Landasan Pendidikan

Landasan Filosofis Landasan Kultural Landasan Sosiologis Landasan Psikologis Landasan Ilmiah & Teknologis Landasan Religius
pengantar ilmu pendidikan 1

Landasan Filosofis Landasan yang berkaitan dengan makna & hakekat pendidikan yang berusaha menelaah masalah pokok sampai sedalam-dalamnya Muncul berbagai aliran filsafat yang mempengaruhi pendidikan. seperti: Idealisme Realisme Perenialisme Esensialisme Pragmatisme & progresivisme Eksistensialisme Pancasila sebagai Landasan Filosofis Sistem Pendidikan Nasional pengantar ilmu pendidikan 2 .

yang memungkinkan generasi muda mengembangkan diri.Landasan Sosiologis Kegiatan pendidikan merupakan sustu proses interaksi antara dua individu bahkan dua generasi. Kajian sosiologis tentang pendidikan prinsipnya mencakup semu jalur pendidikan (sekolah maupun luar sekolah) Masyarakat indonesia sebagai landasan Sosiologis Sisdiknas pengantar ilmu pendidikan 3 . yang mempelajari pola interaksi antara sekolah dengan kelompok sosial lain. Hubungan kemanusiaan di sekolah Pengaruh sekolah pada perilaku anggotanya Sekolah dalam komunitas. lahir sosiologi pendidikan Ruang lingkup sosiologi pendidikan Hubungan sistem pendidikan dengan aspek masyarakat lain.

merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan Perkembangan Peserta didik sebagai landasan Psikologis Aspek perkembangan manusia seutuhnya berkaitan dengan perkembangan kepribadian Mencakup aspek behavioral & motivasional Kepribadian mengalami perkembangan yang pengantar ilmu pendidikan menerus dan tidak terputus 4 . shg landasan psikologis merupakan salah satu landasan yang penting dalam pendidikan Pemahaman peserta didik.Landasan Psikologis Pendidikan selalu melibatkan aspek kejiwaan manusia.

formal dan non formal Kebudayaan Nasional sebagai Landasan pengantar ilmu pendidikan 5 . gagasan. baik yang berupa ideal atau kelakuan dan teknologis Kebudayaan dalam arti luas dapat berujud: Ideal. seperti ide. Fisik yakni benda hasil karya manusia Cara mewariskan kebudayaan kepada generasi baru berbeda dari masyarakat ke masyarakat. dilestarikan atau dikembangkan karena dan melalui pendidikan.Landasan Kultural Kebudayaan dapat dibentuk. melalui 3 cara informal. Kelakukan berpola dari manusia dalam masyarakat. nilai dsb.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful