KLASIFIKASI DAN JENIS SENDI

 Sendi bisa dibagi kpd 2 jenis pmbagian :  1) secara struktur  2) secara fungsi .

Pembagian menurut fungsi  sendi yang pergerakkannya sangat terbatas atau tidak dapat digerakkan (synarthroses)  sendi dengan pergerakan yang terbatas (amphiarthroses)  sendi dengan pergerakan luas (diarthroses) .

 Synarthroses Dijumpai pada tulang tengkorak. . Potongan tulang disambungkan oleh elemen fibrosa atau rawan sendi.

• Amphiarthroses Jaringan berupa diskus fibrocartilage yang lebar dan pipih menghubungkan antara dua tulang. Umumnya bagian tulang yang berada pada sisi persendian dilapisi oleh tulang rawan hialin dan struktur keseluruhan berada dalam kapsul. tibiofibular distal. Beberapa contoh sendi tersebut adalah: sendi vertebra. simfisis pubis. . sakroiliaka dua pertiga proksimal.

 Diarthroses Umumnya dijumpai pada sendi-sendi ekstremitas Dijumpai adanya celah sendi. . rawan sendi yang licin dan membran sinovium serta kapsul sendi.

Pembagian menurut struktur  1) fibrous joint  2) cartilaginous joint  3) synovial joint .

Fibrous joint  Tidak terdapat ruang synovial dan tulang- tulang berikatan dengan fibrous connective tissue yg kaya collagen fiber .

cartilaginous joints  Tidak terdapat ruang synovial dan tulang berikatan dengan rawan (cartilage) .

synovial joints  Tulang yang menghasilkan sendi mempunyai ruang synovial dan berikatan dengan irregular connective tissue kapsul articular dan ligament.ligament penghubung .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful