Penggunaan Sinar Gamma dalam Bidang Kesehatan

Nama : Widya Arsita NIM : 10121001042 Fakultas Kesehatan Masyarakat

 karena frekuensi berbanding terbalik dengan panjang gelombang.Urutan Spektrum Gelombang Elektromagnet  Dalam spektrumnya. . Frekuensi yang tinggi berarti panjang gelombang sinar gamma pendek. sinar gamma menempati tingkatan dengan frekuensi terbesar.

dia menemukan bahwa sinar  tidak dapat dibelokkan oleh medan magnet. Sinar gamma ditemukan dari radiasi inti-inti atom tidak stabil yang merupakan pancaran zat radioaktif. ketika beliau sedang mengkaji uranium.Sejarah Sinar  Sinar  ditemukan oleh ahli kimia dan fisika Perancis Paul Ulrich Villard pada tahun 1900. Paris. Bekerja di bidang kimia di Ecole Normale Superieure. .

Sinar gamma dihasilkan dari peristiwa peluruhan inti radioaktif. gelombang terkecil. Inti atom unsur yang tidak stabil meluruh menjadi inti atom unsur lain yang stabil dengan memancarkan sinar radioaktif. yang termasuk gelombang elektromagnetik adalah sinar gamma. dan sinar gamma.  ) adalah sebuah bentuk berenergi dari radiasi elektromagnetik yang diproduksi oleh radioaktivitas atau proses nuklir atau subatomik lainnya seperti penghancuran elektron-positron. di antaranya sinar alfa. Di antara ketiga sinar radioaktif ini. sinar beta.Pengertian Sinar    Sinar gamma (seringkali dinotasikan dengan huruf Yunani gamma. .

Perbedaan Sinar  - Dengan sinar  dan : Sinar  lebih berbahaya dibanding sinar  dan . sinar gamma memiliki daya tembus yang paling tinggi sehingga dapat menembus pelat logam hingga beberapa sentimeter .

sedangkan sinar X dipancarkan bila elektron atomik mengalami perubahan orbit. . Sinar  adalah hasil perubahan dlm nukleus.Perbedaan Sinar  - Dengan sinar Xoleh asal mereka. Yaitu pada proses pembentukannya.

Untuk mendeteksi adanya sinar gamma dapat dipergunakan peralatan Geiger-Muller. Isi tabung yaitu gas bertekanan rendah. biasanya gas beratom tunggal dicampur gas poliatom (gas yang banyak digunakan Ar dan He). Anoda yaitu kawat tipis atau wolfram yang terbentang di tengah – tengah tabung. Anoda sebagai elektroda positif.    Katoda yaitu dinding tabung logam yang merupakan elektroda negatif. Jika tabung terbuat dari gelas maka dinding tabung harus dilapisi logam tipis. .

Detektor Geiger Muller tidak dapat digunakan untuk melihat spectrum energi.  Besarnya sudut datang dari sumber radiasi tidak mempengaruhi banyaknya cacah yang terukur karena prinsip dari detektor Geiger Muller adalah mencacah zarah radiasi selama radiasi tersebut masih bisa diukur. Maka detektor Geiger Muller sering disebut dengan detektor Gross Beta gamma karena tidak bisa membedakan jenis radiasi yang datang. . tetapi hanya dapat digunakan untuk melihat jumlah cacah radiasi saja.

.Karakteristik Sinar Gamma          Sumber: radio isotop. Tidak dapat dibelokkan oleh medan listrik dan magnet Kurang mengionisasi dibandingkan sinar alfa atau beta Sinar gamma begitu istimewa dibandingkan dengan sinar/partikel radioaktif lainnya dikarenakan dia tidak memiliki massa dan muatan. inti atom yang tidak stabil Deskripsi: radiasi elektromagnetik Energi: sampai beberapa MeV ( sangat besar dan merusak) Daya tembus: sangat besar Panjang Gelombang: 10-12 sampai 10-16 Frekuensi yang dimiliki sinar gamma berada dalam rentang 1020 Hz sampai 1025 Hz. reaksi nuklir.

Sinar Gamma digunakan pula pada kasus bedah saraf. cesium-137 dan technetium-99m.   Cesium -137 bermanfaat digunakan dalam perawatan kanker.Manfaat Sinar Gamma dalam Bidang Kesehatan Sejauh ini ada tiga radionuklida pemancar gamma yang paling sering digunakan yakni cobalt-60. dalam bentuk pisau gamma . Cobalt-60 bermanfaat untuk: sterilisasi peralatan medis di rumah sakit.

tulang. hati dan juga mampu menghasilkan pencitraan yang dapat digunakan untuk mendiagnosa aliran darah pasien . Technetium-99m memiliki waktu paruh yang lebih singkat). Radiofarmaka ini digunakan untuk mendiagnosa otak. Sedangkan Tc-99m adalah isotop radioaktif yang paling banyak digunakan secara luas untuk studi diagnosa sebagai radiofarmaka.

termasuk benda hidup . interaksi antara sinar gamma dengan materi biologis sangat tinggi sehingga mampu memukul elektron pada kulit atom sehingga menghasilkan pasangan ion. jarum suntik). Sterilisasi dengan penyinaran sinar gamma berdaya tinggi digunakan untuk objek-objek yang tertutup plastik(stick untuk swab. Karena sinar gamma merupakan radiasi pengion. Radiasi pengion adalah radiasi yang apabila menumbuk atau menabrak sesuatu. . Cairan sel baik intrasellular maupun ekstrasellular akan terionisasi sehingga menyebabkan kerusakan dan kematian pada mikroorganisme tersebut. Ion ini kemudian akan menimbulkan efek atau pengaruh pada bahan.Penggunaan Sinar Gamma untuk Sterilisasi   Sinar gamma mempunyai tenaga yang besar dan merupakan radiasi pengion. akan muncul partikel bermuatan listrik yang disebut ion.

Penggunaan Sinar Gamma untuk Pisau Gamma Dengan menggunakan teknologi gamma-knife. tidak diperlukan rawat inap. prosedur berlangsung lebih cepat. dan epilepsi. bahkan tidak diperlukan sayatan pada kulit kepala ataupun bius umum. . serta cukup aman. pembukaan termpurung otak tidak perlu tidak perlu terjadi. Pengobatan dengan gamma-knife adalah kelainan fungsional otak seperti penyakit parkinson. tremo.

Kerugian Sinar  Dapat mengakibatkan:  Pusing-pusing  Nafsu makan berkurang atau hilang  Terjadi diare  Demam  Berat badan turun  Kanker darah/leukimia  Meningkatnya denyut jantung  Daya tahan tubuh berkurang Dapat merusak DNA Dapat menyebabkan luka bakar .

4shared.com/2012/03/2 9/makalah-gelombang-elektromagnetik-2/ .html  http://farischarming.  http://dc219.wordpress. 2007.com/doc/IZRRXP7t/previ ew.Daftar Pustaka Ruwanto. Bambang. Asas-asas Fisika.

Thank You .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful