Kesehatan Reproduksi

Kesehatan Reproduksi
 Keadaan sehat fisik-seksual dan psiko-sosial seseorang dalam melakukan fungsi melanjutkan keturunan.  Mencakup:
– Alat reproduksi remaja – Perkembangan fisik dan kematangan seksual remaja – Proses reproduksi yang bertanggung jawab – Pencegahan dan penanggulangan penyakit menular

seksual

4.Alat Reproduksi Wanita  Luar 1. Lubang kemaluan (vagina) Mulut rahim (serviks) Rahim (uterus) Dua buah saluran telur (tuba fallopii) . 2. Bibir luar (labia majora) Bibir dalam (labia minora) Klentit (clitoris) Lubang kemaluan (vagina)  Dalam 1. 3. 3. 4. 2.

 Kelenjar seminalis dan prostat merupakan alat reproduksi pria bagian dalam.  2. Kelenjar prostat.Alat Reproduksi Pria  1.  4.  5. Buah pelir (testis). 3. Saluran kencing (urethra). . Zakar atau penis. Kelenjar seminalis.

perlakuan lingkungan  Perubahan fisik – Dada yang bidang dan badan yg tegap (pria) – Pembentukan pinggang dan pinggul (wanita)  Perkembangan seksual – Primer : haid dan mimpi basah – Sekunder : • Perempuan: membesarnya buah dada.Perkembangan fisik-seksual remaja  Faktor: – Kematangan fisik-seksual – Nilai dan norma. tumbuh rambut . tumbuh rambut • Pria : jakun.

Perubahan Fisik Pada wanita  Tubuh bertambah berat & tinggi  Tumbuhnya rambut halus di daerah pubis & ketiak  Payudara membesar  Pinggul melebar  Kulit & rambut mulai berminyak  Keringat bertambah banyak  Pantat berkembang lebih besar  Lengan & tungkai kaki bertambah panjang  Tangan & kaki bertambah besar  Tulang wajah mulai membesar & memanjang  Indung telur mulai membesar  Vagina mulai mengeluarkan keringat  Menstruasi .

Haid  Proses alami yang mengikuti siklus bulanan  Sebelum ovulasi (pelepasan sel telur dr indung telur) akan terjadi penebalan rahim  Bila sel telur tidak dibuahi maka penebalan rahim tersebut akan luruh sebagai darah haid .

.  Menampung darah dapat dilakukan dengan menggunakan pembalut. karena jika darah tidak ditampung dapat menyebabkan penyakit. karena pembalut yang tidak diganti dapat menyebabkan terjadinya penyakit.Menjaga Kebersihan saat Menstruasi  Darah yang keluar pada saat menstruasi harus ditampung dengan dengan baik.  Pembalut harus diganti setiap mandi atau kalau perlu setiap buang air.  Menampung darah dengan pembalut tidak memberikan efek negatif.

Usahakan agar vagina kering dan tidak lembab.Cara Perawatan Alat Reproduksi Eksternal  Menjaga kebersihan. karena keadaan basah mudah berjangkitnya infeksi dari luar.  Cara menyeka yang benar adalah dari arah depan kebelakang agar bibit penyakit yang kemungkinan besar bersarang di anus tidak terbawa ke vagina yang dapat menimbulkan infeksi. peradangan dan rangsangan gatal.  Memakai pakaian dalam dari bahan katun agar getah dan keringat lebih mudah terserap .

 Larangan menggunakan alat pembersih kimiawi tertentu karena dapat merusak keasaman vagina yang berfungsi menumbuhkan bakteri atau kuman yang masuk. Mencukur bulu yang tumbuh pada vagina secara teratur. karena bulu di sekitar vagina dapat ditumbuhi jamur atau kutu yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan gatal. mandi dan buang air kecil harus mengganti pembalut secara teratur 2 – 3 kali. Mengganti pakaian dalam sehari dua kali saat mandi. . Dan juga tidak diperbolehkan menggunakan deodorant atau spray.  Pada saat haid. Rangsangan dari bahan tersebut menimbulkan peradangan dari vagina dengan keluhan gatal dan keputihan.

 Menghindari penggunaan pakaian dalam yang ketat. .Lanjut  Jika vagina terdapat luka.  Secara teratur membasuh bagian diantara vulva (bibir vagina) dengan hati-hati menggunakan air bersih dan sabun lembut (mild) setiap selesai buang air kecil. buang air besar dan ketika mandi. bilas dengan air aquades karena lebih steril dan tidak mencemari luka radang. Keringkan dengan tisu kering yang terjamin kebersihannya setelah buang air.

vagina kemerahan. tidak gatal. dengan ciri . . celana dalam terlalu ketat. terjadi menjelang haid. gatal dan pedih.Ada dua jenis keputihan  Fisiologi. keluar lendir berlebihan disertai infeksi. terjadi hanya pada masa subur. dengan ciri .  Patologis. karena stres. lendir berubah warnanya. kelelahan. lendir berwarna bening. tidak bau.

yg kadang menyebabkan masalah jerawat  Lengan & tungkai kaki bertambah panjang  Tangan & kaki bertambah besar  Tulang wajah mulai membesar & memanjang. tangan. shg tidak terlihat seperti anak kecil lagi  Pundak & dada bertambah besar & bidang  Tumbuh jakun  Suara bertambah menjadi berat  Penis & buah zakar membesar  Mimpi basah & Masturbasi . kaki. dada. ketiak. dan wajah  Keringat bertambah banyak  Kulit & rambut mulai berminyak.Perubahan Fisik pada Pria  Tubuh bertambah berat & tinggi  Tumbuh rambut halus di daerah pubis.

Mimpi basah  Pengaruh hormon androgen menyebabkan pembentukan sel sperma pada testis  Sperma yang telah matang akan dikeluarkan pada saat tertentu melalui saluran sperma bercampur dengan cairan dari prostat dan kelenjar seminalis .

Proses Reproduksi  Diawali pertemuan antara sel telur dan sel sperma  zigote  membelah berkali-kali  janin  Embrio hasil pembuahan akan ditanam di dalam rahim. yang semakin membesar seiring berjalan waktu dengan segala konsekuensinya  kehamilan .

Tugas Remaja dlm Kespro  Mengelola dorongan seks dg bertanggung jawab  pencegahan kehamilan di luar nikah dan PMS  Melakukan pergaulan sesuai norma yg berlaku  Menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi .

Penyakit Menular Seksual  Penyakit yang ditularkan melalui hubungan seks  Yang termasuk: – Kencing nanah (Gonorhea) – Rajasinga (Syphilis) – Kondiloma (jengger ayam) – Hepatitis – Herpes – HIV/AIDS – dll .

Syphilis .

Gonorrhea .

Kondiloma (jengger ayam) .

HIV/AIDS .

HIV/AIDS AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrom)     A : Acquired (didapat) I : Immuno (sistem kekebalan tubuh) D : Deficiency (kekurangan/penurunan) S : Syndrom (kumpulan gejala penyakit) .

keringat. Setelah menderita HIV lebih kurang selama 5-10 tahun maka menyebabkan AIDS  Bagaimana HIV menular? Pertukaran cairan tubuh (darah. alat makan.HIV/AIDS  Bagaimana terkena AIDS? Orang yang tertular virus HIV disebut orang yang HIV positif (HIV +). dan air susu ibu) HIV tidak ditularkan melalui: Ciuman. air mani. jabat tangan. kolam renang. cairan vagina. dan pergaulan sehari-hari.  Jadi gimana dong cara penularan HIV? Untuk dapat berada dalam tubuh manusia HIV harus masuk langsung ke darah orang yang bersangkutan. . sentuhan.

Melalui alat/jarum suntik atau alat tusuk lainnya (akupuntur. tato) yang tercemar HIV. Melalui transfusi darah dan transplantasi organ yang tercemar oleh HIV.Penularan HIV Melalui hubungan seksual dengan seorang yang pengidap & HIV baik homoseksual maupun heteroseksual. . Pemindahan HIV dari ibu hamil pengidap HIV kepada janin yang dikandungnya. tindik.

Pencegahan Penularan PMS  A : Abstinent – jangan melakukan hubungan seks sebelum waktunya  B : Be faithfull – setia pada pasangan  C : condom .

Reproduksi Sehat Menuju Indonesia Sehat TERIMA KASIH .