Pemerintah Pusat

   Otorisasi Dasar pelaksanaan anggaran Perencanaan Dasar perencanaan kegiatan Pengawasan Pedoman pengendalian apakah penyelenggaraan pemerintahan telah sesuai ketentuan .

 Alokasi Diarahkan untuk tujuan yang jelas dengan prinsip efektif dan efisien   Distribusi Memperhatikan rasa keadilan dan kepatuhan Stabilisasi  Alat untuk memelihara dan menjaga keseimbangan fundamental perekonomian negara .

APBN Penyusunan dan Penetapan Pengawasan Pelaksanaan Pelaksanaan Pertanggungjawaban .

pembiayaan. jenis. belanja (organisasi. hibah).bukan pajak. Pemerintah menyampaikan pokok-pokok kebijakan fiskal dan kerangka ekonomi makro kepada Dewan Perwakilan Rakyat (bulan mei) Pemerintah pusat dan DPR membahas kebijaksanaan umum dan prioritas anggaran sebagai acuan bagi K/Ldalam penyusunan anggaran.   . fungsi) . APBN terdiri atas anggaran pendapatan (pajak.

RUU APBN dan Nota Keuangan serta dokumen terkait disampaikan DPR (Agustus)    Keputusan DPR maksimal 2 bulan sebelum tahun anggaran bersangkutan berakhir. Dituangkan dalam UU. didiskusikan dengan DPR. K/L menyusun RKA-K/L yang akan dicapai. Diserahkan Menteri Keuangan sbg rancangan bahan RUU APBN tahun selanjutnya.  .

 Jika diperkirakan defisit. maka tidak boleh dari 3% dari PDB. fungsi.   . kegiatan hingga jenis belanja. dan jumlah pinjaman juga tidak melebihi 6O% dari PDB. program. APBN yang disetujui harus terinci baik dari organisasi. DPR dapat mengajukan usulan dan dapat mengakibatkan perubahan jumlah penerimaan dan pengeluaran. Dalam pembahasan.

Direktur Jenderal Perbendaharaan. K/L menyampaikan dokumen pelaksanaan rencana anggaran ke menteri keuangan Dokumen pelaksanaan anggaran disahkan dan disampaikan kepada K/L. dan Kuasa Pengguna Anggaran  . Gubernur. Direktur Jendral Anggaran. Kuasa Bendahara Umum Negara (KPPN) terkait. Kepala kantor wilayah Ditjen Perbendaharaan terkait. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).  Rincian pelaksanaan dibentuk peraturan presiden.

 Penanggung jawab kegiatan mengajukan dana dengan menerbitkan Surat Pemerintah Membayar (SPM) kepada kuasa BUN Pemerintah menyusun laporan realisasi semester I APBN dan prognosis dan disampaikan ke DPR selambat-lambatnya akhir juli tahun anggaran yang bersangkutan. Jika ada penyesuaian pemerintah pusat mengajukan RUU perubahan APBN   .

 Pengawasan dilakukan atasan kepala kantor/satker K/L Inspektorat Jenderal melakukan pengawasan atas pelaksanaan APBN Pengawasan oleh DPR   .

Menkeu meyusun rekapitulasi LK dan disampaikan ke presiden     Presiden menyampaikan LK ke BPK untuk diaudit LK yang diaudit disampaikan presiden ke DPR sebagai RUU pertanggungjawaban pelaksanaan APBN . Menteri/pimpinan lembaga membuat laporan keuangan Laporan keuangan disampaikan ke Menkeu paling lambat 2 bulan setelah TA ybs berakhir.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful