PENYUSUNAN RAPBD

DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN DEPARTEMEN KEUANGAN RI

aset yang diperoleh dr APBD APBD adalah rencana keuangan tahunan daerah yang ditetapkan dengan PERDA .PENGERTIAN KEUANGAN DAERAH Luassemua hak dan kewajiban daerah dalam rangka penyelenggara pemerintah yang dapat dinilai dengan uang sempit sempit APBD.

ANGGARAN Anggaran adalah dokumen yang disusun oleh pemerintah dan disetujui oleh lembaga legislatif yang berisi belanja yang diperkirakan untuk melaksanakan kegiatan penyelenggaraan negara/daerah dan pendapatan yang diharapkan untuk menutup belanja tersebut pada tahun yang sama .

 Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah adalah suatu rencana keuangan Daerah yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah tentang APBD.APBD  Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan daerah yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. .

dan jenis belanja . dan lain-lain pendapatan yang sah.PENYUSUNAN DAN PENETAPAN APBD Pasal 16 UU No 17/2003 1. Pendapatan daerah berasal dari pendapatan asli daerah. dan pembiayaan. 3. Belanja daerah dirinci menurut organisasi. fungsi. 4. dana perimbangan. APBD terdiri atas anggaran pendapatan. anggaran belanja. 2. APBD merupakan wujud pengelolaan keuangan daerah yang ditetapkan setiap tahun dengan Peraturan Daerah.

Dalam hal anggaran diperkirakan surplus. ditetapkan penggunaan surplus tersebut dalam Peraturan Daerah tentang APBD . 4. 3. Penyusunan Rancangan APBD sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) berpedoman kepada rencana kerja Pemerintah Daerah dalam rangka mewujudkan tercapainya tujuan bernegara.Pasal 17 UU No 17/2003 1. Dalam hal anggaran diperkirakan defisit. APBD disusun sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan dan kemampuan pendapatan daerah. ditetapkan sumber-sumber pembiayaan untuk menutup defisit tersebut dalam Peraturan Daerah tentang APBD. 2.

3. sebagai landasan penyusunan RAPBD kepada DPRD selambat-lambatnya pertengahan Juni tahun berjalan. 2. Pemerintah Daerah bersama DPRD membahas prioritas dan plafon anggaran sementara untuk dijadikan acuan bagi setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah. . Pemerintah Daerah menyampaikan kebijakan umum APBD tahun anggaran berikutnya sejalan dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. DPRD membahas kebijakan umum APBD yang diajukan oleh Pemerintah Daerah dalam pembiacaraan pendahuluan RAPBD tahun anggaran berikutnya.Pasal 18 UU No 17/2003 1. Berdasarkan kebijakan umum APBD yang telah disepakati dengan DPRD.

3. Rencana kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah disusun dengan pendekatan berdasarkan prestasi kerja yang akan dicapai. Dalam rangka penyusunan RAPBD.Pasal 19 UU No 17/2003 1. Rencana kerja dan anggaran dimaksud dalam ayat (1) disertai dengan prakiraan belanja untuk tahun berikutnya setelah tahun anggaran yang disusun. . Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah selaku pengguna anggaran menyusun rencana kerja dan anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah tahun berikutnya. 2.

5. Ketentuan lebih lanjut mengenai penyusunan rencana kerja dan anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah diatur dengan Peraturan Daerah. Hasil pembahasan rencana kerja dan anggaran disampaikan kepada pejabat pengelola keuangan daerah sebagai bahan penyusunan Rancangan Perda tentang APBD tahun berikutnya. Rencana kerja dan anggaran dimaksud dalam ayat (1) dan (2) disampaikan kepada DPRD untuk dibahas dalam pembicaraan pendahuluan RAPBD.Pasal 19 UU No 17/2003 4. . 6.

SIKLUS APBD STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH Sistem Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Penyusunan Pelaksanaan Perhitungan Pertanggung jawaban .

Tujuan & Sasaran Anggaran 2.PROSES PENYUSUNAN RAPBD Kebijakan Umum APBD Prioritas dan plafon sementara RKA SKPD 1. Program dan Kegiatan Unit Kerja 3. Misi. Tupoksi. Rancangan Kerja dan Anggaran Satuan Kerja RAPBD . Visi.

Agustus Pembahasan Kebijakan Umum APBD & Rancangan RKPD September .Desember Pembahasan RAPBD DPRD Gubernur/ Bupati/ Walikota REPEDA Kebijakan Pemerintah Daerah Pembahasan RKA-SKPD Perda APBD D Perda tentang RKPD Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Anggaran Daerah RAPBD dan Lampiran Kep.Kota tentang Rincian APBD Penelaahan Konsistensi dengan Prioritas Anggaran Daerah Pengesahan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) RENSTRA SKPD Rancangan Renja SKPD RKASKPD Konsep Dokumen Pelaksanaan Anggaran Dokumen Pelaksanaan Anggaran A B C Page 1 .Kota tentang Rincian APBD Satuan Kerja Perencana Pembangunan Daerah Penyusunan Rancangan Awal Kerangka Ekonomi Daerah Rancangan RKPD Penelaahan Konsistensi dengan Kebijakan Umum Daerah SEB Prioritas Program dan Indikasi PaguDaerah Rancangan Perda tentang RKPD Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah Pemutakhiran Data & Proyeksi Ekonomi Daerah Rancangan Kebijakan Umum & Kerangkja Ekonomi Daerah SE Pagu Sementara Lampiran RAPBD (Himpunan RKASKPD) Rancangan Kep. Gubernur / Bupati /Wl.Diagram Proses Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah Januari .April Mei . Gubernur /Bupati /Wl.

PERAN PEMERINTAH DAERAH Pada tahapan penyusunan RAPBD. . Pemda harus menyerap informasi tentang kegiatan yang akan dilaksanakan Mengkoordinir satuan kerja tehnis/dinas-dinas terkait untuk mempersiapkan usulan kegiatan di bidangnya Menyiapkan bahan rancangan APBD untuk diusulkan kepada masyarakat melalui DPRD.

 Peran DPRD sangat dibutuhkan karena secara independen telah ikut membantu Pemda untuk melihat secara obyektif persoalan-persoalan kinerja keuangan daerah..PERAN DPRD  DPRD memberikan legitimasi dalam penyusunan RAPBD yang mendapat dukungan dan kepercayaan penuh dari rakyat yang diwakilinya. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful