KOMPETENSI BIDAN

By Yulianti, S.ST

PENGERTIAN
Kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan, karakteristik pribadi atau prilaku yang relevan, yang disyaratkan untuk mencapai kinerja terbaik pada suatu pekerjaan.

Lanjutan……..
Kompetensi bidan adalah pengetahuan yang dilandasi oleh pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang harus dimiliki oleh seorang bidan dalam melaksanakan praktik kebidanan pada berbagai tatanan pelayanan kesehatan, secara aman, dan tanggung jawab sesuai dengan standar dengan syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat.

PENGELOMPOKAN
1. Kompetensi inti merupakan kompetensi minimal yang mutlak dimiliki oleh bidan 2. Kompetensi tambahan/lanjutan merupakan pengembangan dari pengetahuan dan keterampilan dasar untuk mendukung tugas bidan dalam memenuhi perkembangan iptek

DIMENSI KOMPETENSI
1. 2. 3. 4. 5. Task Skill Task Management Skill Contingency Management Skill Job/Role Environment Skill Transfer Skills

KOMPETENSI BIDAN
Kompetensi ke 1: Bidan mempunyai persyaratan pengetahuan dan keterampilan dari ilmu sosial, kesehatan masyarakat dan etik. Kompetensi ke 2: Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi dalam rangka untuk meningkatkan kehidupan keluarga yang sehat, perencanaan kehamilan dan kesiapan menjadi orang tua.

Kompetensi ke 3: Bidan memberi asuhan antenatal bermutu tinggi untuk mengoptimalkan kesehatan selama kehamilan. Kompetensi ke 4: Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi, tanggap terhadap kebudayaan setempat selama persalinan. Kompetensi ke 5: Bidan memberikan asuhan pada ibu nifas dan menyusui yang bermutu tinggi.

Kompetensi ke 6: Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi, komprenshensif pada bayi baru lahir sehat, sampai dengan umur 1 bulan. Kompetensi ke 7: Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi, komprehensif pada bayi dan balita sehat (1 bln - 5 thn). Kompetensi ke 8: Bidan memberikan asuhan yang bermutu tinggi, komprehensif pada keluarga, kelompok dan masyarakat sesuai budaya setempat. Kompetensi ke 9: Bidan melaksanakan asuhan kebidanan pada wanita/ibu dengan gangguan reproduksi

Bidan dalam memberikan pelayanan kebidanan kepada masyarakat haruslah kompeten, kurangnya pengetahuan dan keterampilan bidan dapat menyebabkan hal-hal yang sering kali menjadi penyebab meningkatnya angka kesakitan ibu. Oleh karna itu, kompetensi yang dimiliki seorang bidan mempunyai pengaruh besar terhadap kualitas pelayanan kebidanan yang diberikan.

TERIMA KASIH

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful