CADANGAN BATUBARA Cadangan batubara adalah bagian dari sumberdaya batubara yang : - telah teridentifikasi - dapat ditambang secara

menguntungkan (pada kondisi teknologi saat ini). - mempunyai nilai ekonomis dan dapat dijual (pada kondisi saat ini. Sumberdaya dan cadangan batubara dikategorikan kedalam beberapa tingkatan berdasarkan : - ketelitian geologi - kelayakan ekonomi (layak dijual) - kelayakan penambangan. Berdasarkan kelayakan ekonomi (kelayakan tambang dan jual), cadangan batubara dapat dikelompokkan menjadi :

Cadangan tertambang (mineable reserves)  Cadangan dapat terambil (recoverable reserves)  Cadangan dapat dijual (saleable reserves) Berdasarkan ketelitian geologi dan ke ekonomian. Faktor-faktor yang perlu diketahui untuk menghitung volume dan tonase endapan batubara :  . Cadangan terukur 3. Cadangan terkira 2. cadangan bisa diklasifikasikan : 1. kualitas batubara dan kondisi keteknikan dan kondisi ke ekonomian endapan batubara. Cadangan tereka Konsep perhitungan cadangan batubara : Perhitungan cadangan batubara mempunyai tujuan untuk menentukan volume dan tonase batubara.

histogram  .Tebal lapisan batubara  Variabilitas dari ketebalan lapisan batubara  Luas/penyebaran lapisan batubara  Density batubara dan kualitasnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi ketebalam lapisan batubara :  Roof roll. splitting  Bentuk-bentuk endapan batubara Metode untuk menentukan Variabilitas dari ketebalan lapisan batubara:  Konvensional (cara geologi)  Matematis (statistik)  Variance. washaout. parting.

 Ketebalan minimum lapisan batubara dan kedalaman. elevasi. koordinat. bila lebih dari satu lapis.  . sehingga menghasilkan washout. roof roll splitting dan lain-lain. tebal dan kualitas)  Peta penyebaran dan penampang lapisan batubara  Peta isopach dan peta iso-iso yang lain)  Plot gejala-gejala diskontinyuitas. kedalaman.  Limit kualitas batubara.Faktor-faktor yang mempengaruhi perhitungan cadangan :  jumlah lapisan batubara. dengan ketebalan dan kedalaman yang berbeda maka perhitungan dilakukan untuk setiap lapisan. Data yang harus disiapkan :  Peta dan penampang geologi  Data endapan batubara ( kode.  Bentuk dari endapan batubara yang sangat dipengaruhi oleh struktur geologi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful