You are on page 1of 13

. seng. Sambungan solder merupakan salah satu jenis sambungan yang sifatnya permanen. baja. dimana titik cair bahan tambah lebih rendah dari titik lebur logam yang akan disambungkan. tembaga. dan baja paduan dengan pengikatan pleh bahan tambah yang dicairkan. Dimana jenis sambungan ini merupakan penyambungan dari logam ( besi. kuningan.

 Penyolderan Lunak Titik lebur bahan tambah 450o C Keras Titik lebur bahan tambah < 450o C  Penyolderan .

 Dapat menyambung dua buah logam yang berbeda  Pada penyolderan lunak tidak merusak permukaan  Tidak menghambat aliran listrik  Umumnya kedap fluida ( tahan bocor )  Mampu menyambung pelat-pelat tipis .

 Untuk penyolderan massal biayanya besar  Bahan pengalir yang tersisa dapat menimbulkan korosi listrik .

 Digunakan pada semua logam terutama untuk logam – logam tipis dengan beban ringan serta kedap udara dan air.  Contoh Penggunaan :  Pelat – pelat pendingin pada kendaraan  Tangki air / minyak  Wadah / kotak peralatan  Instalasi pipa tekanan rendah  Sambungan kabel  Talang air dan tutup atap .

Pb Sn50Pb(Sb) 60 % Sn. 0.Pelat – Pelat Tipis.Zn . sisanya Pb 85…92% Sn dan 8…15% Zn 75…83% Cd dan 17…25% Zn Paduan Sn – Zn dan Cd .2% Antimon.Sn PbSn35Sb SnZn10 CdZn10 40% Sn.Jenis Bahan Tambah Penulisan Kandungan Pemakaian Logam yang dilapisi seng. industri perkakas Alumunium dan Paduannya Paduan Sn . sisanya Pb Paduan Pb . 0.Peralatan Elektronik Pelat – pelat tipis.3% Antimon. Pendingin kendaraan.

 Contoh Penggunaan :  Flens pada pipa  Instalasi pipa bertekanan besar  Penyangga dan rangka kendaraan  Tangki uap  Peralatan dari logam keras  Kondtruksi alat –alat ringan . Sering digunakan untuk penyambungan pelat – pelat dari logam berat dan menerima beban yang besar.

peralatan mekanik yang kecil ( Silvering ) Untuk bahan perak (Ag). Sisanya Cu 45% Ag. Sisanya Cu dan Ni Minimal 72% Al. sisanya Cu dan Ni Pelat – pelat. industri optik. 18% Cu. 8…12% Sn dan Cd. 13% Si.Jenis Bahan Tambah CuZn46 Kandungan 53…55% Cu. baja. kawat. Konstruksi Kendaraan ( Brassing ) Ag15P 15% Ag. dan platina (Pt) Benda tuangan. pelat. kawat. 5% P. profil alumunium dan paduannya Logam – logam Ringan. tuangan. Sisanya Sn Minimal 72% Al. perpipaan. 20% Cd. 10…12% Si. Sisanya Zn Pengguaan Instalasi Pipa. Emas (Au). juga baja temper Ag45Cd AlSiSn AlSi13 .

Dimana bahan ini diberikan pada seluruh permukaan yang akan disolder . Bahan pengalir ( Fluks ) berfungsi untuk menghilangkan dan memudahkan pengaliran bahan tambah.

Nama Seng Klorida ( air solder. asam garam. Asam Ortho Borat Klorida. Resin Asam Borat. pasta solder ). Fluorida Pemakaian Umum khusus untuk seng pada kelistrikan dan tangki Suhu kerja sampai 1000 derajat Celcius. ditambah unsur P dan Si Penyolderan lunak Penyolderan Keras Khusus untuk alumunium dan paduannya . Bromida. Natrium Tetra Borat.

 Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam penentuan Teknik penyolderan :  Fungsi benda kerja  Bahan dari benda kerja  Jumlah .

 Macam Teknik Penyolderan :  Penyolderan Batang / Kawat  Penyolderan Busur Api  Penyolderan Celup  Penyolderan Dalam Oven  Penyolderan Tahanan dan Induksi  Penyolderan Sinar  Penyolderan Lainnya .