BERPIKIR DAN PEMECAHAN MASALAH

SUMIRTA

PERKENALKAN
NAMA TGL LAHIR RIWAYAT PDDK D III D IV S 1, KEP S 2, KESMAS 1991, UJUNG PANDANG 2000, SURABAYA 2006, KEDIRI 2012, UNUD I NENGAH SUMIRTA 25 PEB 1965

ALAMAT
TELEPON RUMAH HP

JALAN NAGKAH GARUDA 12 DPS
0361. 8956916 082145529459

Perhatikan mind map berikut !! .

Apa manfaat Mind Mapping?  Memberi pandangan menyeluruh pokok masalah     yang tak terbatas. dilihat. Mendorong pemecahan masalah dengan membiarkan kita melihat jalan-jalan terobosan kreatif baru. Memudahkan kita untuk membuat rencana/pilihan-pilihan beragai hal. . dicerna dan diingat. Mengumpulkan sejumlah besar data di satu tempat. Sangat mudah dan menyenangkan untuk dibuat. dibaca.

Artinya. Ketika kita ingin mengingat informasi secara efektif dan efisien. Ketika kita ingin mengadakan presentasi. Ketika kita memahami suatu hal seperti : membaca buku.Kapan kita menggunakan Mind Mapping?  Ketika kita ingin menemukan ide yang inovatif dan      jalan keluar yang kreatif. Ketika kita sedang berpikir untuk mengubah prestasi atau karier kita. dan langkah-langkah untuk mencapainya. materi. . tetap saja kita dapat mengingat informasi itu dengan baik. Ketika kita ingin menetapkan sebuah tujuan. pidato. ataupun yang lain. sekalipun kita ada dalam tekanan. rapat agar efisien dan lancar.

.

.

.

akan membantu kita untuk dapat : menentukan.Menyadari secara jelas tahapan yang membentuk proses berpikir. mengkontrol dan bahkan mengendalikan banyak hal dalam hidup .

 Berpikir konkrit. Berpikir klasifikatoris. yaitu berpikir dalam dimensi ruang. yaitu lawan berpikir yang terjadi secara lebih cepat. Berpikir ilmiah. yaitu berpikir dalam ketidakberhinggaan.JENIS. Berpikir pendek. yaitu berpikir dalam hubungan yang luas dengan pengertian yang lebih kompleks disertai pembuktian-pembuktian. dan seringkali tidak logis. sebab dapat dibesarkan atau disempurnakan keluasannya. yaitu berpikir untuk mencari hubungan antar peristiwa atas dasar kemiripannya. DAN POLA BERPIKIR  Menurut Kartono (1996. Berpikir analogis. 2006: 118) ada enam pola berpikir.      waktu dan tempat tertentu. TIPE. . Berpikir abstrak. yaitu berpikir mengenai klasifikasi atau pengaturan menurut kelas-kelas tingkat tertentu. dalam Khodijah. lebih dangkal.

• hasil perbuatan akal untuk membentuk pendapat baru berdasarkan pendapatpendapat yang telah ada Penarikan Kesimpulan atau Pembentukan Keputusan Pembentukan Pengertian .PROSES BERPIKIR • Menganalisis ciri-ciri dari sejumlah objek yang sejenis. • Membandingbandingkan ciri tersebut • Mengabstraksikan Pembentukan Pendapat • meletakkan hubungan antara dua buah pengertian atau lebih.

TINGKAT-TINGKAT BERPIKIR ABSTRAK SKEMATIS KONGKRIT .

.

 Permasalahan banyak macamnya tetapi yang penting dalam teknik pemecahan masalah  kemampuan kita untuk memiliki variasi kerangka kerja sebagai pola pikir yang dapat dipergunakan dalam menghadapi masalah yang dapat datang sewaktu-waktu dan dalam bentuk bermacammacam.  pemecahan masalah berarti mencari solusi untuk membuat kondisi sesuai dengan yang diharapkan. Masalah adalah suatu kondisi yang terjadi yang berbeda dengan hal yang diinginkan atau yang dituju atau yang sudah distandarkan. .

5 langkah pemecahan masalah.Mengambil Kesimpulan . John Dewey mengemukakan yaitu: 1).Mengidentifikasi dan Merumuskan Masalah 2).Mengumpulkan Data 4).Menguji Hipotesis 5).Mengemukakan Hipotesis 3).

.

Review your progress. Define your issues or problems causing you stress.PROBLEMA SOLVING  Download your structured problem solving      worksheet. Now write down the pros and cons of each potential solution . . Work out the options that are available to you and write them down. Identify the best solution for your problem.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful