By : Iwan Permana, SKM, Skep, Mkep

 

Adalah bagian aktif dalam asuhan keperawatan, yaitu perawat melakukan tindakan sesuai rencana. Tindakan ini bersifat intelektual, teknis, dan interpersonal berupa berbagai upaya memenuhi kebutuhan dasar klien Implementasi dpt dilakukan oleh : Klg,perawat,anggota tim kesh lain. Selama implementasi data baru secara terus menerus masuk --> berupa respon klien Dan perub situasi.

        Konseling Pendidikan kesehatan Direct care Kolaburasi Pemberdayaan keluarga Perubahan perilaku Rujukan Advokasi .

Menstimulasi Kesadaran Atau Penerimaan Keluarga Mengenai Masalah Dan Kebutuhan Kesehatan Dengan Cara :    Memberikan Informasi Mengidentifikasi Kebutuhan Dan Harapan Tentang Kesehatan Mendorong Sikap Emosi Terhadap Masalah .

Menstimulasi Keluarga Untuk Memutuskan Cara Perawatan Yang Tepat Dengan Cara :    Memberikan Konsekuaensi Tidak Melakukan Tindakan Mengidentifikasi Sumber – Sumber Yang Dimiliki Keluarga Mendiskusikan Tentang Kosekuensi Tiap Tindakan .

Memberi Kepercayaan Diri Dalam Merawat Anggota Keluarga Yang Sakit Dengan Cara : Mendemonstrasikan Cara Perawatan Menggunakan Alat & Fasilitas Yang Ada Di Rumah Mengawasi Keluarga Melakukan Perawatan .

Membantu Keluarga Untuk Menemukan Cara Bagaimana Lingkungan Menjadi Sehat. Dengan Cara :   Menemukan Sumber – Sumber Yang Dapat Digunakan Keluarga Melakukan Perubahan Lingkungan Keluarga Seoptimal Mungkin .

Dengan Cara :   Memperkenalkan Fasilitas Kesehatan Yang Ada Di Lingkungan Keluarga Membantu Keluarga Menggunakan Fasilitas Ksehatan Yang Ada .Memotovasi Keluarga Untuk Menemukan Cara Bagaimana Membuat Lingkungan Menjadi Sehat.

Kurang percaya terhadap tindakan yang diusulkan. Tidak mau menghadapi situasi 4. Kurangnya pengetahuan dalam bidang kesehatan 2.1. Informasi yang diperoleh keluarga tidak menyeluruh 3. Kegagalan dalam mengkaitkan tindakan dengan sasaran 7. . Mempertahankan suatu pola tingkah laku karena kebiasaan yang melekat 5. Adat istiadat yang berlaku 6.

Kurang memberikan penghargaan. Perawat kurang ahli dalam mengambil tindakan. .Faktor lain yang bersumber dari perawat adalah : 1. Menggunakan pola pendekatan yang tetap (kaku. kurang luwes) 2. perhatian terhadap faktor-faktor sosial budaya 3.

Adat istiadat yang berlaku 4. Sarana dan prasarana yang ada pada keluarga.1. Sumber daya keluarga (keuangan) 2. . Tingkat pendidikan keluarga 3. Respon dan penerimaan keluarga 5.

Evaluasi disusun dengan menggunakan SOAP secara operasional. .    Penilaian adalah tahap yang menentukan apakah tujuan tercapai. Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilakukan selama proses asuhan keperawatan Evaluasi sumatif adalah evaluasi akhir.

   Merupakan upaya bersama antara perawat Dan keluarga Dasarnya : bgmn efektifnya intervensi-2 yg telah dilakukan perawat Dan keluarga --> respon keluarga Dan hasil. ◦ Kriteria Hasilnya : Fakta-fakta bahwa keluarga telah membawakan sputumnya utk diperiksa di tempat pelayanan kesh.dll. . bukan intervensi-2 yg diimplementasikan Perlu adanya kriteria evaluasi yang ditetapkan ◦ Contoh Tujuan : Klg akan mengupayakan pemeriksaan anggota keluarga untuk memastikan penyakit anngota keluarga yang dicurigai TBC.

Tujuan tidak realistis 2. Tindakan keperawatan yang tidak tepat 3. Terdapat faktor lingkungan yang tidak dapat diatasi. MODIFIKASI .1.

waktu. menyinggung kelengkapan dari tindakan apakah semua tindakan dilaksanakan untuk mencapai hasil yang diinginkan. . Kecukupan. Keberhasilan dari tindakan keperawatan yang diakitkan dengan pencapaian tujuan 2. Kecocokan. tanaga dan bahan/peralatan yang diperlukan 3. dikaitkan dengan kesanggupan tindakan yang dilakukan untuk memecahkan masalah dengan baik sesuai dengan pertimbangan profesional 4. Ketepatgunaan yang dikaitkan dengan biaya apakah dalam bentuk uang.1.

Keadaan fisik. Psikologis dan sikap. keluarga melaksanakan petunjuk-petunjuk yang berkaitan dengan perawatan lansia dengan keterbatasan aktivitas. misalnya berkembangnya sikap positif keluarga terhadap anggota keluarga yang sakit setelah sebelumnya sempat ditelantarkan 3. misalnya peningkatan berat badan anak pada anak dengan BB BGM 2.1. . Pengetahuan dan perubahan perilaku.

Untuk menambah ketepatgunaan tindakan keperawatan 3. Sebagai bukti hasil dari tindakan perawatan 4. .1. Menghentikan tindakan/kegiatan yang tidak berguna 2. Untuk pengembangan dan penyempurnaan praktik keperawatan.

Latihan simulasi. yang berkaitan dengan perubahan sikap. 2. dapat dilihat dari rencana asuhan keperawatan yang dibuat dan tindakan yang dilaksanakan sesuai dengan rencana 4.1. Observasi langsung : mengamati secara langsung perubahan yang terjadi dalam keluarga. . berguna dalam menentukan perkembangan kesanggupan melaksanakan asuhan keperawatan. apakah telah menjalankan anjuran yang diberikan perawat 3. Memeriksa laporan. Wawancara keluarga.

Misal : Keluarga Mengatakan Nyerinya Berkurang. . Misal : Bb Naik I Kg Dalam 1 Bulan. O Hal-hal Yang Ditemui Oleh Perawat Secara Objektif Setelah Dilakuakn Keperawatan.S Hal-hal Yang Dikemukakan Oleh Keluarga Secara Subjektif Setelah Dilakukan Intervensi Keperawatan.

v v v ..KM II 1 . 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Simpulan 24/ 1 1 v v v . Kep..Tgl Mslh Mslh Kriteria Keluarga Mandiri Kategori Kes.

3. Dan Gejala Dari Masalah Kesehatan Yang Ada Keluarga Dapat Menyebutkan Faktor Penyebab Masalah Kesehatan Keluarga Dapat Menyebutkan Faktor Yang Mempengaruhi Masalah Kesehatan Keluarga Memiliki Persepsi Yang Positif Terhadap Masalah . Tanda. 2.1. Keluarga Mengetahui Masalah Kesehatan Dengan Kriteria : Keluarga Dapat Menyebutkan Pengertian. 4.

5. 6. 7. Dengan Kriteria: Masalah Kesehatan Dirasakan Keluarga Keluarga Dapat Mengungkapkan / Menyebutkan Akibat Dari Masalah Kesehatan Tersebut Keluarga Dapat Membuat Keputusan Yang Tepat Tentang Penanganan Masalah Kesehatan Tersebut . Keluarga Mau Mengambil Keputusan Untuk Mengatasi Masalah .

Keluarga Mampu Merawat Anggota Keluarga Dengan Masalah Kesehatan . Dengan Kriteria : 10. Keluarga Mampu Menggali & Memanfaatkan Sumber Daya Dan Fasilitas Yang Diperlukan Untuk Perawatan Keluarga Dapat Terampil Melaksanakan Perawatan Pada Anggota Keluarga Keluarga Mampu Memodifikasi Lingkungan Yang Mendukung Kesehatan .8. 9.

Family managemant resources. Bowden and Jones ( 2003 ). Community Nursing Practice. Family Health Nursing: Concept and Practice.tResearch. R. Louis.  Dep. Mosby . Philipines Deacon and Firebaugh ( 1988). J.  Baillon and Maglaya ( 1978 ). Community Health Nursing. ( 1996 ). St. Apletton Freeman. ( 1981 ). Philadelphia. and Lancaster. and Heinrich. WB Saunders Stanhope. Family Nursing . M. J.Kes RI (2006).. Pedoman kegiatan perawat kesehatan masyarakat di Puskesmas    Friedman. theory and practice.

.

..Implementasi Tanggal dan waktu 1 januari 2012 No dx 1 Implementasi ………….

berikan pendidikan ulang . implementasi yg dilaks. dg metode lain…. klg dapat menjawab pertanyaan ……. .Format evaluasi formatif Tanggal dan waktu No dx Evaluasi 1 januari 2012 1 S. A. O. perlu metode lain….belum bisamenjawab pertanyaan tentang ……. klg mengatakkan bahwa masihkurang mengerti tentang …….. P.dg metode cermah belum dimengertioleh klg .

masalah belum teratasi P.perlu bantuan LSM yang peduli akan kesehatan .Format evaluasi sumatif Tanggal dan waktu No dx Evaluasi 1 januari 2012 1 S. lanjutkan intervensi .. klg dapat menjawab pertanyaan ……. A. klg mengatakkan bahwa masihkurang mengerti tentang ……. O.belum bisamenjawab pertanyaan tentang …….

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful