0leh Sri Wahyuningsih SKM Mkes

 Grafik komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin .

kenaikan bisa tahunan atau jenjang 5 tahunan Sumbu horizontal menggambarkan jumlah penduduk tertentu baik secara absolut maupun dlm persen - - .- Piramida penduduk dimulai dari menggambarkan 2 grs yg saling tegak lurus Garis vertikal menggambarkan umur penduduk mulai dari 0 ( nol ) lalu naik.

- Pemilihan skala perbandingan pada suhu horizontal sangat tergantung dr jlh penduduk dalam prosentase tertentu dari jumlah penduduk yg terdapat pada tiap gol umur di sumbu vertikal Pada bagian kiri sumbu vertikal digambarkan jumlah penduduk laki-laki dan bag kanan jlh penduduk perempuan - .

1. Malaysia. Tipe EKSPANSIF . tk kematian rendah contoh : Indonesi.Tipe ini umumnya terdapat pada negara-negara yg mempunyai angka kelahiran tinggi.Jika sebagaian besar penduduk berada dalam kelompok umur muda . Philipina .

negara-negara Eropa Barat.2. Swedia . Tipe KONSTRUKTIF -Jika penduduk kelompok muda sedikit -Tipe ini terdapat di negara-negara yang tingkat kelahirannya turun dengan cepat dan tingkat kematiannya rendah Cntoh : Jepang.

Jika banyaknya penduduk dalam tiap kelompok umur hampir sama.3. Tipe STATIONER . Jerman . kecuali pada umur tertentu - - Tipe ini terdapat dinegara-negara yang mempunyai tingkat kelahiran dan kematian rendah Contoh : negara-negara Eropa mis.

.

.

.

Perkembangan penduduk Singapura : .Pada tahun 1957 dasar piramida lebar berarti angka kelahiran tinggi dan angka kematian mulai menurun.Pada tahun 1980 hingga 2000 angka kelahiran mulai menurun dan angka kematian juga menurun shg tingkat pertumbuhan penduduk alami menurun maka dasar piramida mengecil . angka pertumbuhan penduduk alami tinggi .

Berdasarkan proyeksi penduduk th 2030 karakteristik penduduk Singapura stationer yaitu jumlah penduduk pada tiap2 kelompok umur hampir sama.. kecuali pada umur tua ( lansia ) .

.

umur 0-9 th jumlah penduduknya tinggi disebabkan karena dr th 1950 Indo dalam keadaan aman  th 1950-1961 angka kelahiran dan angka kematian mulai menurun sehingga pertumbuhan penduduk tinggi . kematian dan migrasi penduduk .- Hasil sensus penduduk th 1961. 1971.Tahun 1961. 1980 dan 1990. Bentuk piramida penduduk ini dipengaruhi oleh keadaan sosek dan politik di Indonesia antara th 1961 hingga 1990 namun secara tidak langsung mempengaruhi struktur penduduk menurut umur tetapai melalui var antara yaitu kelahiran.

Th 1971-1980. terjadi penurunan tingkat fertilitas penduduk al karena keberhasilan program KB dasar piramida penduduk untuk kelompok umur 0-4 th lebih kecil dari umut 5-9 th. tetapi pada bag tengah msh menggelembung krn pertumbuhan penduduk yg lahir sblm penurunan fertilitas - .- Penduduk umur 10 th keatas jumlahnya kecil terutama pada laki2. ini karena msh ada perang kemerdekaan dan ekonomi msh morat marit shg banyak yang meninggal.

Propinsi yg mempunyai pengaruh migran al Sumbar. Sedangkan utk Lampung. namun banyak negara yang pertumbuhan penduduknya tdk dipengaruhi oleh faktor migrasi. f migrasi kecil sekali pengaruhya krn pddk yg tinggal di luar negeri sedikit begitu pula WNA yg tinggal di Indonesia. DKI dan Kaltim banyak yang bermigran masuk . Contoh Indonesia pertumbuhan penduduknya ( secara nasional ) hanya dipengaruhi oleh f kelahiran dan kematian.Migrasi penduduk akan mempengaruhi piramida pada kelpk umur dewasa . DIY banyak penduduknya yg bermigrasi keluar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful