembangunan menurut Rencana Kerja untuk mencapai masing-masing sasaran hasil pembangunan untuk kemudahan koordinasi dan evaluasi pelaksanaan rencana.

sebagai bagian integral dari upaya pembangunan daerah secara utuh. . adalah program dan kegiatan yang disusun untuk mencapai Sasaran Hasil Pembangunan yang pendanaannya diperoleh dari anggaran pemerintah (daerah).Kerangka regulasi.Kerangka Pendanaan.Inti Muatan Tata Cara Penyusunan Renstra SKPD 11. 12. sebagai bagian integral dari upaya pembangunan daerah secara utuh. adalah sekumpulan pengaturan yang diterbitkan oleh pemerintah daerah dalam bentuk perundangundangan dan atau dokumen dinas lainnya yang diperlukan untuk mencapai sasaran hasil Pembangunan.

CONTOH PRAKTEK PENYUSUNAN RENSTRA .

3 DISUSUN RENSTRA SKPD APA STRATEGINYA MISI MISI MISI MISI MISI MISI MISI MISI MISI APA PROGRAMNYA Apa langkah-langkah SKPD dlm mewujud VISI-MISi Insrtumen keb Apa unt mencapai tujuan dan sasarsan .1 VISI SKPD .SKPD HARUS MENGOPERASIONALKAN VISI MISI BUPATI SESUAI DENGAN TUPOKSINYA DI TINGKAT DAERAH VISI BUPATI DISUSUN RPJMD MISI MISI MISI APA STRATEGINYA APA PROGRAMNYA DI TINGKAT SKPD VISI SKPD .2 VISI SKPD .

serta tugas dan fungsi SKPD Merumuskan visi. tujuan. misi. program.LANGKAH-LANGKAH Mempelajari Visi-misi dan Program Daerah terpilih Mengklarifikasi Visi dan misi bupati Untuk mendapatkan gambaran parameter (SASARAN) Yang ingin dicapai dalam 5 tahun ke depan Menghimpun sasaran-sasaran daerah Yang terkait dengan TUPOKSI SKPD Sesuai peran dan fungsinya memperhatikan Renstra-SKPD periode sebelumnya rancangan awal RPJM Daerah utamanya draft rencana-rencana kerja yang terkait SKPD ybs capaian keberhasilan dan permasalahan dalam periode sebelumnya. dan kegiatan pembangunan SKPD . kebijakan. strategi.

Demokratis dan Sejahtera MISI 1. 5. . peningkatan kualitas SDM dan penyetaraan GENDER Meningkatkan pola pelayanan birokrasi dengan mengutamakan kepuasan masyarakat secara pasti. 4. Menciptakan keamanan. cepat dan murah Meningkatkan kualitas kehidupan dan kerukunan antar umat beragama dengan penguatan kesadaran moral dan etika serta kehidupan berbudaya dimasyarakat 2.VISI-MISI BUPATI TERPILIH KAB KARANGANYAR VISI Terwujudnya Karanganyar Yang Tenteram. 3. ketertiban dan kepatuhan hukum melalui oenegakan peraturan perundangundangan Memperkuat kehidupan demokratis melalui pemberdayaan partisipasi rakyat untuk memperkokoh pemerintahan daerah yang demokratis Mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui keseimbangan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan yang bertumpu pada kemandirian.

RPJP Kab KRA tahap 5 th pertama RPJP Ka Kratahap 5 th kedua Kualitas SDM Ekonomi daerah Intanpari dan UMKM OTDA dan Good Gv Sar pras Hkm. Bdy gender Sda dan LH VISI BUPATI KARANGANYAR Terwujudnya Karanganyar Yang Tenteram. Demokratis dan Sejahtera SEJAHTERA: TENTERAM. Tidak ada kejahatan Tidak ada konflik sosial Penegakan hukum DEMOKRATIS: Partisipasi masyarakat Pemerintahan yang baik Pelayanan publik bagus Penegakan hukum Sehat Terdidik Tidak menganggur Pendapatan meningkat Bisa memenuhi kebutuhan hidup Infrastruktur merata .

3.Demokrasi 2. Mencipt Keamanan. 1. Hukum 4. Pemb partisipasi rakyat . Kehidupan demokrasi. Ketertiban 3. SDM dan gender PARAMETER 1. dst PARAMETER 1.pemerintahan INDIKATOR -angka keterlib masy dlm Pemb -keterlib masy dlm perenc -keterl masy dlm pengangr SKPD yg terlibat -SKPD Pemberdayaan -SKPD pemerintahan umum -SKPD Bappeda PARAMETER -kesejahteraan -pertumb ekonomi -pemerataan pemb -gender INDIKATOR -pendidikan -kesehatan -pendapatan -lap kerja -infastruktur -AP gender SKPD yg terlibat -SKPD Pendidikan -SKPD Kesehatan -SKPD disnaker -SKPD DPU . Peraturan INDIKATOR -%kejahatan -%penyelesaian Perkara -% pelanggaran lantas SKPD yg terlibat -SKPD Satpol PP -SKPD Kamtibum -SKPD Hukum. Kesejahteraan rakyat 2. bertumpu Kemandirian.Kepatuhan hukum demokratis Melalui keseimbangan Pertumbuhan ekonomi & Pemerataan pemb. Partisipasi 3. Pemerintahan daerah ketertiban. Keamanan 2.

Pelayanan umum 2. meningkatkan kualitas kehidupan Dan kerukunan antar umat beragama. Penguatan kesadaran moral dan etika. meningkatkan pola pelayanan Birokrasi dengan mengutamakan kepuasan masy scr pasti. cepat.Misi 4. murah Misi5.pendidikan -kesehatan -IPM SKPD yg terlibat -SKPD urusan sosial -SKPD pendidikan -SKPD kesehatan . Kehidupan berbudaya PARAMETER 1. budaya INDIKATOR -kepastian -kecepatan -murah SKPD yg terlibat -SKPD pemerintahan umum -SKPD kecamatan INDIKATOR -AP. etika 4. Kualitas hidup 2. Pelayanan birokrasi PARAMETER: 1. Kerukunan agama 3. Kesadaran moral.

Dst .......... ....

PENYUSUNAN PROFIL SKPD • TASK ORDER 3.....(TH KE 1 SD 5).. PEMBENTUKAN FORUM SKPD dan KELOMPOK KERJA • TASK ORDER 2. PENYEPAKATAN ISU STRATEGIS SKPD • TASK ORDER 5. DIBAWA KE MUSRENBANGKEC . PERUMUSAN VISI-MISI SKPD • TASK ORDER 4.. MENJADI PIJAKAN RENJA SKPD.. PENYUSUNAN KEGIATAN PEMBANGUNAN. ANALISIS SWOT UNTUK MERUMUSKAN ALTERNATIF STRATEGI DAN KEBIJAKAN • TASK ORDER 6. PENYUSUNAN PROGRAM KUNCI DAN INDIKATOR KINERJA • TASK ORDER 7.Langkah Penyusunan • TASK ORDER 1..

TASK ORDER 1. PEMBENTUKAN FORUM SKPD Tujuan -Membentuk forum yang ber antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan hasil musrenbang kec dengan SKPD -Fungsi forum SKPD bisa diperluas sebagai forum partisipatif untuk dalam pembahasan Visi-misi SKPD. KESEHATAN DLL MISALNYA -Identifikasi Stakeholder bidang/ fungsi ybs Pelaku Langkah Output Metode .Terbentuknya Forum SKPD .Lokakarya . Isu Strategis sampai dengan perumusan progran dan kegiatan -Kelompok kerja dibentuk dari FORUM SKPD STAKEHOLDER BIDANG (PENDIDIKAN.

Forum SKPD Kimpraswil. kesehatan dll. dll) • Terdiri dari para delegasi kecamatan dan kelompok2 masyarakat di tingkat kabupaten/ kotayang berkaitan langsung dengan fungsi/ SKPD . (mis. Forum SKPD pendidikan.FORUM SKPD • Adalah wadah antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan hasil musrenbang kec dengan SKPD • Diprioritaskan untuk fungsi-fungsi pelayanan dasar spt: pendidikan.

KESEHATAN DLL MISALNYA -Tinjauan data dari dokumen-dokumen yang sudah ada. pelayanan dan prasarana daerah (bidang/ fungsi ybs) -Untuk mengetahui potensi dan masalah kelembagaan (bidang/ fungsi ybs) -Untuk mengetahui potensi dan masalah ekuangan daerah (kaitannya dengan bidang/ fungsi ybs) STAKEHOLDER BIDANG (PENDIDIKAN. PENYUSUNAN PROFIL SKPD Tujuan -Untuk mengetahui profil investasi. wawancara dengan nara sumber dsb.TASK ORDER 2.Terbentuknya Profil SKPD Pelaku Langkah Output Metode -Pertemuan POKJA-POKJA SKPD -Diskusi -Penyusunan Profill SKPD . .

cermati tupoksi SKPD (termasuk Struktur Organisasinya) -Cermati misi RPJMD yang terkait dengan tupoksi SKPD -Cermati isu strategis nasional yg relevan dg tupoksi -Cermati kompetensi/kondisi SKPD Output Metode Tersusunnya VISI dan MISI SKPD -Diskusi . KESEHATAN DLL MISALNYA. PERUMUSAN VISI-MISI SKPD Tujuan Pelaku Langkah -Untuk melihat dan merumuskan kembali visi-misi SKPD berdasarkan visi-misi darah (bila perlu) STAKEHOLDER BIDANG (PENDIDIKAN. Kepala satuan kerja pemda menjadi pimpinan .TASK ORDER 3.

PENYEPAKATAN ISU STRATEGIS SKPD Tujuan Pelaku Langkah Output -Untuk menyepakati isu-isu strategis daerah kaitannya dengan bidang/ fungsi ybs STAKEHOLDER BIDANG (PENDIDIKAN. KESEHATAN DLL MISALNYA. Kepala satuan kerja pemda menjadi pimpinan -Perumusan isu-isu -Pemeringkatan -Penyepakatan isu Isu strategis Bidang/ fungsi SKPD Metode -Pertemuan Pokja-pokja -Diskusi -Lokakarya .TASK ORDER 4.

program kunci dan kegiatan pembangunan dalam range 5 tahun STAKEHOLDER BIDANG (PENDIDIKAN. Kepala satuan kerja pemda menjadi pimpinan -Analisis faktor internal -Analisis faktor external -Alternatif Strategi dan kebijakan -Perumusan Program dan penetapan indikator kinerja -Perumusan Kegiatan pembangunan (dalam 5 tahun) Strategi. PERUMUSAN STRATEGI. KESEHATAN DLL MISALNYA.TASK ORDER 5.7. kebijakan. PROGRAM DAN KEGIATAN Tujuan Pelaku Langkah -Untuk menyepakati Strategi. kegiatan pembangunan untuk output Renja SKPD dan dibawa ke forum MUSRENBANG KECAMATAN Output Metode -Analisis SWOT .6. program.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful