Gizi seimbang

dr. Lucy Widasari, MSi

GIZI SEIMBANG BERBEDA DENGAN 4 SEHAT 5 SEMPURNA

Susu bukan pelengkap untuk menyempurnakan asupan gizi

PERALIHAN DARI 4S-5S KE GIZI SEIMBANG

GIZI SEIMBANG PENYEMPURNA DARI 4 SEHAT 5 SEMPURNA

Susu bukan pelengkap untuk menyempurnakan asupan gizi

APA YANG DIMAKSUD DENGAN GIZI SEIMBANG ? Gizi Baik = Gizi seimbang (Asupan zat gizi = Kebutuhan zat gizi) Garis normal Asupan Kebutuhan GIZI YANG SEIMBANG BERARTI MENDAPATKAN CUKUP SEMUA KELOMPOK ZAT GIZI SEPERTI KARBOHIDRAT. LEMAK. VITAMIN DAN MINERAL SERTA AIR UNTUK KEPERLUAN TUBUH AGAR BISA MEMPERTAHANKAN FUNGSINYA DENGAN BAIK. PROTEIN. .

PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG • Pedoman ini berisi 13 pesan dasar gizi seimbang disertai dengan logo tumpeng (kerucut) dan anjuran porsi makan menurut kelompok umur .

5.13 POINT PUGS 1. 6. 11. 2. 13. 4. 9. 3. 12. 10. Makanlah aneka ragam makanan Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi Makanlah makanan sumber karbohidrat ½ dari kebutuhan energi Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai ¼ dari kecukupan energi Gunakan garam beryodium Makanlah makanan sumber zat besi Berikan ASI saja kepada bayi sampai berumur 6 bulan Biasakan makan pagi Minumlah air bersih aman dan cukup jumlahnya Lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur Hindari minuman beralkohol Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan Bacalah label pada makanan yang dikemas . 8. 7.

.

LOGO PUGS Bahan makanan dikelompokkan berdasarkan fungsi utama zat gizi. yang dikenal dengan istilah TRI GUNA MAKANAN. umbi-umbian dan tepung-tepungan) Sumber zat pengatur (sayuran dan buah) Sumber zat pembangun (kacang-kacangan. makanan hewani dan hasil olahannya) Digambarkan kelompok bahan makanan yang penggunaannya dibatasi. yaitu gula dan garam . yaitu    Sumber tenaga (padi-padian.

2. 3.1. Sumber zat tenaga Sumber zat pengatur Sumber zat pembangun .

13 PESAN DASAR GIZI SEIMBANG 1. MAKANLAH ANEKA RAGAM MAKANAN .

yaitu makanan pokok. Tidak ada satu jenis makanan (kecuali ASI) yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan untuk hidup sehat  Dengan makan beraneka ragam berarti kekurangan zat gizi dari suatu makanan dapat dilengkapi oleh zat gizi dari makanan lain  Susunan makanan yang beragam adalah jika setiap kali makan pagi. laukpauk. siang dan malam hidangan terdiri dari 4 kelompok makanan. sayur & buah  Makanan beranega ragam dapat mencegah berbagai penyakit degeneratif .

2. MAKANLAH MAKANAN UNTUK MEMENUHI KECUKUPAN ENERGI P A N T A U Bayi  pantau BB Balita dan usia sekolah KMS Dewasa IMT .

.

BERAT BADAN IDEAL ORG DEWASA = (TINGGI BADAN – 100) X 90% IMT = TINGGI BADAN2 (M)2 ÷ BERAT BADAN (KG) IMT normal wanita : 18. 5 .5 IMT normal pria : 22.25 .5 – 23.

MAKANLAH MAKANAN SUMBER KARBOHIDRAT ½ DARI KEBUTUHAN ENERGI .3.

sagu dan pisang. kentang) serta tepung. jagung. Karbohidrat kompleks penyerapannya lebih lama sehingga tidak membuat mudah lapar. gandum). konsumsi gula dianjurkan sampai 5% dari jumlah kecukupan energi atau ± 3 – 4 sendok makan setiap hari.  Golongan karbohidrat kompleks: padipadian (beras. Golongan karbohidrat sederhana : gula (menyebabkan mudah lapar).  Pembatasaan . umbiumbian (singkong. ubi jalar.

4. Lemak hewani (berasal dari hewan : ikan) . minyak kelapa. BATASI KONSUMSI LEMAK DAN MINYAK SAMPAI ¼ DARI KECUKUPAN ENERGI Lemak Nabati (tumbuh-tumbuhan : kacang.

BATASI PENGGUNAAN KOLESTEROL SAKIT JANTUNG STROKE .

membantu penyerapan vitamin A. Tiga golongan lemak: lemak yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda (paling mudah dicerna). Sedangkan makanan sumber asam lemak jenuh: berasal dari hewani. Konsumsi lemak dan minyak kurang sama dengan 10% dan tidak lebih dari 25 % dari kebutuhan energi. dan lemak yang mengandung asam lemak jenuh (sulit dicerna). kecuali minyak kelapa. lemak yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (mudah dicerna). Komposisi konsumsi lemak nabati: hewani= 2 : 1 . K dan menambah lezat hidangan. E. Guna lemak dan minyak adalah untuk meningkatkan jumlah energi. D.  Makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal: berasal dari nabati.

BATASI PENGGUNAAN GULA. GUNAKAN GARAM BERYODIUM : 6 gram/1 sdt per hari DIABETES . GARAM 5.

Anak SD (daerah endemik berat) Wanita usia subur (WUS) Ibu hamil Ibu menyusui 1 kapsul / tahun 2 kapsul / tahun @ 200 mg 1 kapsul / tahun 1 kapsul / tahun selama menyusui .

Bagi seseorang yang harus mengurangi konsumsi garam. . Dalam kondisi tertentu. misalnya keringat yang berlebihan. dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dari laut yang kaya yodium. dianjurkan mengonsumsi garam sampai 10 gram atau dua sendok teh per orang per hari.

Anjuran pemberian yodium Anak SD (daerah endemik berat) Wanita usia subur (WUS) Ibu hamil Ibu menyusui 1 kapsul / tahun 2 kapsul / tahun @ 200 mg 1 kapsul / tahun 1 kapsul / tahun selama menyusui .

MAKANLAH MAKANAN SUMBER ZAT BESI .6.

.

BERIKAN ASI PADA BAYI SAMPAI UMUR 6 BULAN DAN TAMBAHKAN MP-ASI SESUDAHNYA .7.

BIASAKAN MAKAN PAGI .8.

Makan pagi sangat bermanfaat untuk memelihara ketahanan fisik dan meningkatkan produktivitas kerja Bagi anak sekolah.makan pagi sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi belajar Makan pagi sebaiknya mengandung 20-30%dari kebutuhan gizi satu hari .

MINUMLAH AIR BERSIH. AMAN YANG CUKUP JUMLAHNYA .Minum ± 2 liter sehari/ 8 gelas sehari 9.

PAM.dan sumber lainnya harus dimasak sampai mendidih . yaitu harus bebas dari kuman. bahan berbahaya dan bahan cemaran lainnya  Sumber air minum yang berasal dari sumur. Jumlah air minum yang dibutuhkan dalam sehari sebanyak 6-8 gelas (2 liter) tergantung umur dan jenis kegiatan  Air minum harus bersih dan aman.

10.Biasakan jalan kaki dengan jarak tempuh ± 50-100 m. LAKUKAN AKTIFITAS FISIK SECARA TERATUR .

paru. otot Memperlambat penuaan .Aktivitas fisik yang teratur dapat Meningkatkan kebugaran Mencegah kelebihan berat badan Meningkatkan fungsi jantung.

11. HINDARI MINUMAN YANG BERALKOHOL .

kebiasaan minum minuman beralkohol adalah terhambatnya proses penyerapan gizi. meski mengkonsumsi makanan bergizi dalam jumlah yang cukup. tapi tidak terdapat unsur gizi lain. penyakit gangguan hati. Alkohol mengandung energi. Sedangkan efek samping minuman alkohol: sering buang air kecil. ketagihan dan hilang kendali diri. kerusakan saraf otak dan jaringan. hilangnya zat-zat gizi yang penting.  Akibat . kurang gizi.

12. MAKANLAH MAKANAN YANG AMAN BAGI KELUARGA .

MAKANLAH MAKANAN YANG AMAN BAGI KELUARGA -tidak berlendir -tidak berjamur -tidak beraroma -tidak berasa -tidak berubah warna -tidak kadaluarsa .

cendol. kelepon) RHODAMIN B & METIL KUNING .pembuatan pempek & jajanan pasar (kue bugis.

FORMALIN MENGANDUNG FORMALIN Tidak segar Tidak disukai lalat Warna kehitaman Kenyal TIDAK MENGANDUNG FORMALIN Segar Disukai lalat Warna lebih muda Tidak kenyal Batas aman formalin dalam tubuh menurut International Programme on Chemical Safety (IPCS) 1 miligram per liter .

BACALAH LABEL MAKANAN PADA MAKANAN YANG DIKEMAS MD Makanan yang dibuat di dalam negeri ML Makanan luar negeri (import) Exp Tanggal kadaluarsa SNI Standart Nasional Indonesia  mutu makanan telah sesuai dengan persyaratan SP Sertifikat penyuluhan .13.

jenis. bahwa setiap produk makanan yang dikemas harus mencantumkan keterangan pada label. susunan zat gizi.  Peraturan . ukuran bahan-bahan yang digunakan. Label adalah keterangan tentang isi. tanggal kadaluwarsa dan keterangan penting lain. perundang-undangan menetapkan.

susunan zat gizi. ukuran bahanbahan yang digunakan. keterangan lainnya : label halal . jenis. tanggal kadaluwarsa.* MENJAGA KEAMANAN MAKANAN BACALAH LABEL MAKANAN PADA MAKANAN YANG DIKEMAS Perhatikan isi.

TERIMA KASIH DAN HIDUP SEHAT ALA GIZI SEIMBANG .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful