Ugamo malim pada masyarakat batak toba: studi kasus desa hutaTINGGI, laguboti, sumatera utara

OLEH

MARKUS B. T. SIRAIT

1220036422

PROGRAM PASCA SARJANA INSTITUT SENI INDONESIA (PPs ISI) Yogyakarta 2012

Istilah “Batak” menurut Sangti (1978:2627) berasal dari suatu daerah di Burma yaitu “Bataha” . asal-usul suku Batak dari pegunungan Burma. Siam dan Kamboja.LATAR BELAKANG Parlindungan (1964:614-615).

Koentjaraningrat (1980:241). Islam. dan penjajahan Belanda datang ke tanah Batak. .LATAR BELAKANG Ugamo Malim merupakan kepercayaan yang didirikan oleh Raja Sisingamangaraja sekitar tahun 1870 sebelum agama Kristen. komponen agama: • Tempat upacara • Waktu upacara dilaksanakan • Alat-alat atau benda-benda upacara • Orang yang melaksanakan dan memimpin upacara.

Mengenal lebih jauh mengenai Ugamo Malim baik ajarannya maupun upacara-upacaranya. Munculnya polemik dan pandangan skeptis dari masyarakat Batak yang telah memeluk agama Islam dan Kristen sebagai agama mayoritas di Sumatera Utara terhadap Ugamo Malim tersebut.POKOK PERMASALAHAN 1. Merriam (Use & Function Theory) .Mengetahui fungsi musik dalam upacara-upacara Ugamo Malim sesuai dengan teori fungsi musik Alan P. 3. 2.

 Melakukan pemujaan bersifat Dinamisme .MITOLOGI BATAK TOBA  Percaya kepada Debata Mula Jadi Na Bolon  Percaya kepada “Sahala” (roh / tondi)  Percaya kepada dewa-dewa lain.  Melakukan pemujaan bersifat Animisme terhadap roh-roh yang sudah meninggal dunia.

Pengikut Ugamo Malim disebut dengan Parmalim.UGAMO MALIM Etimologi: UGAMO artinya Agama dan MALIM artinya suci (bersih). Ugamo Malim diyakini merupakan percampuran antara dua buah kebudayaan yaitu kebudayaan Hindu dan kebudayaan Islam .

1995:121) Sampai hari ini tidak diketahui kapan tepatnya proses akulturasi budaya Hindu terhadap Ugamo Malim .AKULTURASI Pada UGAMO MALIM Akulturasi budaya Hindu pada Ugamo Malim: Dapat dilihat dari Mitologi Batak yang MONOLATRY (Dhavamony.

1995:622) .AKULTURASI Pada UGAMO MALIM Akulturasi budaya Islam pada Ugamo Malim: Kata “Malim” tidak dijumpai dalam kosakata Batak. dalam bahasa Indonesia artinya “Orang yang alim (ulama)” atau boleh juga “pemimpin” (KBBI.

Malim Parmanganon 2.Malim Panghataion 5.Malim Parhundulon 4.Malim Pamerengon 3.FILOSOFI Pangalaho Hamalimon (sikap penganut malim) yang harus dijalankan Parmalim yaitu: 1.Malim Pardalanon .

Ihutan 2. Ulu Punguan 3. 2007:10) .STRUKTUR UGAMO MALIM Secara struktural organisasi parmalim terdiri dari : 1. Punguan Sampai saat ini terdapat 39 punguan parmalim yang tersebar di seluruh Indonesia (Resta. Pangula Ugasan Torop 4.

Kitab yang ditulis langsung oleh Sisingamangaraja XII dengan aksara Batak dan masih tersimpan di Bale Pasogit Partonggoan Ugamo Malim yang berpusat di Hutatinggi.PUSTAHA (KITAB) UGAMO MALIM Kitab suci Ugamo Malim disebut dengan Pustaha Habonaron. .

5.UPACARA – UPACARA UGAMO MALIM 1. 2. 3. 4. 7. 6. Mararisabtu Martutuaek Pasahat Tondi Mardebata Mangan Na Paet Sipaha Sada Sipaha Lima .

Sarune Bolon (Aerofone jenis woodwind double reed) d. panggora dan doal. Ansambel Gondang Sabangunan. Ogung (Idiofone jenis metal) terdiri atas 4 yaitu oloan. ihutan. . terdiri atas: a. Gordang (Membranofone jenis sticking.MUSIK DALAM UGAMO MALIM Ada 2 jenis ansambel musik yang dipakai dalam upacara Ugamo Malim yaitu: 1. single head drums) c. Taganing (Membranofone jenis sticking. single head drums) b.

b. c.MUSIK DALAM UGAMO MALIM 2. d. terdiri atas: Hasapi ende (Chordofone pluked lute two strings) Hasapi Doal (Chordofone pluked lute two strings) Sarune Etek (Aerofone jenis woodwind single reed) Garantung (Idiofone jenis wood / kayu) Hesek (Idiofone) . a. Ansambel Gondang Hasapi. e.

AKTIVITAS PARMALIM DALAM UPACARA MARDEBATA .

akan tetapi memenuhi syaratsyarat komponen sebuah agama. . • Akulturasi terjadi sebagai sebuah bagian dari kebudayaan yang tidak dapat dihindarkan.KESIMPULAN • Ugamo Malim tidaklah seperti yang dibayangkan oleh masyarakat umum sebagai sebuah agama yang menyembah setan (sipelebegu).