You are on page 1of 14

Pokok Bahasan : 1. Definisi Ilmu Komunikasi secara Umum & Pengertian Komunikasi Kesehatan 2. Pengertian Promosi Kesehatan 3.

Konteks Komunikasi secara Umum 4. Fungsi Komunikasi dalam Komunikasi Kesehatan 5. Prinsip Komunikasi Kesehatan dalam Konsep Komunikasi

2001. Yuneta Franciska. 5.S. Aubrey. Bandung: Remaja Rosdakarya. Buku. 2008. M. Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya). Mulyana. Dedy. Teori-teori Komunikasi. dan sumber dari internet yang relevan. 4. . 2011. B. 3. 1986. Jakarta: Salemba Medika. Penyunting: Jalaluddin Rakhmat.Referensi : 1. Bandung: Remaja Rosdakarya Onong Uchjana Effendy. Pustaka Belajar.A. Promosi Kesehatan dalam Pelayanan Kebidanan. Fisher. Dr. Prof. Alo Liliweri. M. Yogyakarta. Dasaridasar Komunikasi Kesehatan. Nesi Novita. 2. Penerjemah: Soejono Trimo. jurnal.

.  Everett M Rogers Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada penerima dengan niat untuk mengubah tingkah laku mereka.Definisi Ilmu Komunikasi secara Umum & Pengertian Promosi Kesehatan  Carl I Hovland : Communications isthe process by which an individual transmit stimuly (usually verbal) to modify the behaviour of other individuals.

 Luis Forsdale Communications is the process by which a system is established maintained and altered by means of share signals that operate according to rules.  Raymond S Ross Komunikasi mengirimkan adalah proses menyortir. . memilih rupa dan simbol-simbol sedemikian sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons daripikirannya agar serupa dengan yang diinginkan oleh komunikator.

untuk mengirimkan. Brent D Ruben Komunikasi manusia adalah proses melalui mana individu dalam hubungannya dalam kelompok. dalam organisasi dan dalam masyarakat menciptakan. . dan menggunakan informasi mengkordinasikan lingkungannya dan orang lain.

.  Studi yang menekankan peranan teori komunikasi yang dapat digunakan dalam penelitian dan praktik yang berkaitan dengan promosi kesehatan dan pemeliharaan kesehatan.Pengertian Komunikasi Kesehatan  Studi yang mempelajari bagaimana cara menggunakan strategi komunikasi untuk menyebarluaskan informasi kesehatan yang dapat mempengaruhi individu dan komunitas agar mereka dapat membuat keputusan yang tepat berkaitan dengan pengelolaan kesehatan.

2)  Ottawa Charter Upaya yang dilakukan terhadap masyarakat sehingga mau dan mampu untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri. . dan lingkungan.Pengertian Promosi Kesehatan Proses peningkatan yang pengetahuan dengan masyarakat upaya tentang kesehatan disertai memfasilitasi perubahan perilaku dan merupakan program kesehatan yang dirancang untuk membawa perubahan atau perbaikan dalam individu. masyarakat. ( Nesi Novita: 2011.

4. 3.Konteks Komunikasi secara umum 1. Komunikasi Interpersonal adalah Komunikasi yang dilakukan oleh individu terhadap dirinya sendiri. . mengolah.menyimpan dan menghasilkan kernbali informasi yang didapatnya. dimana dia menerima. Komunikasi Interpersonal Komunikasi Personal Komunikasi Publik Komunikasi Massa 1. 2.

Kesemuanya ini akan dipengaruhi pola interaksi anda dengan orang lain. (Joseph A. Komunikasi personal Pada komunikasi personal terdapat pengaruh konsep diri pada perilaku manusia. of small group of persons with some effect and some immediate feedback”. Istilah komunikasi antarpersona disebut juga komunikasi sosial karena merujuk pada komunikasi yang dilakukan antar manusia atau antar individu atau terkait erat dengan hubungan antar manusia. Maksudnya adalah bagaimana anda memandang diri anda dan bagaimana orang lain memandang diri anda.2. De Vito) . “personal communication as the sending of message by one person and receiving of message by another person.

Komunikasi publik memiliki ciri komunikasi interpersonal (pribadi). Komunikasi Publik Komunikasi publik biasa disebut komunikasi pidato. tetapi terdapat beberapa perbedaan yang cukup mendasar sehingga memiliki ciri masing-masing.3. komunikasi kolektif. . public speaking dan komunikasi khalayak (audience communication). komunikasi retorika. komunikasi publik menunjukkan suatu proses komunikasi di mana pesan-pesan disampaikan oleh pembicara dalam situasi tatap muka di depan khalayak yang lebih besar. karena berlangsung secara tatap muka.Apa pun namanya.

Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai proses komunikasi yang berlangsung di mana pesannya dikirim dan sumber yang melembaga kepada khalayak yang sifatnya missal melalui alat-alat yang bersifat mekanis seperti radio. dan segi medianya dan ada pula dan sifat pesannya. Komunikasi Massa Terdapat berbagai macam pendapat tentang pengertian komunikasi massa. televisi. Ada yang menilai dan segmen khalayaknya.. .4. surat kabar dan film.

Sumber (komunikator) menyebarkan informasi dalam rangka mendidik penerima (komunikan).S. SUMBER PESAN PENERIMA Fungsinya adalah memberikan informasi yang bersifat mendidik (pendidikan) yang melarang atau mewajibkan dan bertujuan untuk memepengaruhi (persuasi) yang lebih mudah untuk menyajikan iinformasi tersebut dengan hiburan (menghibur). M. Dr. yakni : 1. 2008 : 18 . 2. Sumber atau pengirim (komunikator) menyebarluaskan informasi (pesan) kepada penerima (komunikan). Qalo Liliweri. Prof.Fungsi komunikasi dalam komunikasi kesehatan Secara umum ada dua dari keseluruhan tujuan utama komunikasi.

Komunikaksi punya dimensi isi dan hubungan 4. Komunikasi bersifat non sekuensial 10. Komunikasi melibatkan prediksi peserta komunikasi 7. Semakin mirip latar belakang sosial budaya semakin efektif 9.Prinsip-prinsip Komunikasi kesehatan dalam konsep komunikasi Dibawah ini prinsip-prinsip komunikasi secara umum : 1. Komunikasi berlangsung dalam berbagai tingkatan kesengajaan 5. Komunikasi bersifat prosedural. Setiap perilaku mempunyai potensi komunikasi 3. Komunikasi terjadi dalam konteks ruang dan waktu 6. Komunikasi bersifat sistemik 8. dinamis dan transaksional 11. Komunikasi bersifat irreversible . Komunikasi adalah suatu proses 2.

Prinsip-prinsip komunikasi kesehatan 1. 3. 5. Perubahan perilaku ( behaviour change ) Perubahan sosial ( social change ) Pengembangan kebijakan ( policy development ) Partisipasi masyarakat ( community participation ) Membangun kemitraan ( building partnership and alliance ) . 2. 4.