You are on page 1of 12

Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi (SIA) merupakan rangkaian pengkordinasian sumber daya (data, materials, equipment, suppliers, personal, and funds) untuk mengkonversi input berupa data ekonomik menjadi keluaran berupa informasi keuangan yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan bisnis suatu entitas, dan menyediakan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan (Wilkinson, 1991: 14).
Fokus –
– – –

Business reporting& Financial reporting
Informasi Operasi (IO) Informasi Akuntansi Manajemen (IAM) Informasi Akuntansi Keuangan (IAK)
1

Accounting information systems
Sistem informasi akuntansi (accounting information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan.  Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah Sistem Informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah Sistem Informasi.

Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain:
Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi. Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

Cara Kerja
Untuk memahami bagaimana SIA bekerja, perlu untuk menjawab beberapa pertanyaan sebagai berikut :

Bagaimana mengoleksi data yang berkaitan dengan aktivitas dan transaksi organisasi? Bagaimana mentransformasi data kedalam informasi sehingga manajemen dapat menggunakan untuk menjalankan organisasi? Bagaimana menjamin ketersediaan, keandalan, keakuratan informasi ? Bagaimana menjamin ketersediaan, keandalan, keakuratan informasi ?

Manfaat
Sebuah SIA menambah nilai dengan cara: Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien. Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan Meningkatkan efisiensi Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan Meningkatkan sharing knowledge menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan

Sistem informasi dan Teknologi Informasi
Yang dicoba untuk dilakukan sistem Data terformat, teks, gambar, suara, dan video Informasi Orang yang memasukkan, memproses, dan menggunakan data

Tujuan Prosedur kerja Orang

Perangkat keras dan perangkat lunak yang memproses data Teknologi informasi

Cara kerja yang dilakukan orang dan teknologi informasi

Sistem Informasi Akuntansi

Contoh SIA on Computer System

Database SIA

Form INPUT

Report/Informasi OUTPUT

Tugas Analisis SIA
 Contoh  Contoh

Program SIA on Microsoft Access Program SIA on Microsoft Excel