RETAK LAS

Retak las dapat dibagi atas 2 kelompok : a. Retak panas : retak pada temperatur > 5500C b. Retak dingin : retak di bawah temperatur transformasi martensit (Ms) Retak panas langsung terdeteksi pada saat pengelasan selesai (proses pembersihan kerak) sementara retak dingin biasanya beberapa menit hingga 48 jam setelah proses pengelasan selesai.

Ciri : retak kawah dan retak memanjang Contoh retak panas (Wiryosumarto. Pembekuan weld metal  pada temperatur > 9000C. Pembebasan tegangan (stress relieving)  pada HAZ temperatur 550 – 7000C b. 1996) .Penyebab retak panas : a.

Tegangan Contoh retak dingin (Wiryosumarto. Difusi hidrogen di daerah lasan c. 1996) .Penyebab retak dingin : a. Struktur HAZ b.

Pengaruh unsur paduan terhadap kepekaan retak dingin di HAZ dinyatakan dalam C ekivalen (Cek) dan parameter retak (PCM) .Struktur HAZ Struktur daerah HAZ ditentukan oleh komposisi kimia logam induk dan kecepatan pendinginan daerah lasan.

Cek menurut JIS dan WES : Cek 1 1 1 1 1 1  C Mn Si Ni  Cr  Mo  V (%) 6 24 40 5 4 14 Cek menurut IIW dan Lloyd : Cek 1 1 1  C Mn Cr  Mo V   (Ni Cu) (%) 6 5 15 Parameter retak PCM : Cek 1 1 1 1 1 1  C Si Mn Ni  Cr  Mo V (%) 30 20 60 20 15 10 .

Mengatur jenis dan jumlah unsur paduan b. kekuatan baja juga turun. Mengatur proses perlakuan panas . Bila Cek dan PCM turun. Kekuatan dapat ditingkatkan dengan : a. Melakukan proses hot forming c.Bila nilai Cek dan PCM turun  kecenderungan terjadinya retak dingin pada HAZ turun.

terjadi penyerapan hidrogen. Hidrogen yang diserap dapat berasal dari uap air di atmosfer dan flux maupun air.Difusi Hidrogen Pada saat logam las mencair. . minyak dan bahanbahan organik yang menempel pada kawat las dan permukaan logam yang dilas. Pada saat lasan membeku terjadi pelepasan hidrogen akibat penurunan kelarutan dari logam cair menjadi logam padat.

Memanaskan elektroda yang akan dipakai c.Hidrogen dapat dikurangi dengan cara : a. Menggunakan flux yang mengandung banyak karbonat . Menurunkan kecepatan pendinginan  preheat pada T = 50 – 2000C atau PWHT pada T = 200 – 3000C b.

Sedapat mungkin menghindari pengelasan plat yang tebal b. Menggunakan filler metal dengan kekuatan rendah dan keuletan yang tinggi . Cara pencegahan : a.Tegangan Tegangan yang dapat menyebabkan retak las adalah tegangan sisa dan tegangan termal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful